Home / News

Sabtu, 18 September 2021 - 17:00 WIB

Pemda DIY Percepat Persertifikatan Aset Tanah JJLS

Salah satu ruas jalan baru JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan) yang dibangun di wilayah Girisubo Gunungkidul. (Foto: Agoes Jumianto)

Salah satu ruas jalan baru JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan) yang dibangun di wilayah Girisubo Gunungkidul. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemda DIY akan segera membentuk tim untuk menangani proses persertifikatan aset tanah yang dimiliki oleh Pemda DIY. Persertifikatan tanah tersebut akan dilakukan bagi tanah JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan) yang ditujukan untuk meningkatkan mobilitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir selatan.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji saat Rapat Koordinasi Persertifikatan Aset Tanah Pemda pada Jumat (17/9/2021) di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta yang digelar secara daring dan luring dan dihadiri Kepala-kepala OPD terkait.

Proses persertifikatan tanah dilakukan setelah proses pengadaan tanah selesai, ditandai dengan dilaksanakannya tahap penyerahan hasil berupa berita acara pelepasan hak atas tanah dan dokumen pengadaan tanah dari Kanwil BPN (Badan Pertanahan Nasional) kepada Dinas PUP-ESDM (Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral).

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Dampingi Gubernur DIY Lepas Start Lomba Lari 10K Mandiri Jogja Marathon 2022

Pemberkasan selanjutnya dilaksanakan oleh Dinas PUP-ESDM, lalu dilanjutkan oleh Kantor Pertanahan. Selanjutnya dilakukan proses ukur gabung untuk kemudian dilanjutkan permohonan SK hak dan pendaftaran hak.

Menurut Aji, hingga saat ini progres persertifikatan tanah JJLS telah berjalan di Kabupaten Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul. Luas tanah di Kulon Progo yang perlu dilakukan proses persertifikatan yaitu sebesar 296.284 m2 dengan 70 bidang. Sebanyak 51% atau 36 bidang telah terbit sertifikatnya.

Kabupaten Bantul dengan luas tanah 244.133 m2 terdiri dari 89 bidang, telah terbit sertifikatnya sebesar 64% atau 57 bidang. Sementara itu, Gunungkidul dengan luas 2.388.639 m2 terdiri dari 396 bidang, telah terbit sertifikatnya sebanyak 161 bidang atau 41%.

Baca juga   Jelang Ramadan, Stok Pangan di Jateng Aman

Sementara itu, untuk jalan provinsi di Gunungkidul, dari luas tanah 2.347.336 m2, sebesar 2.123.223 m2 telah bersertifikat dengan jumlah 186 sertifikat. Di Kabupaten Bantul, jalan provinsi yang sudah dibebaskan yaitu seluas 1.451.529 m2 dan yang telah bersertifikat yaitu sebesar 1.450.044 m2 atau sebanyak 530 sertifikat.

Sedangkan untuk wilayah Kulon Progo, total luas tanah yang perlu dibebaskan yaitu 1.857.346 m2. Tanah yang sudah bersertifikat yaitu seluas 1.642.249m2 dengan 427 sertifikat. Dengan pembentukan tim tersebut, diharapkan progres persertifikatan tanah dapat segera diselesaikan. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Angkasa Pura II

News

Seluruh Bandara di Indonesia Siap Terapkan Aturan Perjalanan Udara Terbaru, Begini Ketentuannya
Wakil Bupati Pekalongan, Riswadi, saat meninjau kegiatan Serbuan Vaksinasi di Desa Srinahan. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

News

Akhir 2021, Vaksinasi Covid-19 Pekalongan Ditarget Selesai
Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Polres Temanggung terus mengawasi penjualan dan distribusi minyak goreng curah untuk memastikan tidak ada penimbunan serta harga sesuai aturan yang ditetapkan. (Foto: MC.TMG)

News

Pemkab Temanggung Pastikan Tidak Ada Penimbunan Minyak Goreng Curah
Rancangan regulasi hak penerbit (publisher right) diharapkan bisa diterbitkan sebagai regulasi pada tahun ini, baik dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Presiden (Perpres). Foto: Wahyu Sudoyo/InfoPublik

News

Rancangan Hak Penerbit Diharapkan Terbit Tahun Ini
Siswa SMP di Kabupaten Temanggung mulai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Siswa SMP di Temanggung Mulai Divaksin Covid-19
Pasca erupsi Gunung Semeru, dilaporkan sekitar 41 warga yang terluka (luka bakar) telah dibawa ke Puskesmas Penanggal. Untuk warga yang luka bakarnya parah dirujuk ke Rumah Sakit Umum dokter Haryoto, RS Bhayangkara dan RS Pasirian. (Foto: MC Kab Lumajang)

News

Lumpur Setinggi Lutut Hambat Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq saat meninjau vaksinasi anak-anak di Puskesmas Jumo, Kecamatan Jumo, Selasa (8/2/2022). (Foto: MC TMG)

News

Temanggung Masuk PPKM Level 1, Bupati Minta Masyarakat Tetap Patuh Prokes
Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 secara virtual, Selasa (9/2/2022). (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

News

HPN 2022, Presiden Beri Tiga Opsi Wujudkan Industri Pers Kuat dan Sehat