Home / Peristiwa

Selasa, 10 Agustus 2021 - 13:10 WIB

Pastikan Geliat Ekonomi Pedagang, Haryadi Sambangi PASTY

Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ketika berdialog dengan salah satu pedagang di PASTY. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ketika berdialog dengan salah satu pedagang di PASTY. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wali kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengunjungi Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) dalam upaya memastikan secara langsung geliat ekonomi pedagang pasar/UMKM yang ada di PASTY, Senin (9/8/2021) sore.

Dalam kesempatan tersebut Haryadi menuturkan bahwa disaat pandemi seperti sekarang banyak orang di rumah melakukan hobies seperti ; kegiatan budidaya tanaman hias, memelihara aneka satwa dan ikan hias sehingga PASTY memilki peran strategis dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.

Para hobies tersebut ada yang membutuhkan tanaman hias untuk menyalurkan hobi dan kejenuhan selama di rumah melalui kegiatan bercocok tanam dan membutuhkan tanaman hias yang bisa diperoleh di PASTY. Pun demikian dengan hobies yang memelihara satwa seperti reptil, ikan hias,dll yang semua itu ada di PASTY.

“Untuk memenuhi kebutuhan hobies maka kegiatan perdagangan di PASTY hendaknya bisa berjalan sesuai dengan kondisi PPKM, melalui penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi bagi pedagang beserta keluarganya,” kata Haryadi.

Baca juga   Kolonel Afianto Gantikan Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan sebagai Danrem 072/Pamungkas

Lebih lanjut Haryadi menyampaikan bahwa PASTY hendaknya mampu memberi rasa aman dan nyaman bagi konsumen melalui adanya fasilitas yang mendukung penerapan protokol kesehatan dan melakukan desinfektan dilingkungan PASTY.

“Untuk para pedagang saat ini sudah kami vaksin sehingga para pedagang telah memiliki imunitas terhadap sebaran Covid-19 dan siap dalam berdagang di era pandemi ini. Sementara untuk kelaurga pedagang kami siapkan pelaksanaan vaksinasi di bulan Agustus,” imbuh Haryadi.

Mantri pamong Praja Mantrijeron, Affrio Sunarno dalam kesempatan tersebut menyampaikan komitmennya untuk melaksanakan arahan Walikota dalam upaya pemulihan ekonomi dalam kerangka PPKM.

“Kami akan melindungi pedagang di PASTY dengan memberikan kesempatan berdagang sesuai ketentuan dalam PPKM dan tidak mengijinkan para pedagang dari luar PASTY untuk melakukan kegiatan berdagang di lingkungan PASTY,” kata Affrio.

Baca juga   Band Pop Asal Yogya, Halimun Rilis Single Anyar ‘Tanpamu’

Selanjutnya disampaikan affrio bahwa melalui cara itu diharapkan para pedagang di PASTY dapat optimal dalam berdagang tanpa digerus pasarnya oleh pedagang dari luar yang berjualan di pinggir jalan di sekitar PASTY dan juga mencegah terjadinya kerumunan yang biasa dilakukan para pedagang dari luar tersebut.

Salah seorang pedagang (Yati) yang ditemui dalam kesempatan terpisah menuturkan bahwa selama ini berdagang di PASTY sangat membantu dalam peningkatan ekonomi keluarga.

“Saat pandemi ini memang agak sepi bahkan omzet menurun sekitar 50% namun Alhamdulillanh masih bisa jalan, yang penting harus ubet dan iguh,” kata Yati.

Dalam kesempatan tersebut Haryadi juga melakukan dialog dan memberikan motivasi pada para pedagang agar mampu adaptif dalam menghadapi situasi pandemi ini. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan. (Foto:nyatanya.com/Humas Kab. Wonosobo)

Peristiwa

Guru dan Tenaga Kependidikan Wonosobo Terima Vaksinasi Tahap 2
Penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyekatan PPKM Darurat Turunkan Mobilitas Lalin 57 Persen
Serbuan vaksinasi TNI Angkatan Darat di kolam renang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Asyiknya Serbuan Vaksinasi di Pinggir Kolam Renang
Denty Eka Widi Pratiwi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Kader PKK Didorong Aktif Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19
Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika saat mengunjungi gudang tembakau milik Pabrik Gudang Garam dan Djarum di Temanggung. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Kemenperin Minta Gudang Garam dan Djarum Percepat Penyerapan Tembakau
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di GL Zoo. (Nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pengurus Pastoral Gereja Katolik Kota Yogya Ikuti Vaksinasi
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara simbolis menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas berat. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas Berat
Gus Yasin saat berbincang dengan Rofik, Warga Dusun Candikidul, Desa Candirejo. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Antre Sembako, Mbah Rofik Dapat Peci dari Gus Yasin