Home / Peristiwa

Selasa, 27 Juli 2021 - 00:59 WIB

Pekalongan Percepat Penyaluran BLT Dana Desa

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Seluruh kepala desa di Kabupaten Pekalongan diinstruksikan untuk mempercepat penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) desa, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Perintah tersebut disampaikan Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, pada Rapat Koordinasi Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran 2021, di kantor Setda Kabupaten Pekalongan, Jumat (23/7/2021).

Menurutnya, hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia. Selain percepatan penyaluran, perangkat desa juga diminta untuk segera mengusulkan pencairan Dana Desa untuk BLT desa bulan berikutnya.

Baca juga   Distan Pangan Antisipasi Dampak Hujan Abu Vulkanik Merapi

Bupati Fadia juga mengimbau jajarannya untuk mencermati dana penerima manfaat bantuan tersebut.

“Melakukan pencermatan secara terus menerus terhadap kondisi warga, dan ketika ditemukan warga yang berhak tapi belum menerima BLT DD, agar segera dimasukkan dalam data KPM penerima BLT DD sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” ujar bupati.

Dijelaskan, anggaran Dana Desa untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19 sebesar Rp21.071.768.480 alias delapan persen dari nilai anggaran Dana Desa. Realisasi dana tersebut per 19 Juli 2021 sebanyak 59 persen, yakni sebesar Rp 12.475.170.162.

Baca juga   Tim Satgas Kalteng Temukan Lagi Penumpang Pesawat Positif Covid-19

“Namun apabila kebutuhan pendanaan penanganan Covid-19 melebihi dari delapan persen dari pagu Dana Desa setiap desa, pemenuhan kebutuhan pendanaan dapat menggunakan Dana Desa tahap I, dan tahap II, di luar kebutuhan Dana Desa untuk BLT Desa,” tambah bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Salah satu ruko di Babarsari yang dibakar pada kerusuhan yang terjadi, Senin (4/7/2022). Foto: @robbyizwnsyh

Peristiwa

Kronologi Kerusuhan Babarsari, 5 Ruko dan 6 Motor Dibakar, Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku
Ditemani superhero Spider-man, anak-anak tambah semangat ikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar BIN dan Pemkab Temanggung pada Kamis (20/1/2022) di Taman Bambu Runcing. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ditemani Spider-man, Ribuan Anak Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Temanggung
Kemensos meluncurkan program Indonesia Mendengar sebagai upaya memperluas akses komunikasi dan informasi bagi penyandang disabilitas yang digelar di Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022). (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Berdayakan Penyandang Disabilitas, Kemensos Luncurkan Indonesia Mendengar
Tersangka penggelapan motor ES ditangkap polisi beserta barang bukti. (Foto: Dok.Polres Sleman)

Peristiwa

Pengin Bergaya Nggak Punya Duit, Warga Gunungkidul Gadaikan Motor Teman
Bawaslu Kabupaten Batang menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kelompok sasaran disabilitas di Kabupaten Batang. (Foto:MC Batang)

Peristiwa

Bawaslu Batang Gandeng Kaum Disabilitas Wujudkan Pemilu Berkeadilan
Rumah bersejarah milik Tetty Purnama itu terbakar, Kamis (6/1/2022) diduga akibat korsleting listrik di bagian atap sebelum akhirnya meluas. (Foto: Mediacenter Riau)

Peristiwa

Puluhan Kucing Anggora Terjebak Kebakaran Rumah Antik di Pekanbaru
Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi, Teman Gardagita. (Foto: HUmas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Teman Gardagita, Aplikasi Online Akses Benda Cagar Budaya
Tebing longsor di Dusun Geneng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang pada Minggu (23/1/2022) memutus jalan desa dan irigasi. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tebing Longsor Putus Jalan dan Irigasi di Candimulyo