Home / Peristiwa

Kamis, 26 Agustus 2021 - 08:47 WIB

Pelaku UMKM di Kebumen Divaksin Moderna

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat mengunjungi pelaksanaan vaksin bagi pelaku UMKM. (Foto: Kominfo Kebumen)

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat mengunjungi pelaksanaan vaksin bagi pelaku UMKM. (Foto: Kominfo Kebumen)

NYATANYA.COM, Kebumen – Pemerintah Kabupaten Kebumen mulai menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebanyak 1.500 orang pelaku UMKM menerima suntikan vaksin Moderna.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menjelaskan, para pelaku UMKM menjadi motor penggerak ekonomi rakyat. Pemberian vaksinasi terhadap para pelaku UMKM diharapkan bisa membentengi mereka dari Covid-19 sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.

“Jika mereka sehat, maka ekonomi bisa cepat pulih,” ujar Bupati Arif, usai mengunjungi kegiatan vaksinasi Covid-19 di Dinas Kesehatan Batang, Rabu (25/8/2021).

Arif mengapresiasi antusiasme warga untuk memperoleh vaksinasi Covid-19.

“Masyarakat di Kebumen cukup antusias untuk mengikuti vaksin. Semoga masyarakat kita tetap sehat,” tutur bupati.

Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama menambahkan, selama 10 hari terakhir ini, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat sebanyak 29.400 dosis, dengan merek vaksin Moderna dan Astrazeneca.

Baca juga   Penyaluran BST di Yogya Terus Dikebut, Realisasi 94 Persen

Setiap hari, imbuhnya, Polres Kebumen membuka layanan vaksinasi di Mapolres, Kantor Samsat Kebumen, serta BPBD Kebumen.

“Tinggal manajemen pengaturannya. Dalam satu hari minimal satu atau dua titik kita bisa menggelar vaksinasi dengan berkoordinasi bersama pemerintah daerah,” ujar Kapolres Piter.

Sementara itu, para tenaga kesehatan di Kota Pekalongan segera memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis ketiga, dengan merek Moderna. Pemberian tambahan vaksinasi tersebut dimaksudkan sebagai booster alias pemacu terbentuknya antibodi virus Sars-Cov-2.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, mengungkapkan, pemberian vaksinasi booster kepada para nakes tersebut merupakan upaya untuk memberikan perlindungan yang optimal terhadap mereka saat bertugas.

“Rencana untuk vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ditargetkan minggu-minggu ini atau minggu depan atau sekitar akhir bulan Agustus ini. Untuk dosis ketiga ini menggunakan vaksin jenis Moderna,” ucap Budi.

Baca juga   Persingkat Jarak ke Wisata Dieng, Pembangunan Jembatan Plipiran Dikebut

Budi menyebutkan, pihaknya telah menerima alokasi vaksin Covid-19 merek Moderna untuk para nakes di Kota Pekalongan. Jumlahnya sebanyak 160 vial. Setiap vial terdiri dari 14 dosis, sehingga jumlah total penyuntikannya mencapai 2.240 dosis.

Lebih lanjut dibeberkan, cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kota Pekalongan telah mencapai 29 persen, sedangkan dosis kedua sebanyak 21 persen dari target sasaran. Vaksinasi tersebut telah diberikan kepada kelompok nakes, petugas pelayanan publik, lansia, dan masyarakat umum.

“Untuk sasaran pelajar kami masih menunggu ketersediaan vaksin yang ada, dari Dinas Pendidikan sudah menyerahkan data para pelajar tingkat SMP, dari Kemenag juga sudah untuk data siswa-siswi sekolah MTS dibawah naungannya, dan dari Cabang Dinas Provinsi juga sudah mendata pelajar tingkat SMA/SMK. Untuk tingkat pelajar sekolah ini jumlah vaksin yang dibutuhkan sekitar puluhan ribu,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kandang ayam milik salah satu peternak ayam broiler atau ayam potong di Desa Pusporenggo tampak kosong, menurut pemilik peternakan Radityo Herlambang pengiriman bibit ayam sedikit terganggu adanya PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

PPKM Diperpanjang, Peternak Ayam Broiler Kesulitan Jual Hasil Panen
Ilustrasi hotel di Yogya di tengah pemberlakukan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Peristiwa

PPKM Darurat Diperpanjang, Pengusaha Hotel di DIY Kekurangan ‘Oksigen’
Bupati Klaten Sri Mulyani menyapa para tukang becak dan memberikan bantuan paket sembako. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

Sapa Tukang Becak, Bupati Klaten Bantu Paket Sembako

Peristiwa

AKBP Muharomah Fajarini, Kapolres Baru Kulonprogo
LazisNU MWC Secang membagikan daging kurban menggunakan besek. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Unik dan Go Green, Daging Kurban Dibagikan dengan Besek
Sri Sultan saat Peresmian Kantor KPPU Wilayah VII. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sri Sultan: KPPU Diharapkan Turut Bangun Struktur Ekonomi
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta melakukan monitoring dalam memilah limbah medis. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Limbah Medis Covid-19 Jadi Perhatian Khusus DLH Kota Yogya
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menghadiri serah terima proyek insfrastruktur PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) dari Dinas PUP-ESDM Pemda DIY di Kalurahan Wukirsari. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Serap Dana Rp720 Juta, Empat Proyek PSU Wukirsari Diserahkan