Home / Peristiwa

Selasa, 23 November 2021 - 17:39 WIB

Pemberian Santunan Jalur Ganda Solo-Semarang Rampung, Warga Diminta Kosongkan Lahan

Pemberian santunan jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro) selesai, Selasa (23/11/2021). Warga penerima santunan diminta segera mengosongkan lahan dalam sepekan ini. (Foto: Diskominfo Jateng)

Pemberian santunan jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro) selesai, Selasa (23/11/2021). Warga penerima santunan diminta segera mengosongkan lahan dalam sepekan ini. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Surakarta – Pemberian santunan jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro) selesai, Selasa (23/11/2021). Warga penerima santunan diminta segera mengosongkan lahan dalam sepekan ini.

Anggota Sekretariat Tim Terpadu Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan dalam Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Nasional Jalur Ganda Solo-Semarang Fase 1, Endro Hudiyono berharap, warga penerima santunan jalur ganda untuk segera mengosongkan lahannya.

“Sesuai regulasi Perpres 62/2018, bahwa setelah pembayaran santunan ini, masyarakat yang sudah menerima santunan diberi jangka waktu tujuh hari untuk mengosongkan lahannya,” kata Endro, di sela pemberian santunan jalur ganda Solo-Semarang, di Pendapa Taman Cerdas Kelurahan Gilingan Kota Surakarta, Selasa (23/11/2021).

Baca juga   Kunjungi Warga Isoman, Bupati Karanganyar Bagikan Jamu

Ditambahkan, pada tujuh hari setelah masyarakat menerima santunan, tim terpadu akan melakukan evaluasi, apakah masyarakat memang patuh membongkar sendiri bangunannya atau tidak.

Sebagian warga sudah mulai membongkar rumahnya yang terdampak pembangunan jalur ganda kereta api Solo-Semarang. (Foto: Diskominfo Jateng)

Menurut dia, jika setelah tujuh hari bangunan belum dibongkar atau dibersihkan, pihak Balai Teknik Perkeretaapian akan melakukan pembersihan. Sebab, Desember 2021 direncanakan akan dilakukan ground breaking untuk pembangunan fisik jalur ganda.

“Harapan kami, antusias masyarakat ini, kami optimis bahwa masyarakat itu memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan pembongkaran secara mandiri,” sambung Endro.

Dia menuturkan, bila masyarakat tidak mampu melakukan pembongkaran sendiri, mereka dapat menghubungi Balai Teknik Perkeretaapian untuk mendapatkan bantuan fasilitasi pembongkaran.

Baca juga   ‘Vaksinasi Wisata’ bagi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Digelar di Jogja Bay

Seorang penerima santunan Soeradi (78) warga Kelurahan Gilingan, mengaku dia sudah memikirkan untuk membongkar bangunannya sendiri. Pria ini juga telah siap pindah.

“Ini siap pindah ke Kragilan,” kata Soeradi saat menerima santunan.

Penerima santunan lain, Suratmi (60), telah menyiapkan diri siap pindah ke Kragilan. Dirinya juga siap membongkar rumahnya di dekat rel.

“Rumah saya (yang akan dibongkar) untuk usaha kos dan warung,” kata Suratmi.

Santunan yang diterima, menurutnya, juga dinilai cukup. Karena itu dia merasa amat bersyukur.

“Bersyukur sekali dapat ganti rugi sesuai,” pungkasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Atikoh Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara pada kursus busana daring, yang diselenggarakan Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Dinkop Jateng. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Atikoh Dorong Perajin Wastra Adaptif Tren Fesyen
Kusdinar Untung Yuni Sukowati ikut bagikan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. (Foto: Humas Sragen)

Peristiwa

Pemkab Sragen Salurkan 2.710 Paket Sembako
Sebanyak 365 usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Magelang, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Koperasi UKM dan Dekranas. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

365 Perajin UKM di Borobudur Dilatih Jualan Online
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto saat meninjau tempat isolasi terpusat Kabupaten Klaten di GOR Gelarsena. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Airlangga : Masyarakat Wajib Dukung Isolasi Terpusat
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam paparannya saat kunjungan kerja di Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Kunjungi Klaten, Panglima TNI dan Kapolri Minta 3T Diperketat
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil DIY mensosialisasikan 4 Pilar kepada elemen masyarakat di Bokoharjo, Prambanan, Sleman. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya Sosialisasikan 4 Pilar di Bokoharjo Prambanan
Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono secara simbolis menerima bantuan 152 unit peti jenazah. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Banyumas)

Peristiwa

Banyumas Terima Bantuan 152 Unit Peti Jenazah
Natal Akbar Ikatan Keluarga Besar Byak Sorong Raya tersebut tidak saja dihadiri umat nasrani tetapi juga menghadirkan umat muslim Keluarga Besar Byak. (Foto: Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat)

Peristiwa

Keluarga Besar Byak Sorong Raya akan Rayakan Natal Akbar di Raja Ampat