Home / Peristiwa

Senin, 13 Desember 2021 - 12:39 WIB

Pembersihan Material Erupsi Gunung Semeru Terus dilakukan

Dengan menggunakan alat berat, pembersihan material erupsi Gunung Semeru terus dilakukan. (Foto: MC Kab. Lumajang)

Dengan menggunakan alat berat, pembersihan material erupsi Gunung Semeru terus dilakukan. (Foto: MC Kab. Lumajang)

NYATANYA.COM, Lumajang – Yonzipur 10 Pasuruan terus gencar melakukan percepatan pembersihan material timbunan yang menutup rumah-rumah warga, di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hingga hari Minggu (12/12/2021).

Saat pembersihan tersebut, Operator Alat Berat Kopka Arlin mengatakan, bahwa dirinya dengan tetap berhati-hati saat pengerukan dan itu dilakukan secara bertahap, karena tumpukan meterial hingga dasar, dan target dilakukan pengerukan hingga dasar.

“Dipercepat sesuai instruksi pimpinan, tapi tetap berhati-hati dikhawatirkan nanti pada saat pengerukan material, mengenai sesuatu terlebih korban,” kata dia

Selain itu, dikatakan Arlin, bahwa dirinya tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terlebih pada lokasi yang dimungkinkan adanya korban.

Baca juga   Hari Kelima Pananganan Bencana Gunung Semeru

“Layaknya diinventarisir, lokasi-lokasi yang dimungkinkan ada korban yang belum ditemukan. Ini kaitannya dengan proses percepatan itu tadi, artinya kita tetap waspada,” ujarnya.

Demikian juga tanah yang menutupi ruas jalan menuju Gladak Perak, terus dikeruk dan dipindahkan. Ini sebagai upaya untuk mempercepat proses pembuatan jembatan baru, yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Akses jalan itu tepat berada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sejumlah pihak terlibat dalam kegiatan, di antaranya personel Komando Distrik Militer 0821 Lumajang.

Saat memberikan keterangan kepada Penerangan Kodim 0821, Plh Pasiops Kodim 0821 Lumajang Letda Inf Edy Suprayitno mengungkapkan, bahwa ruas jalan yang dibersihkan merupakan satu-satunya akses menuju ke jembatan geladak perak. Putus diterpa lahar panas pekan lalu saat terjadinya bencana.

Baca juga   Semeru Erupsi, BPBD Jatim Imbau Masyarakat Jauhi Daerah Aliran Sungai

“Dengan bersihnya akses jalan ini, maka jalur menuju ke jembatan perak, yang mana nantinya akan kembali di bangun, maka akan lancar. Makan dari itu, wujud dukungan upaya yang kami lakukan dalam halnya mendukung percepatan, salah satunya ya, yang kami lakukan saat ini,” ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya berterima kasih pada semua pihak yang terlibat. Diharapkan percepatan akan berjalan sesuai rencana awal yang ditentukan, sehingga akses yang sebelumnya terputus akan kembali seperti sediakala.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Proses pembongkaran Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi terus dikebut oleh Pemerintah Kota Surabaya, Selasa (22/3/2022). (Foto: selalu.id)

Peristiwa

Kerahkan Alat Berat, Pemkot Surabaya Kebut Pembongkaran TPS Pasar Turi
Polisi menunjukkan lokasi kecelakaan yang menewaskan pengendara sepeda motor. Foto: Dok.Polres Kulon Progo

Peristiwa

Bus Tabrak Motor di Pengasih Kulon Progo, Satu Orang Meninggal Dunia
Foto: Dok.SMA Kolese De Britto

Peristiwa

Obrolan Akhir Tahun Ajaran ala Guru SMA Kolese De Britto
Ganjar Pranowo bersepeda keliling kampung di Semarang, ingatkan panitia kurban taat prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Usai Salat Idul Adha, Ganjar Keliling Ingatkan Panitia Kurban Taat Prokes
Ratusan orang private party di kawasan Perumahan Khayangan, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022) dini hari. Foto: Ist

Peristiwa

Lagi Asyik Pesta Bikini Digerebek Polisi, Seluruh Pengunjung Tes Urine, Ternyata Hasilnya…
Jembatan Citatang, sebagai akses penghubung jalan kabupaten di kampung Cigombong, Desa Padasuka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, amblas karena tergerus derasnya aliran sungai yang mengalir di bawahnya. (Foto: BPBD Kab Cianjur)

Peristiwa

Jembatan Citatang Jebol Diterjang Hujan Deras yang Mengguyur Kabupaten Cianjur
Selain Enrica dan Ahmad, para petugas upacara di Donohudan memang mengenakan pakaian sesuai protokol kesehatan, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menjadi inspektur upacara. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pakai Hazmat Saat Kibarkan Bendera, Paskibraka: Jadi Tahu Beratnya Perjuangan Nakes
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat mengunjungi Sanggar Inklusi Permata Hati Kecamatan Polokarto, Rabu (23/2/2022). (Foto: MC Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Bupati Etik Suryani Dorong Tiap Kecamatan Miliki Sanggar Inklusi