Home / Peristiwa

Selasa, 10 Agustus 2021 - 13:10 WIB

Pastikan Geliat Ekonomi Pedagang, Haryadi Sambangi PASTY

Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ketika berdialog dengan salah satu pedagang di PASTY. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ketika berdialog dengan salah satu pedagang di PASTY. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wali kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengunjungi Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) dalam upaya memastikan secara langsung geliat ekonomi pedagang pasar/UMKM yang ada di PASTY, Senin (9/8/2021) sore.

Dalam kesempatan tersebut Haryadi menuturkan bahwa disaat pandemi seperti sekarang banyak orang di rumah melakukan hobies seperti ; kegiatan budidaya tanaman hias, memelihara aneka satwa dan ikan hias sehingga PASTY memilki peran strategis dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.

Para hobies tersebut ada yang membutuhkan tanaman hias untuk menyalurkan hobi dan kejenuhan selama di rumah melalui kegiatan bercocok tanam dan membutuhkan tanaman hias yang bisa diperoleh di PASTY. Pun demikian dengan hobies yang memelihara satwa seperti reptil, ikan hias,dll yang semua itu ada di PASTY.

“Untuk memenuhi kebutuhan hobies maka kegiatan perdagangan di PASTY hendaknya bisa berjalan sesuai dengan kondisi PPKM, melalui penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi bagi pedagang beserta keluarganya,” kata Haryadi.

Baca juga   Tingkatkan Layanan Hukum, Peradi Magelang Jalin Sinergitas dengan PN Temanggung

Lebih lanjut Haryadi menyampaikan bahwa PASTY hendaknya mampu memberi rasa aman dan nyaman bagi konsumen melalui adanya fasilitas yang mendukung penerapan protokol kesehatan dan melakukan desinfektan dilingkungan PASTY.

“Untuk para pedagang saat ini sudah kami vaksin sehingga para pedagang telah memiliki imunitas terhadap sebaran Covid-19 dan siap dalam berdagang di era pandemi ini. Sementara untuk kelaurga pedagang kami siapkan pelaksanaan vaksinasi di bulan Agustus,” imbuh Haryadi.

Mantri pamong Praja Mantrijeron, Affrio Sunarno dalam kesempatan tersebut menyampaikan komitmennya untuk melaksanakan arahan Walikota dalam upaya pemulihan ekonomi dalam kerangka PPKM.

“Kami akan melindungi pedagang di PASTY dengan memberikan kesempatan berdagang sesuai ketentuan dalam PPKM dan tidak mengijinkan para pedagang dari luar PASTY untuk melakukan kegiatan berdagang di lingkungan PASTY,” kata Affrio.

Baca juga   Wanita Berkulit Putih dan Bertato Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Kemadu

Selanjutnya disampaikan affrio bahwa melalui cara itu diharapkan para pedagang di PASTY dapat optimal dalam berdagang tanpa digerus pasarnya oleh pedagang dari luar yang berjualan di pinggir jalan di sekitar PASTY dan juga mencegah terjadinya kerumunan yang biasa dilakukan para pedagang dari luar tersebut.

Salah seorang pedagang (Yati) yang ditemui dalam kesempatan terpisah menuturkan bahwa selama ini berdagang di PASTY sangat membantu dalam peningkatan ekonomi keluarga.

“Saat pandemi ini memang agak sepi bahkan omzet menurun sekitar 50% namun Alhamdulillanh masih bisa jalan, yang penting harus ubet dan iguh,” kata Yati.

Dalam kesempatan tersebut Haryadi juga melakukan dialog dan memberikan motivasi pada para pedagang agar mampu adaptif dalam menghadapi situasi pandemi ini. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: dok.Puspenkum

Peristiwa

Kejagung Periksa Empat Saksi Kasus Pengadaan Pesawat Garuda
Kegiatan Normalisasi Over Dimensi Kendaraan Angkutan Barang, di PT Bakti Transindo, Kabupaten Tegal, Senin (7/3/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Menuju 2023 Zero ODOL, Dishub Jateng Gencar Sosialisasikan Aturan
Sembari gowes, Ganjar Pranowo blusukan ke pasar tradisional untuk mengecek harga kebutuhan menjelang Nataru. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Cek Pasar, Lima Komoditas Bahan Pokok Ini Jadi Perhatian Ganjar
Belasan bendera merah putih dikibarkan di kawasan objek wisata lereng merapi New Selo, Desa Lencoh Kecamatan Selo, Senin (1/8/2022). Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali

Peristiwa

Jelang HUT RI, Belasan Bendera Merah Putih Berkibar di Lereng Merapi
Foto: Polresta Samarinda/Tribratanews

Peristiwa

Penghuni Lapas Narkotika Samarinda Kendalikan Peredaran Narkoba
PDAM Tirtamarta meluncurkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang dinamakan 'Ayo' Tirtamarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Tandai HUT ke-103, PDAM Tirtamarta Luncurkan AMDK ‘Ayo’ Tirtamarta
Seorang warga binaan Rumah Tahanan Kelas II-B Kabupaten Temanggung terpaksa dibantu temannya, karena takut. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Warga Binaan Lapas Temanggung Ini Histeris Saat Vaksinasi
Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu jaringan internasional asal Malaysia. Foto: Humas Polres Metro Jakbar/TBNews

Peristiwa

Polres Jakbar Gagalkan Peredaran Sabu, Modus Ditanam di Pekarangan Rumah