Home / Peristiwa

Minggu, 1 Agustus 2021 - 21:55 WIB

Pastikan Pengasuhan dan Pendidikan, Pemkab Temanggung Data Anak Terdampak Covid

Pemerintah Kabupaten Temanggung memastikan anak-anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19 mendapat asuhan dan keterjaminan pendidikan masa depan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Pemerintah Kabupaten Temanggung memastikan anak-anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19 mendapat asuhan dan keterjaminan pendidikan masa depan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung memastikan anak-anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19 mendapat asuhan dan keterjaminan pendidikan masa depan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung, Prasojo mengatakan paparan Covid-19 telah menyebabkan tidak kurang dari 454 warga di Kabupaten Temanggung meninggal. Usia mereka beragam, dari yang muda sampai manula.

“Pemerintah mendata dampak dari meninggalnya orang tersebut, terutama anak-anak yang ditinggalkan, mereka membutuhkan perhatian untuk masa depan,” kata Prasojo dalam keterangan resminya, Jumat (30/7/2021).

Prasojo mengatakan, anak-anak yang orang tuanya meninggal karena paparan Covid-19, mendapat perhatian khusus, terutama mereka yang masih usia sekolah dan memerlukan pengasuhan untuk masa depan.

Baca juga   Polres Temanggung Gencar Sadarkan Warga Disiplin Prokes

“Mereka ini ada yatim dan piatu, mendapat perhatian khusus. Mereka ini generasi penerus, masa depan bangsa, sehingga mendapat perhatian pemerintah,” katanya.

Dikatakannya, pendataan dilakukan oleh tim secara berjenjang dari RT, RW yang diteruskan ke desa dan kecamatan serta kabupaten. Pemerintah selanjutnya mengkaji, mereka yang memang memerlukan bantuan diusulkan mendapatkan sesuai dengan kebutuhan.

“Hasil laporan akan dilakukan penanganan berdasarkan hasil assesmen atau penilaian,” terangnya.

Dikemukakan anak dari keluarga tidak mampu bisa disalurkan ke panti asuhan, panti sosial pondok pesantren maupun sekolah sesuai pilihannya.

Baca juga   Lewat Program Aku Sedulurmu, Polres Temanggung Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Mereka, lanjutnya dapat pula diasuh oleh famili atau orang tertentu yang ditunjuk sesuai aturan. Pada anak-anak keluarga tidak mampu dapat diusulkan sebagai penerima bantuan dari pemerintah.

“Nanti dibicarakan apakah akan mendapat bantuan dari negara atau tidak, semua disesuaikan dengan hasil penilaian,” tambahnya.

Prasojo mengatakan, negara menjamin kelangsungan hidup dan pendidikan mereka, apalagi dalam masa pandemi ini.

“Harapannya tidak ada lagi yang meninggal dunia karena Covid-19. Apalagi meninggalkan anak-anak yang butuh perhatian orang tuanya. Semoga pandemi segera selesai,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Patroli malam terus akan digencarkan di wilayah Kabupaten Sukoharjo. (Foto:Humas Kab.Sukoharjo)

Peristiwa

Gencarkan Patroli Malam, Imbau Warga Taat Prokes
Personil gabungan bersihkan abu vulkanik Merapi di Pos Pengamatan Babadan Kabupaten Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Damkar Magelang Semprot Abu Vulkanik Merapi di Pos Babadan
Sejumlah pecinta binatang dan pengelola destinasi Argo Bumi Desa Samiran, Kecamatan Selo melepasliarkan puluhan hewan. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Satwa Endemik Merapi-Merbabu Dilepasliarkan
Kapolres Magelang, AKBP Ronald Ardiyanto secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada para nakes. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ratusan Nakes Terima Penghargaan dari Kapolres Magelang
Sedikitnya lima macam jamu tradisional diracik oleh 12 peserta untuk disajikan ke para juri Lomba Meracik Jamu di Museum R Hamong Wardoyo. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Nguri-uri Warisan Leluhur, Disdikbud Boyolali Gelar Lomba Meracik Jamu
Serma Hartono mendistribusikan beras bantuan Kemenhan RI kepada masyarakat wilayah Kricak. (Foto: dokumentasi Koramil Tegalrejo)

Peristiwa

Serma Hartono Salurkan Beras Bantuan Kemenhan Kepada Warga Kricak
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bupati Magelang Dorong Realisasi Ruang Isolasi Covid-19 Terpusat
Kepala BPN Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI di Bandungan. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Setelah Menunggu 21 Tahun, Ratusan Petani P3TR Bakal Miliki Sertifikat Tanah