Home / Olga

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:36 WIB

Pelari Maraton Putri Odekta Elvina Naibaho Raih Medali Emas SEA Games 2021

Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho berlari menuju garis finis pada perlombaan nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho berlari menuju garis finis pada perlombaan nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

NYATANYA.COM, Vietnam – Pelari maraton putri Odekta Elvina Naibaho keluar sebagai juara dengan catatan waktu tercepat, dua jam 55 menit 27 detik setelah menempuh jarak 42,195 kilometer dalam lomba yang berlangsung di sekitar Hanoi National Sports Complex.

Sesaat setelah menyentuh finish, Odekta tersungkur dan merebahkan diri ke lintasan dan sempat mengalami kram pada kedua kakinya. Ia sempat dipapah oleh tim medis dan mengalami mual-mual.

Pelari kelahiran Desa Soban, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara itu merebut emas setelah menyisihkan Christine Hallasgo (Filipina) dan Ngoc Hoa Hoang Thi (Vietnam) yang masing-masing harus puas membawa pulang perak dan perunggu.

Odekta juga berhasil membayar lunas kegagalannya pada SEA Games tiga tahun lalu.

Ketika itu Odekta yang sudah memimpin lari, terjatuh sekitar 600 meter menjelang finish. Akibatnya ia tak bisa melanjutkan lomba.

Baca juga   Shin Tae-yong Optimis Indonesia Raih Poin Penuh Lawan Vietnam

Di bagian putra, Agus Prayogo gagal mempertahankan emas maraton yang ia sabet di Manila tiga tahun lalu. Di Hanoi, ia hanya bisa menyumbang sekeping perak, sama seperti torehannya di SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Kendati demikian, ada peningkatan dalam catatan waktu. Ketika merebut emas di Manila, catatan waktunya dua jam 26 menit 48 detik sedangkan di Hanoi dua jam 25 menit 38 detik. Agus mengaku tidak mengantisipasi Nguyen Thanh Hoang, pelari pendatang baru wakil Vietnam yang merebut emas.

“Justru yang tidak saya prediksi adalah pelari baru tuan rumah dan dia lebih siap,” kata Agus yang spesialis lari jarak menengah dan jauh ini.

Baca juga   Sambut Leani Ratri Oktila Dkk, Tagar #MenporaSambutPahlawan Trending Topik

Sementara atlet jalan cepat Hendro Yap juga bernasib sama dengan Agus Prayogo. Ia tak mampu mempertahankan emas yang direbutnya di Manila tiga tahun lalu dan hanya sanggup membawa pulang kepingan perak usai menempuh jarak 20 km.

Hendro kalah dari Vo Xuan Vinh (Vietnam) yang merebut emas. Pelari tuan rumah itu membalas kekalahannya atas Hendro tiga tahun lalu pada SEA Games 2019.

Atletik telah menyelesaikan seluruh rangkaian lombanya dan Indonesia membawa pulang dua emas, lima perak, dan empat perunggu.

Ini masih di bawah pencapaian tiga tahun lalu di Manila saat atlet-atlet Merah Putih memboyong lima emas, enam perak, dan lima perunggu.

(AS/N1)

Sumber: Indonesia.go.id

Share :

Baca Juga

Skuad Garuda Nusantara pada akhirnya memastikan lolos ke Piala Asia 2023 setelah membantai Nepal di laga terakhir grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu 15 Juni 2022 dini hari. Foto: Ist

Olga

Bekuk Nepal 7-0, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023
Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo membuka turnamen tenis yang diikuti 102 atlet di Lapangan Tenis Bambu Runcing, Temanggung, Sabtu (19/3/2022). (Foto: MC.TMG)

Olga

Diikuti 102 Atlet, Pelti Temanggung Gelar Turnamen Wabup Cup
Timnas U-23 Gagal ke Final SEA Games 2021 setelah dikalahkan Thailand 0-1. (Foto: raiky/kemenpora.go.id)

Olga

Dikalahkan Thailand 0-1, Timnas U-23 Gagal ke Final SEA Games 2021, Menpora Tetap Beri Semangat
Menpora Zainudin Amali secara resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Indonesia untuk mengikuti Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Resmi Kukuhkan dan Melepas Kontingen Paralimpiade Tokyo 2020
Presiden Joko Widodo saat menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cendrawasih Jayapura pada gelaran Peparnas XVI. (Foto: InfoPublik)

Olga

Presiden Jokowi Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games Gantikan Vietnam
Menpora Amali saat menjadi narasumber pada acara live dialog Indonesia Bicara, TVRI. (Foto:nyatanya.com/Kemenpora)

Olga

Indonesia Akan Bangun Trainning Camp Olahraga Berstandar Internasional
Kemenpora beri bonus untuk PBSI, PABSI dan NPC atas sejumlah prestasi yang diraihnya. (Foto: Bagus/Humas Kemenpora)

Olga

Kemenpora Beri Bonus untuk PBSI, PABSI dan NPC
Porda XVI DIY kontingen Kota Yogyakarta resmi dilepas, Kamis (25/8/2022). Kota Yogya optimis meraih juara umum Porda XVI 2022 yang digelar di Kabupaten Sleman. Foto: Humas Pemkot Yogya

Olga

Kontingen Porda XVI Dilepas, Kota Yogya Optimis Raih Juara Umum