Home / Peristiwa

Sabtu, 19 November 2022 - 01:00 WIB

Pelaku Pembunuhan Wanita Hamil di Gunungkidul Terancam Hukum Mati, Begini Faktanya

Kedua tersangka pembunuhan wanita hamil di Gunungkidul. Foto: Ist

Kedua tersangka pembunuhan wanita hamil di Gunungkidul. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Gunungkidul – Dua tersangka pembunuhan wanita hamil berinisial RN (25) warga Purworejo, Jawa Tengah, yang ditemukan tanpa busana di Pantai Ngrawe terancam hukuman mati.

Kedua tersangka berinisial ERW (24) dan AA (37) itu dijerat dengan pasal pembunuhan berencana.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri, S.I.K., menjelaskan kedua tersangka disangkakan dua pasal. Yaitu, Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan. Untuk ancaman hukumannya, yaitu hukuman mati atau penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun penjara. 

“Karena fokus pelaku untuk membunuh, maka pelaku ERW berupaya untuk mendorong korban. Saat didorong pertama gagal, RN hanya bilang ‘kok ngene’ (kok seperti ini) Mas. Namun, dengan berbagai macam cara, akhirnya korban dibekap dan digulingkan,” jelasnya. 

Baca juga   Bandara Halim Perdanakusuma Mulai Pindahkan Operasional Penerbangan, Begini Skenarionya

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Mahardian Dewo Negoro, S.I.K., M.A., menambahkan ERW telah merencanakan pembunuhan terhadap RN sejak Minggu (13/11/22). 

“Rencana di Gunungkidul hari Minggu. Sebelumnya, di Gunung Kawi pada akhir bulan September. Modusnya ke Gunung Kawi sempat keliling ke dukun cari keselamatan, padahal niatnya menggugurkan kandungan RN, tapi RN tidak mau,” tutup Kasat Reskrim Polres Gunungkidul.

Baca juga   Sepanjang 2023, Kejagung Sudah Tangkap 138 Buronan dan 79 DPO Kasus Korupsi

Sebelumnya masyarakat digegerkan dengan penemuan mayat perempuan tanpa busana di Pantai Ngrawe, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ternyata merupakan korban pembunuhan.

Polisi mengungkap fakta bahwa korban yang sebelumnya tidak diketahui identitasnya itu merupakan perempuan berinisial RN (25) asal Purworejo, Jawa Tengah yang juga diketahui tengah mengandung dengan usia 28 pekan.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan RN ditemukan sekitar 50 meter dari bibir pantai. Mayatnya telanjang dan ada beberapa luka di tubuhnya.

“Kemungkinan sudah hanyut di lautan hingga akhirnya terdampar di pantai,” katanya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Untuk menghibur sekaligus menghilangkan rasa ketakutan saat disuntik vaksin. Dua tokoh superhero, Captain Amerika dan Gatotkaca hadir menemani anak-anak. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Captain Amerika dan Gatotkaca Dampingi Anak-anak Suntik Vaksin Covid-19
Wagub Jatim Emil Dardak saat meninjau Posko Pengungsian di Kantor Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Wagub Jatim Pastikan Ketersediaan Logistik dan Posko Pengungsi Terpenuhi
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menghadiri serah terima proyek insfrastruktur PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) dari Dinas PUP-ESDM Pemda DIY di Kalurahan Wukirsari. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Serap Dana Rp720 Juta, Empat Proyek PSU Wukirsari Diserahkan
Hingga saat ini capaian vaksinasi anak di Kabupaten Temanggung sebanyak 19,79 persen atau 13.901 dari target 70 ribu anak. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Pemkab Temanggung Genjot Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun
Peningkatan status Gunung Semeru dari level II atau ‘waspada’ menjadi level III atau ‘siaga’ perlu menjadi perhatian, mengingat Awan Panas Guguran (APG) masih berpotensi terjadi. PVMBG meminta agar seluruh aktivitas di sepanjang jalur itu agar dihentikan dan dikosongkan sejauh 13 kilometer dari puncak. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

Gunung Semeru Siaga! Aktivitas di Tenggara Hingga Besuk Kobokan Diminta Dihentikan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah. Foto: Humas Polri/Tribratanews

Peristiwa

Polisi: Kasus Dugaan Investasi Bodong NET89 Naik Tahap Penyidikan
PHRI DIY sediakan 230 kamar untuk isolasi mandiri. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PHRI Siapkan 230 Kamar Hotel untuk Isolasi Mandiri
Agus Sujarwo, Kepala Disdikpora Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG)

Peristiwa

Wujudkan Sekolah Penggerak, Disdikpora Temanggung Gelar Coaching Clinic