Home / News

Rabu, 17 November 2021 - 09:32 WIB

Pembatasan Mobilitas Nataru untuk Menghindari Lonjakan Covid-19

Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: InfoPublik.id)

Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: InfoPublik.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menkominfo Johnny G. Plate, menegaskan kebijakan pembatasan mobilitas jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) ditetapkan untuk menghindari kenaikan kasus Covid-19 secara signifikan, seperti yang terjadi pada tahun lalu.

“Mari berjuang agar Indonesia berhasil melewati Nataru dengan level penyebaran Covid-19 yang terkendali,” ajak Menkominfo, Senin (15/11/2021)

Menurutnya, semua pihak patut mensyukuri kondisi kasus Covid-19 di Indonesia yang saat ini telah menurun drastis dibandingkan periode puncak pada Juli 2021.

Namun, Menkominfo Johnny mengingatkan bahwa masih banyak ketidakpastian yang harus dihadapi, terutama di tengah periode libur Natal dan Tahun Baru, yang sebentar lagi kita rayakan.

Belajar dari pengalaman, Menkominfo Johnny menguraikan bahwa libur hari besar selalu memicu kenaikan kasus Covid-19 di tanah air. Kenaikan kasus tidak hanya terjadi pada kasus harian, namun juga pada kasus mingguan yang bertahan cukup lama.

Baca juga   Pengamat: Airlangga Hartarto Unggul karena Modal KIB dan Menko

Menkominfo memaparkan bahwa berdasarkan data Satgas Covid-19, periode libur lebaran Idulfitri pada 2020 memicu penambahan sekitar 68 persen-93 persen kasus harian baru dan penambahan kasus mingguan di kisaran 2.889 kasus-3.917 kasus.

Sementara itu, Libur kolektif Maulid Nabi dan Natal 2020 tercatat memicu penambahan 37 persen -95 persen kasus harian baru dan penambahan kasus mingguan sebanyak 8.096-38.340 kasus.

“Kenaikan ini diperparah adanya varian Delta yang lebih mudah menular dibanding varian sebelumnya,” ujarnya.

Menkominfo Johnny mengungkapkan, kenaikan kasus umumnya disebabkan oleh dua hal utama. Pertama, peningkatan mobilitas yang tidak dibarengi dengan upaya testing yang cukup.

Kewajiban testing merupakan langkah preventif untuk memastikan pelaku perjalanan dalam kondisi sehat dan tidak menularkan virus ke daerah tujuannya.

Kedua, lemahnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam perjalanan maupun aktivitas selama liburan. Hal ini erat kaitannya dengan tradisi berkumpul, makan bersama, maupun tradisi keagamaan yang meningkatkan peluang penularan akibat kerumunan.

Baca juga   Sudah 90 Negara Deteksi Omicron, Menteri Luhut Ingatkan Tidak Lakukan Perjalanan Luar Negeri

Selain itu, peningkatan aktivitas di pusat belanja, tempat rekreasi, dan fasilitas publik lainnya, juga menjadi pemicu.

“Kita tidak ingin kenaikan kasus Covid-19 seperti yang terjadi di masa lalu, terulang kembali. Karenanya, berbagai pembatasan mobilitas jelang Nataru harus ditetapkan untuk diterapkan,” tegas Menkominfo Johnny.

Menkominfo berharap, seluruh elemen masyarakat ikut berkolaborasi dan bekerja keras untuk tetap disiplin protokol kesehatan, menyegerakan vaksinasi, menggunakan aplikasi PeduliLindungi, menjalankan testing, dan patuh aturan pembatasan mobilitas jelang Nataru.

“Kepedulian dan kedisiplinan kita amat dibutuhkan dalam menghadapi pandemi. Ingatkan juga kepada orang lain agar mematuhi protokol kesehatan dan segera ikut vaksinasi,” kata Menkominfo.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, PPKM Diperpanjang Hingga 1 Agustus 2022
Ganjar Pranowo meninjau sentra vaksinasi yang digelar oleh Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso) Indonesia di Mal Tentrem Semarang. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Apresiasi Papmiso, Gerakkan Pedagang Mi dan Bakso untuk Vaksin
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. Dok: Bidhumas Polda Jatim/ TBN Polda Jatim

News

Tim DVI Mabes Polri Diterjunkan Indentifikasi Korban Tragedi Kanjuruhan
Ilustrasi "Pakai Masker yang Bener", Danny Yustiniadi (2020). Karya ini dimuat dalam buku Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis yang diterbitkan Graha Ilmu Yogyakarta.

News

Update Covid-19 Indonesia, 21 Juni 2022: Tambah 1.678 Kasus Baru, Meninggal 5 Orang
Kabag Ops Polres Magelang, Kompol Maryadi. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Jelang Nataru, Polres Magelang Siapkan Lima Pos Layanan Terpadu
Dalam agenda Rapat Koordinasi Persiapan Nataru yang digelar bersama Forkominda DIY dan Kepala OPD itu, Sri Sultan berharap koordinasi dengan tingkat 2 (Kabupaten/Kota) juga tetap dilakukan. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Atisipasi Lonjakan Covid-19, Sri Sultan Minta Forkominda Perketat Pengamanan Jelang Nataru
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU Provinsi Bali, Sabtu (5/11/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

News

Tetapkan Hasil Verifikasi Faktual Parpol, KPU Gelar Rapat Pleno Pekan Depan
Pelayanan administrasi kependudukan bagi penyandang disabilitas. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemprov DIY Canangkan Gerakan Pelayanan Adminduk bagi Penyandang Disabilitas