Home / Peristiwa

Jumat, 30 Juli 2021 - 09:50 WIB

Patut Dicontoh! PKL Tertib Jalankan Aturan PPKM Level 4

Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Yogyakarta, para pedagang kaki lima (PKL), warung, maupun restoran di Kota Yogyakarta sejauh ini dinilai tertib, dalam menjalankan peraturan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Agus Winarno menegaskan personel Satpol PP Kota Yogyakarta akan terus menegakkan aturan melalui kegiatan patroli.

“Kami setiap hari melakukan patroli, dan selama patroli itu tidak ditemukan pelanggaran, mereka telah menyadari betapa pentingnya kedisiplinan selama masa pembatasan ini,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/7/2021).

Sebagaimana intruksi Walikota Yogyakarta nomor 18 tahun 2021 tentang PPKM level 4 di Kota Yogya disebutkan bahwa warung makan, PKL, lapak jajanan dan sejenisnya sudah diizinkan buka, namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga   Borobudur Highland Siap Menjadi Kawasan Wisata Terpadu

Diperbolehkan buka hanya sampai pukul 20.00 WIB dengan maksimal pengunjung makan ditempat 3 orang dan waktu makan maksimal 20 menit.

Sementara untuk restoran, rumah makan, dan kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung atau toko tertutup baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan atau mall, hanya boleh menerima pesanan delivery atau take away dan tidak boleh menerima pasanan untuk makan ditempat.

Meski pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk makan di tempat, pihaknya pun tetap menyarankan agar para konsumen memesan makanan secara “take away” karena operasional warung akan tetap diperbolehkan sesuai jam operasional awal asalkan tidak melayani makan di tempat.

Baca juga   Antusias! 48.000 Pelaku UMKM dan Masyarakat Vaksinasi di De Tjolomadoe

Ia juga meminta kepada masyarakat, agar turut mendukung pelaksanaan araturan tersebut. Sebab, lanjutnya, dimungkinkan ada pedagang yang sungkan untuk mengingatkan para pelanggannya secara langsung.

“Kami harap seluruh warga masyarakat Kota Yogyakarta untuk selalu patuh pada aturan PPKM level 4 ini, selain itu juga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tegasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya (kanan) berharap kegiatan ini dapat menjadi media edukasi bagi para ibu. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Emak-emak Harus Tahu! Mengolah Bahan Pangan Hewani Gunakan Konsep ASUH
Pemerintah Kelurahan Sorosutan gencar tegakkan PPKM Darurat di wilayahnya. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kelurahan Sorosutan Gencar Lakukan Edukasi dan Penegakan PPKM Darurat
Gibran meninjau tempat isolasi mandiri terpusat di SMP 8 Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Surakarta)

Peristiwa

Pastikan Kondisi Warga yang Isolasi Terpusat Tercukupi, Gibran Bawakan Buah-buahan
Bupati Dyah Hayuning Pratiwi secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021. (Foto: Humas Purbalingga)

Peristiwa

Ribuan Bidang Tanah di Desa Banjaran Tersertifikasi
Wali Kota dan Tokoh Lintas Agama di Salatiga menggelar doa bersama. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Peringati HUT Salatiga, Wali Kota dan Tokoh Lintas Agama Gelar Doa Bersama
Pasar hewan Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

PPKM Darurat Berdampak, Penjualan Hewan Kurban Turun Hingga 50 Persen
Tetty Kurniawati, Direktur RSUD Temanggung. (Foto: Diskominfo Kab Temanggung)

Peristiwa

Pasien Covid-19 Turun, Sejumlah Bangsal Isolasi di RSUD Temanggung Ditutup
(Ilustrasi:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Pedagang Kambing Kurban Kebanjiran Pembeli Via Online