Home / News

Senin, 28 Juni 2021 - 20:54 WIB

Pemda DIY Terus Maksimalkan Fasilitas Penanganan Pasien Covid-19

(Ilustrasi: nyatanya.com)

(Ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menekankan agar stok ketersediaan stok APD, oksigen, dan peralatan lain untuk penanganan pasien Covid-19 DIY selalu tercukupi. Hal ini diutarakan Sri Sultan seiring dengan meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 DIY dalam sepekan terakhir.

“Saya meminta dan mengingatkan supaya jauh-jauh hari untuk menambah lagi oksigen, sebelum persediaan oksigen itu habis, jangan sampai terlambat. Dan tak lupa mengingatkan agar proses dua juta vaksinasi setiap bulannya bisa segera diselesaikan,” ujar Sri Sultan kepada Kepala OPD DIY pada rapat terbatas yang digelar di Kepatihan, Senin (28/6/2021) pagi.

Sri Sultan menegaskan agar pemerintah mengambil keputusan untuk menentukan langkah penanganan Covid-19. Gubernur DIY juga meminta kepada OPD terkait untuk mengusahakan penambahan tenda ke pusat.

Baca juga   Megawati Ajak Seluruh Negara Gelorakan Kearifan Lokal Tri-Hita Karana

“Tadi kami juga berkoordinasi dengan Korem, nantinya tenda tersebut diprioritaskan untuk dipasang di halaman lingkungan Rumah Sakit untuk memudahkan SDM,” ungkap Gubernur DIY sebagaimana dirilis Humas Pemda DIY.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji melaporkan beberapa perkembangan diantaranya, dalam rangka mengantisipasi kurangnya tempat tidur di Rumah Sakit, ada rencana menggunakan calon RS Respati yang nanti akan dikelola oleh RS PDHI, dimana RS itu mampu menyediakan 11 ICU dan 30 kamar pasien.

“Sepenuhnya manajemen dan peralatan akan dikelola oleh RS PDHI, namun PDHI juga akan meminta bantuan peralatan kepada pemerintah,” jelas Aji.
Menurut informasi, Korem 072/Pamungkas telah mengumpulkan tenda dari beberapa Kodim. “Ada tujuh unit tenda serba guna dengan kapasitas lima puluh bed,” jelasnya lagi.

Baca juga   Kominfo dan Operator Telekomunikasi Segera Lakukan Pemulihan Dampak Gempa Bumi Cianjur

Aji menjelaskan agar Samator dapat didorong terus supaya kebutuhan oksigen bisa terpenuhi karena dua kontainer oksigen yang kemarin mungkin hanya untuk persediaan 10 hari ke depan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie melaporkan bahwa untuk saat ini ketersediaan APD masih cukup hanya saja untuk masker perlu ditambah.

“Mulai minggu depan kemungkinan vaksin untuk usia 15-18 tahun akan diperbolehkan,” terangnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Corona DIY Kembali Melonjak, Positif Covid-19 Tambah 892 Kasus
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bertemu serikat buruh di sela kunjungan kerjanya di Kota Surakarta, Sabtu (26/11/2022). Foto: Diskominfo Jateng

News

Dialog dengan Buruh, Ganjar Komitmen Tindaklanjuti Usulan Penyesuaian Upah
Salah satu rumah tidak layak huni yang diperbaiki menjadi layak huni. Tahun 2020 lalu Pemprov Jateng sudah merenovasi 75.230 unit RTLH. (Foto: Humas Jateng)

News

Pacu Penuntasan RTLH, Pemprov Jateng Akan Tingkatkan Dana Bankeupemdes
Pemkot Yogya menargetkan semua simpang dengan lampu lalu lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) akan dilengkapi Area Traffic Control System (ATCS). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Semua Simpang APILL di Kota Yogyakarta Bakal Dilengkapi ATCS
Sejumlah anggota kepolisian berjaga di lokasi penyekatan jalan pintu masuk Kota Singkawang di Jalan Kalimantan Kelurahan Condong Singkawang Barat, Selasa (13/7/2021). Penyekatan dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dilaksanakan selama 24 jam mulai tanggal 13 sampai dengan 20 Juli 2021 dengan melibatkan personel TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Singkawang. (Foto: MC Kota Singkawang/Eko)

News

Mendagri Terbitkan Instruksi Perpanjangan PPKM
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke Benhur Rentandatu, saat melakukan konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke. (Foto: Amir Riyadi/InfoPublik.id)

News

Dinas Pariwisata Merauke Tetap Perketat Prokes Objek Wisata dan PON Papua
Menko PMK Muhadjir. (Foto: Kemenko PMK)

News

Antisipasi Hujan, Pos Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Dipindahkan
Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan untuk SD dan PAUD perlu perlakuan yang sangat hati-hati sebab siswa pada kedua jenjang tersebut belum memungkinkan untuk menerima vaksin. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Belum Memungkinkan Terima Vaksin, PTM SD dan PAUD Harus Diwaspadai