Home / Peristiwa

Jumat, 30 Juli 2021 - 09:50 WIB

Patut Dicontoh! PKL Tertib Jalankan Aturan PPKM Level 4

Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Yogyakarta, para pedagang kaki lima (PKL), warung, maupun restoran di Kota Yogyakarta sejauh ini dinilai tertib, dalam menjalankan peraturan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Agus Winarno menegaskan personel Satpol PP Kota Yogyakarta akan terus menegakkan aturan melalui kegiatan patroli.

“Kami setiap hari melakukan patroli, dan selama patroli itu tidak ditemukan pelanggaran, mereka telah menyadari betapa pentingnya kedisiplinan selama masa pembatasan ini,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/7/2021).

Sebagaimana intruksi Walikota Yogyakarta nomor 18 tahun 2021 tentang PPKM level 4 di Kota Yogya disebutkan bahwa warung makan, PKL, lapak jajanan dan sejenisnya sudah diizinkan buka, namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga   Inspirasi Vlog 'A Day in My Life' dengan Samsung Galaxy M54 5G

Diperbolehkan buka hanya sampai pukul 20.00 WIB dengan maksimal pengunjung makan ditempat 3 orang dan waktu makan maksimal 20 menit.

Sementara untuk restoran, rumah makan, dan kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung atau toko tertutup baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan atau mall, hanya boleh menerima pesanan delivery atau take away dan tidak boleh menerima pasanan untuk makan ditempat.

Meski pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk makan di tempat, pihaknya pun tetap menyarankan agar para konsumen memesan makanan secara “take away” karena operasional warung akan tetap diperbolehkan sesuai jam operasional awal asalkan tidak melayani makan di tempat.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 2.089 Orang

Ia juga meminta kepada masyarakat, agar turut mendukung pelaksanaan araturan tersebut. Sebab, lanjutnya, dimungkinkan ada pedagang yang sungkan untuk mengingatkan para pelanggannya secara langsung.

“Kami harap seluruh warga masyarakat Kota Yogyakarta untuk selalu patuh pada aturan PPKM level 4 ini, selain itu juga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tegasnya. (*)

Share :

Baca Juga

PT PLN memperkirakan perbaikan kerusakan akibat kebakaran di areal PLTU Teluk Sirih Padang, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (8/1/2022), membutuhkan waktu sekitar 25 hari. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

PLN Butuh Waktu 25 Hari Perbaiki PLTU Teluk Sirih yang Terbakar
Salah satu rumah warga yang mengalami keretakan di bagian dinding akibat fenomena gerakan tanah di Kabupaten Tegal pada Selasa (7/6/2022). Foto: BPBD Kabutapen Tegal

Peristiwa

Belasan Rumah Retak Terdampak Fenomena Gerakan Tanah di Tegal
KPK menggelar Peluncuran Desa Anti Korupsi di Kampung Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul pada Rabu (1/12/2021). (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Desa Anti Korupsi, Implementasi Nyata dalam Mendukung Budaya Anti Korupsi
Setiap pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah setidaknya memperoleh bantuan logistik selama 10 hari. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pelaku ‘Gandeng Gendong’ Cukupi Kebutuhan Permakanan Pasien Isoman Kota Yogya
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya bersama Polresta Kota Yogya menggelar operasi gabungan untuk menertibkan para pengendara yang melanggar jalur satu arah di Jalan Kranggan, Selasa (1/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Dishub dan Polresta Yogya Gelar Operasi Pelanggar Jalur Satu Arah di Jalan Kranggan
Sejumlah pasien OTG yang semula menempati GOR Gelarsena mulai dipindahkan ke tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

51 Pasien OTG Asal Klaten Dipindahkan Ke Isolasi Terpusat Donohudan
SM menunjukkan bukti surat laporan polisi atas dugaan perzinaan JU dan oknum ASN berinisial SR. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Ditawari Rp 15 Juta Berdamai, Isteri Bersikukuh Kasuskan Suami dan Oknum ASN
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menghadiri serah terima proyek insfrastruktur PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) dari Dinas PUP-ESDM Pemda DIY di Kalurahan Wukirsari. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Serap Dana Rp720 Juta, Empat Proyek PSU Wukirsari Diserahkan