Home / Peristiwa

Kamis, 5 Agustus 2021 - 14:12 WIB

Pasien Isoman GOR Klaten Dilatih Senam Pernafasan

Pasien Covid-19 dan melakukan isolasi GOR Gelarsena dilatih senam pernafasan. (Foto: Diskominfo Klaten)

Pasien Covid-19 dan melakukan isolasi GOR Gelarsena dilatih senam pernafasan. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Sekitar 65 orang pasien yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi terpusat di GOR Gelarsena berbaris berjarak di atas balkon lantai dua. Sambil menikmati sinar pagi yang hangat sekitar pukul 08.00 WIB, mereka berlatih senam pernafasan tak ubahnya melakukan yoga atau meditasi, Rabu (4/8/2021).

Tiga instruktur senam pernafasan dari Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong Merpati Putih di bawah asuhan Muh Nasir, warga isoman terpusat di Klaten diajak mengatur olah nafas untuk memaksimalkan oksigen dalam tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan dari Covid-19.

Baca juga   Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Klaten Resmi Dimulai

“Kami mendapat jadwal Rabu dan Ahad setiap pagi untuk melatih senam pernafasan para pasien Covid-19 yang isoman. Jadi cara bernafasnya yang diatur ditambah gerakan tangan yang terstruktur. Manfaatnya ada releksasi sehingga muncul kesegaran, kebugaran, ketenangan dan keyakinan yang kuat untuk sembuh,” jelas Nasir dalam keterangan resminya, Kamis (5/8/2021).

Dijelaskan gerakan senam pernafasan itu sendiri bermacam-macam. Dari gerakan duduk, berdiri sampai kuda-kuda.

Baca juga   Ganjar Pranowo Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK

“Istilah saya senam pernafasan itu seperti meditasi. Jadi peserta kita sugesti secara positif, dibangun semangat nya seiring tarikan dan hembusan nafas. Di sini nanti diharapkan muncul ketenangan sehingga daya imun mereka meningkat. Itu salah satu tujuan,” tambah Muh Nasir yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana Klaten. (*)

Share :

Baca Juga

Tradisi nyadran warga Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. (Foto: MC.Tmg)

Peristiwa

Uniknya Tradisi Nyadran yang Digelar Warga Soropadan di Puncak Gunung Kekep
Pemkab Temanggung meminta pada pedagang dan pengunjung pasar tradisional agar ketat dalam menerapkan prokes dengan ketat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ingat! Jangan ke Pasar Jika Sedang Sakit
Edukasi Cinta Puspa dan Satwa dan Pameran Fotografi Satwa Liar yang digelar di Mall Boxies 123 Bogor. (Foto: Biro Humas KLHK)

Peristiwa

Edukasi Cinta Puspa dan Satwa Melalui Pameran Fotografi
Predikat Terbaik dari Peringkat Utama pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 untuk Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kota Yogya Raih Penghargaan Kota Layak Anak Terbaik Peringkat Utama 2021
Fenomena cuaca ekstrim melanda delapan Kecamatan di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa, (23/11/2021) pukul 04.00 WIB .BPBD Kabupaten Lebak melaporkan, terdapat satu unit sekolah dengan kondisi rapuh yang tengah melakukan aktivitas belajar mengajar harus mengalami rusak berat dan menyebabkan delapan siswa mengalami luka ringan akibat terkena puing-puing bangunan. (Foto: BPBD Kabupaten Lebak)

Peristiwa

Banjir dan Longsor di Lebak, 8 Siswa Luka Tertimpa Puing Bangunan
Dosen Prodi Desain Interior ISI Surakarta, Harmilyanti Sulistyani, S.T., M.Sc. meraih gelar Doktor dari Graduate School of Humanities-Vrije Universiteit Amsterdam. (Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Kaji Arsitektur Stasiun Kereta Api di Jawa, Dosen ISI Surakarta Raih Gelar Doktor dari Vrije Universiteit Amsterdam
Honda Brio nopol L 1120 QC hancur tak berbentuk setelah disambar KA Sancaka, Minggu (24/4/2022). Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Honda Brio Hancur Tersambar KA Sancaka di Surabaya, 3 Orang Tewas Ditempat
Seminar Pengendalian Keamanan Lingkungan dengan tema “Merajut Kebhinnekaan Mewujudkan Sleman Sebagai Rumah Bersama yang Harmonis”. Foto: Humas Sleman

Peristiwa

Bupati Sleman Ajak Masyarakat Selalu Jaga Kerukunan untuk Hindari Gesekan Antar Golongan