Home / Peristiwa

Selasa, 20 Juli 2021 - 16:11 WIB

Peduli Sesama, Warga Isoman Terima Bantuan Makanan Siap Saji

Posko Satgas Covid-19 Purbalingga bangun dapur umum melayani warga yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Purbalingga)

Posko Satgas Covid-19 Purbalingga bangun dapur umum melayani warga yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Purbalingga)

NYATANYA.COM, Purbalingga – Sejumlah kelompok masyarakat membagikan makanan siap saji kepada warga Purbalingga, yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka bahkan mendirikan dapur umum di Kantor Kecamatan Kalimanah dan Posko Satgas Covid-19 Kabupaten Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menjelaskan, gerakan berbagi makanan tersebut menunjukkan dukungan masyarakat terhadap pemerintah dalam rangka menanggulangi pandemi Covid-19.

“Kami cukup surprise, ternyata banyak masyarakat yang memberikan empati luar biasa terhadap saudara-saudara kita yang saat ini sedang diuji dengan Pandemi Covid-19,” kata Bupati Tiwi, di dapur umum Desa Toyareka, Kecamatan Kalimanah, beberapa hari kemarin.

Bupati menegaskan, gerakan masyarakat seperti ini betul-betul sangat dibutuhkan, karena pemerintah dan Forkopimda tidak bisa sendirian mengatasi. Saat seperti ini harus ada gotong-royong bergerak bersama, dengan banyaknya kepedulian maka dapat meringankan beban warga yang sedang menjalani isoman.

Baca juga   PPKM Darurat Berdampak, Penjualan Hewan Kurban Turun Hingga 50 Persen

“Mudah-mudahan kegiatan baik ini bisa menggugah masyarakat yang lain, untuk bisa bareng membantu mereka yang terdampak. Kami atas nama Pemkab Purbalingga mengucapkan terima kasih,” tuturnya.

Dijelaskan Bupati, dapur umum yang didirikan oleh Yayasan Bara Trisna Buana di Desa Toyareka bisa mendistribusikan 200-400 kotak nasi dan lauk pauknya per hari. Dapur umum di Kantor Kecamatan Kalimanah, yang dikelola oleh BUMD BPR BKK Purbalingga, bisa menyalurkan bantuan 440 kotak makanan siap saji bagi warga Kalimanah.

Selain itu, dapur umum di Posko Satgas Covid-19 Purbalingga yang dikelola oleh TP PKK Purbalingga, mampu mendistribusikan 397 kotak nasi untuk warga isoman di Kecamatan Purbalingga.

Baca juga   Daop VI Yogyakarta Canangkan Stasiun Tugu Wajib Masker dan Vaksin

Bupati menambahkan, pihaknya telah menggerakkan lembaga/organisasi sayap pemerintah untuk menjalankan program serupa, antara lain Forum BUMD, Baznas dan sebagainya. Mereka masing-masing memiliki wilayah cakupan pemberian bantuan.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga juga mendapatkan tugas untuk menyediakan makanan siap saji bagi warga isoman di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bojongsari, Kutasari, dan Mrebet. Kegiatan tersebut melibatkan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

Menurut bupati, dapur umum PMI Kabupaten Purbalingga menyalurkan makanan dua kali sehari untuk 500-an penerima yang sedang isoman. Per Sabtu (17/7/2021), sebanyak 176 paket makanan siap saji didistribuiskan untuk warga Kecamatan Bojongsari, 118 paket untuk Kecamatan Kutasari, dan 149 paket untuk Kecamatan Mrebet.(*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pandemi Tak Halangi Anak-anak Berkreativitas, Ayo Ikuti Lomba Ini
Warga Pekalongan terdampak Covid-19 mulai peroleh bantuan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ratusan Paket Bantuan untuk Warga Pekalongan Disalurkan
Luhut Binsar Pandjaitan secara resmi meluncurkan kereta api Yogyaakarta-YIA Kulonprogo. (Foto: Penrem 072/Pamungkas)

Peristiwa

Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Menko Marves Naik KRL Bandara YIA-Stasiun Tugu Yogyakarta
Ganjar Pranowo ngobrol dengan mahasiswa yang borong dagangan PKL di Tembalang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pergoki Mahasiswa yang Borong Dagangan PKL Tembalang
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menggunting pita, menandai peresmian Jembatan Hijau dan Jalan Gus Dur di Pajangan. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Resmikan Jembatan Hijau dan Jalan Gus Dur di Pajangan
Cakupan vaksinasi Covid-19 di Pekalongan telah mencapai 105.664 orang. Jumlah tersebut setara dengan 44,44 persen populasi sasaran. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Vaksinasi di Pekalongan Lampaui 40 Persen
Belum semua pedagang di Pasar Beringharjo membuka dagangannya, meski PPKM Level 4 diperpanjang dengan beberapa kelomnggaran. (Fot: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Meski Diizinkan Buka Kembali, Belum Semua Pedagang Pasar Berjualan
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming menyerahkan tropi pemenang lomba. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Rakabuming Prioritaskan Vaksinasi Anak Sekolah