Home / News

Kamis, 7 April 2022 - 18:55 WIB

PELNI Siapkan 49 Ribu Kursi Angkutan Lebaran 2022, Calon Penumpang yang Baru Sekali Vaksin Harus RT-PCR

Foto: PELNI

Foto: PELNI

NYATANYA.COM, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI (persero) bersiap untuk melaksanakan angkutan Lebaran 1443 H/ 2022.

Guna mengakomodir kebutuhan transportasi di masa Lebaran, PELNI akan mengoperasikan 26 kapal penumpang dan 44 kapal perintis dengan total ketersediaan kursi yang dipersiapkan sebanyak 49.267 tempat duduk.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI Yahya Kuncoro merinci sebanyak 32.447 kursi telah disiapkan untuk kapal penumpang dan 16.820 kursi dengan kapal perintis.

Adapun operasi angkutan Lebaran dengan kapal PELNI dimulai sejak periode H-15 atau pada 17 April 2022 mendatang.

“PELNI memastikan seluruh kapal yang akan beroperasi melayani angkutan Lebaran laik laut karena kapal telah melaksanakan docking sebelum periode angkutan lebaran tiba,” ungkapnya, Kamis (7/4/2022).

Pada arus mudik tahun ini, PELNI memprediksi beberapa ruas padat penumpang meliputi Batam – Belawan, Kumai – Semarang, Makassar – Surabaya, Balikpapan – Surabaya, Balikpapan – Makassar, dan Makassar – BauBau.

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di rute tersebut, PELNI mengajukan izin penyesuaian rute dan jadwal kapal kepada Kementerian Perhubungan selaku regulator sehingga penumpang kapal PELNI dengan tujuan pelayaran ke wilayah-wilayah itu dapat terakomodir sebelum hari lebaran tiba,” ujar Yahya.

Baca juga   Ini Jadwal Uji Coba Rekayasa Ganjil-Genap di Tol untuk Mudik 2022

Sementara untuk ketentuan perjalanan dengan kapal PELNI, calon penumpang yang telah melakukan vaksin ketiga atau booster tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR.

Namun, untuk calon penumpang yang sudah dua kali melakukan vaksinasi diwajibkan untuk menyertakan hasil negatif RT-PCR dengan jangka waktu 3×24 jam atau hasil negatif rapid antigen 1×24 jam.

Sementara untuk calon penumpang yang baru satu kali menerima vaksinasi Covid-19, diwajibkan untuk menyertakan hasil negatif RT-PCR dalam jangka waktu 3×24 jam. Penumpang juga diwajibkan menggunakan aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat melakukan perjalanan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa calon penumpang kapal PELNI yang berusia dibawah 6 tahun saat ini diperkenankan melakukan perjalanan dengan pendamping dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami mengajak kerja sama seluruh calon penumpang kapal PELNI untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, menggunakan masker yang baik dan benar selama pelayaran berlangsung, menjaga jarak, serta mengurangi aktivitas berbicara melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan,” terang Yahya.

Penjualan tiket kapal PELNI untuk arus mudik telah dibuka sejak Sabtu (2/4/2022) pekan lalu. Pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui website, channel online, call center PELNI 162, mini market, agen travel, dan loket cabang PELNI.

Baca juga   Foto: Kedatangan Pemudik Awal di Aceh

“Seluruh pembelian tiket kapal PELNI dilayani dengan sistem pembayaran non tunai sehingga proses transaksi lebih mudah, praktis, dan yang terpenting mendukung prokes karena meminimalisir kontak dengan petugas,” katanya.

Penambahan Channel Pembayaran

Dalam rangka mendukung pembayaran tiket kapal PELNI secara non tunai (cashless), perusahaan telah menambah channel pembayaran dengan menggunakan virtual account. Terbaru saat ini PELNI telah menambah dua pilihan bank yaitu Bank Mandiri dan Bank Permata.

Dengan adanya penambahan tersebut, pelanggan kapal PELNI dapat membayar tiket melalui empat layanan virtual account meliputi Bank BNI, Bank BRI (BRIVA), Bank Mandiri, dan Bank Permata.

Selain itu tiket kapal PELNI juga dapat dibayar melalui gerai retail seperti Alfamart dan Indomart serta dompet digital i.saku.

“Penambahan channel pembayaran ini selaras dengan komitmen digitalisasi di bisnis PELNI. Kami harapkan semakin mempermudah pelanggan kapal PELNI dalam melakukan pembayaran tiket kapal dan mendukung gerakan pembayaran secara non tunai,” tambahnya.

(DT/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan kunjungi Malioboro dan bertemu sejumlah PKL. (Foto: dokumentasi Kodim Yogya)

News

Luhut Binsar Pandjaitan Sambangi Malioboro
Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaket, Haiyani Rumondang. (Foto: Istimewa/InfoPublik)

News

Kemnaker Akan Beri Sanksi Perusahaan yang Tak Bayar THR
Menhub Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan akan mengoptimalkan Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid guna mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret 2022 mendatang. (Foto: Taofiq Rauf/InfoPublik)

News

Kemenhub Optimalkan Bandara untuk Dukung MotoGP Mandalika 2022
Dua pelaku pencuri sapi diamankan polisi Polres Temanggung beserta barang buktinya. (Foto: istimewa)

News

Meresahkan, Dua Maling Sapi Berhasil Disergap Polres Temanggung
Penampakan Gunung Merapi pada pukul 05:34 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

Pagi Tadi Merapi Semburkan 3 Kali Awan Panas
Foto: ANTARA

News

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5.01 Persen di Triwulan Pertama 2022
Penampakan Gunung Merapi saat muntahkan awan panas pada Minggu (12/12/2021) pukul 10.18 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memandang bahwa transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi harus dilakukan secara hati-hati melalui berbagai tahapan. (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden: Transisi dari Pandemi ke Endemi Harus Hati-hati