Home / Peristiwa

Senin, 22 November 2021 - 09:10 WIB

Peduli Kelestarian Sungai, Warga Gendeng Gelar Merti Kali

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengapresiasi kegiatan merti kali warga Kampung Gendeng. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengapresiasi kegiatan merti kali warga Kampung Gendeng. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sebagai upaya menjaga kelestarian sungai/kali agar terus memberi manfaat bagi warga masyarakat, warga Kampung Gendeng, Kelurahan Baciro, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta menggelar merti kali.

Ketua panitia merti kali, Joko Budi Santosa menuturkan selain untuk melestarikan budaya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjaga kearifan lokal di tengah arus perubahan yang kian cepat.

“Ini adalah kegiatan kebudayaan yang dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan sungai, dalam hal ini adalah sungai gajahwong,” bebernya di lokasi, Minggu (21/11/2021).

Melalui merti kali tersebut, Ia mengajak agar seluruh warga di sepanjang bantaran sungai serius melakukan usaha-usaha konservasi/pelestarian sungai.

Pihaknya pun bersama warga setempat berkomitmen untuk selalu mejaga kebersihan dan kelestarian sungai Gajahwong.

“Penghijauan kembali bantaran sungai, pengelolaan sampah di pinggir sungai, pengelolaan limbah cair dari rumah tangga, dan menabur benih ikan merupakan aksi nyata konservasi sungai,” katanya.

Baca juga   Berhasil Pertahankan WTP 12 Kali Berturut, Pemkot Yogya Diganjar Penghargaan dari Kemenkeu

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengapresiasi kegiatan merti kali tersebut, karena menurutnya, peran serta masyarakat adalah sangat penting. Selama ini, manusia ditengarai sebagai pengambil manfaat terbesar dari sungai.

“Peningkatan kepedulian masyarakat, khususnya masyarakat di seputar sungai adalah dengan kepedulian untuk memberikan dan melestarikan sungai, seperti tidak membuang sampah di sungai, mengambil binatang-binatang sungai ataupun melakukan tindakan merusak habitat sungai, karena itu adalah awal dari timbulnya bencana banjir dan longsor di sungai,” jelasnya.

Wawali mengungkapkan sungai merupakan salah satu bentuk ekosistem dimana terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya yang saling mempengaruhi dan saling membutuhkan.

Baca juga   "One Gate System" Dukung Pariwisata Sehat di Kota Yogyakarta

“Kali Gajahwong juga merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan bagi warga Kota Yogya, oleh karena itu, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam secara sustainable dengan mempertimbangkan kondisi dan keseimbangan lingkungan,” tuturnya.

Pihaknya mengungkap kegiatan merti kali atau kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan upaya pelestarian lingkungan sungai harus terus dilestarikan.

“Kegiatan ini menjadi semangat dalam menjaga kelestarian sungai sekaligus sebagai inspirasi masyarakat luas untuk menjaga kelestarian sungai,” ucapnya.

Karenanya, lanjutnya, tujuan merti kali adalah untuk mengajak warga sepanjang bantaran sungai untuk menjaga kelestarian sungai dan mata airnya.

“Dengan harapan agar warga sekitar sungai tetap aman dan hidup rukun dengan sungai,” ujarnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo menyapa salah satu yatim piatu akibat pandemi Covid-19 yang mendapat bantuan dari Korpri Jateng. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Yamtini Menangis, Saat Anaknya Menyanyi untuk Ganjar Pranowo
Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih mengikuti prosesi wisuda abdi dalem di Keraton Yogyakarta, Selasa (9/11/2021). (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Wisuda Abdi Dalem, Bupati dan Wakil Bupati Bantul Dapat Nama dan Gelar Baru
Sebanyak 365 usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Magelang, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Koperasi UKM dan Dekranas. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

365 Perajin UKM di Borobudur Dilatih Jualan Online
Program Jaksa Masuk Sekolah di Temanggung bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang, serta mengenal lembaga Kejaksaan dan tugasnya di kalangan pelajar. (Foto:MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Jaksa Masuk Sekolah di Temanggung, Agar Pelajar Melek Hukum
Polres Blora Polda Jawa Tengah melalui Satuan Lalu Lintas menggelar sosialisasi tentang larangan menggunakan knalpot brong kepada pemilik bengkel knalpot serta beberapa toko penjual knalpot, Jumat (14/1/2022). (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Polantas Polres Blora Sosialisasi Larangan Gunakan Knalpot Brong Sepeda Motor
Wali Kota Yuliyanto memberikan sumbangan beras secara simbolis kepada KPM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Salurkan Bantuan 189.360 Kg Beras
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming secara simbolis menerima bantuan dari PT Daehyun DNC. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

PT Daehyung DNC Bantu Pemkot Surakarta Photocatalys Air Shower Gate
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meluncurkan ADM di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (21/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Permudah Layanan Publik, Pemkot Yogya Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri