Home / News

Minggu, 1 Mei 2022 - 22:10 WIB

Pemberlakuan One Way Ternyata Beri Dampak Positif bagi Warung-warung di Pantura Batang

Bupati Batang Wihaji saat meninjau di Rest Area Gringsing, Kabupaten Batang, Sabtu (30/4/2022) malam. Foto: MC Batang

Bupati Batang Wihaji saat meninjau di Rest Area Gringsing, Kabupaten Batang, Sabtu (30/4/2022) malam. Foto: MC Batang

NYATANYA.COM, Batang – Kebijakan Pemerintah Pusat memberlakukan One Way di ruas jalan Tol Trans Jawa hingga Gerbang Tol Kalikangkung Semarang rupanya berdampak positif bagi masyarakat,

Adanya One Way tersebut sebelumnya memberikan kekhawatiran akan berdampak pada warung-warung milik masyarakat yang menggantungkan hidupnya di jalur Pantura.

Jalan pantura yang juga meliputi jalur arteri di setiap kabupaten atau kota di wilayah utara Pulau Jawa itu, selama ini dimanfaatkan masyarakat untuk mencari nafkah. Tetapi ternyata hal itu tidak berlaku untuk warung-warung sepanjang jalan pantura di Kabupaten Batang.

“Kebijakan One Way dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Batang malahan membawa berkah karena warung-warung dan UMKM laris manis oleh pemudik,” kata Bupati Batang Wihaji usai meninjau di Rest Area Gringsing, Kabupaten Batang, Sabtu (30/4/2022) malam.

Baca juga   Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Tersalurkan 100 Persen

Lanjutnya, bisa dilihat pada malam peninjauan hari ini pihaknya berkeliling mulai dari Gerbang Tol Kalibeluk di dua rest area wilayah Kabupaten Batang saja semuanya ramai oleh pemudik yang kebetulan diberlakukannya One Way.

“Biasanya pada waktu mudik yang ramai hanya salah satu rest area saja, tetapi dampak One Way keduanya ramai dipadati pemudik yang beristirahat dan makan,” ungkapnya.

Ia mengatakan patut bersyukur dampak positif ini bisa menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Batang pada arus mudik lebaran.

“Apalagi jalur pantura warung-warung di pinggir jalan dipadati juga karena dampak kebijakan One Way yang membuat pemudik dari arah timur yang akan ke barat harus lewat jalan pantura semua,” jelasnya.

Baca juga   Jembatan Ganefo Sragen Ditarget Rampung Akhir Tahun, Gantikan Jembatan Bersejarah yang Dibangun Ir Soekarno

Untuk ruas jalan dari arah Jakarta sendiri dipadati sepeda motor yang banyak mampir ke warung-warung sepanjang jalan pantura di Kabupaten Batang.

Banyaknya pemudik, lanjut dia, yang mampir ke warung-warung baik di rest area maupun warung-warung sepanjang jalan pantura disebabkan Kabupaten Batang menjadi titik lelah untuk beristirahat para pemudik.

Secara pelan tapi pasti, kelompok masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil menengah akan merasakan dampak positif adanya One Way ini.

“Kelompok itu terdiri atas para pengusaha rumah makan atau restoran, penyedia jasa penginapan, hingga pusat oleh-oleh khas daerah,” ujar dia.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Menkominfo Johnny Gerard Plate, dan Dewan Pers tengah menjajaki model payung hukum rancangan aturan hak-hak penerbit (publisher right). (Foto: Wahyu/InfoPublik)

News

Menkominfo-Dewan Pers Jajaki Model Payung Hukum Publisher Right
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Waspada! Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Hampir Dua Kali Lipat, Ini Penyebabnya
Ganjar Pranowo di acara Sosialisasi Program P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) pada pengadaan barang dan jasa pemerintah di Hotel Gumaya, Semarang, Kamis (4/11/2021). (Foto: Humas Jateng)

News

Tingkatkan Kualitas Produk Lokal, Ganjar Bentuk Satgas TKDN
Foto: Pemkotmgl

News

Perkuat Toleransi, Pemkot Magelang Luncurkan “Rela Bersiaga”
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengadakan mudik gratis bagi warga perantauan di Jakarta pada 2022 ini. Namun, mengingat APBD terbatas, bus yang disediakan tidak sebanyak biasanya. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo Siapkan Mudik Gratis Lebaran 2022 bagi Warga Perantauan di Jakarta
Tim BNPB mendistribusikan logistik kepada warga terdampak gempa di Desa Gasol Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu (26/11/2022). Foto: Komunikasi Kebencanaan/Muhammad Arfari Dwiatmodjo

News

Update, Korban Meninggal Dunia Gempabumi Cianjur 321 Orang
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Okupansi Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 Terus Menurun
Mendagri M. Tito Karnavian. (Foto: ANTARA)

News

Mendagri: IKN Berdampak Positif Terhadap Pembangunan Daerah