Home / Militer

Selasa, 28 Mei 2024 - 14:26 WIB

Peduli Bahaya Narkoba, Korem 072/Pamungkas Gelar Sosialisasi P4GN

Prajurit Korem 072/Pamugkas tengah menjalani tes urin dalam kegiatan sosialisasi P4GN.  (Foto: Zainuri Arifin)

Prajurit Korem 072/Pamugkas tengah menjalani tes urin dalam kegiatan sosialisasi P4GN. (Foto: Zainuri Arifin)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Korem 072/Pamungkas menggelar Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada Prajurit dan PNS TNI Korem 072/Pmk, bertempat di Aula Sugiono Korem 072/Pmk Yogyakarta, Selasa (28/5/2024).

Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasi Intel Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Yudhi Rombe, S.T., M.Si, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk membangun kesepakatan dan peran serta satuan jajaran Korem 072/Pmk untuk peduli terhadap bahaya Narkoba di kalangan prajurit dan PNS Korem Korem 072/Pmk.

“Keterlibatan seluruh elemen bangsa sangat diharapkan, tidak terkecuali TNI dalam upaya penanggulangan Narkoba. Sebagai masyarakat yang dilakukan adalah melawan derasnya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba dengan peduli pada diri sendiri dan sesama. Dari ruang lingkup terkecil yaitu keluarga, pengawasan kita pada anggota keluarga harus semakin ditingkatkan,”ungkapnya

Baca juga   Cerdaskan Anak di Wilayah Penugasan Papua, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajarkan Bahasa Inggris

Menurutnya, keterlibatan seluruh lapisan masyarakat termasuk TNI sangat diperlukan untuk memberantas penyalahgunaan dan pengedar Narkoba. Masalah Narkoba ini bukan tugas BNN dan POLRI saja tetapi telah menjadi masalah bersama, yang tidak mungkin hanya ditangani oleh dua instansi tersebut.

Perlu diketahui, bahwa sebagai bangsa yang besar, kita memiliki kewajiban konstitusional untuk menyelamatkan NKRI dan generasi muda untuk mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik dengan benar-benar berorientasi kepada sistem nilai, norma dan kepentingan nasional.

Di akhir sambutan, Brigjen TNI Zainul Bahar berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi P4GN ini dapat menambah wawasan para prajurit dan PNS, sehingga mampu menjaga dan melindungi diri bahkan keluarga terlebih anak-anak agar tidak terpengaruh ataupun terlibat pengedaran dan penyalahgunaan Narkoba jenis apapun. “Berilah pengertian dengan penjelasan yang tekun dan sabar kepada anak-anak tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui komunikasi dan penyuluhan yang efektif sejak dini,” tutupnya.

Baca juga   Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Kodim 0731/Kulonprogo Ditinjau Kasrem 072/Pamungkas

Selain sosialisasi yang disampaikan oleh dr. Hana Faizah dari Rumkit TK III Yogyakarta, dilakukan juga tes urine bagi perwakilan prajurit dan PNS Korem 072/Pmk. Tes urine ini bersifat wajib dalam rangka menjamin agar semua prajurit dan PNS Korem 072/Pmk bebas dari penyalahgunaan Narkoba.  (N2)

Share :

Baca Juga

Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Bakamla RI dan China Coast Guard Bahas Kerjasama Soal Satu Ini
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si. memimpimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monumen Pahlawan Pancasila, Kentungan, Sleman, Sabtu (1/6/2024). Foto: Penrem072/PMK

Militer

Danrem 072/Pamungkas Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan
Foto: Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Satgas Yonarmed 1 Kostrad Bantu Warga Desa Waelikut Panen Cengkeh
Anggota Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY melaksanakan anjangsana dengan masyarakat perbatasan di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom Papua. (Foto:dokumentasi Yonif Mekanis 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Kedepankan Binter dalam Pelaksanaan Tugas di Perbatasan
Foto: Dispenal

Militer

TNI AL Evakuasi ABK KM Patria Meranti yang Tenggelam di Perairan Pulau Patah
Prajurit kesehatan Yonmek 512/QY cek kesehatan warga. (Foto: Penenerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Satgas TNI Berikan Layanan Kesehatan di Perbatasan RI-PNG
Taruna Akademi Angkatan Laut Tingkat lll Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 bersama Kru Satgas KJK KRI Bima Suci melaksanakan Upacara Tabur Bunga. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Militer

Kenang KRI Nanggala-402, Taruna Satlak KJK Tabur Bunga di Laut Bali
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, saat bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Korps Marinir bertempat di Lapangan Upacara Brigif 1 Marinir, Ksatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (15/11/2021). (Foto: Dispenal)

Militer

Kasal: Kedahsyatan SSAT Bentengi NKRI dari Ancaman Kedaulatan Negara