Home / News

Senin, 28 Juni 2021 - 20:54 WIB

Pemda DIY Terus Maksimalkan Fasilitas Penanganan Pasien Covid-19

(Ilustrasi: nyatanya.com)

(Ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menekankan agar stok ketersediaan stok APD, oksigen, dan peralatan lain untuk penanganan pasien Covid-19 DIY selalu tercukupi. Hal ini diutarakan Sri Sultan seiring dengan meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 DIY dalam sepekan terakhir.

“Saya meminta dan mengingatkan supaya jauh-jauh hari untuk menambah lagi oksigen, sebelum persediaan oksigen itu habis, jangan sampai terlambat. Dan tak lupa mengingatkan agar proses dua juta vaksinasi setiap bulannya bisa segera diselesaikan,” ujar Sri Sultan kepada Kepala OPD DIY pada rapat terbatas yang digelar di Kepatihan, Senin (28/6/2021) pagi.

Sri Sultan menegaskan agar pemerintah mengambil keputusan untuk menentukan langkah penanganan Covid-19. Gubernur DIY juga meminta kepada OPD terkait untuk mengusahakan penambahan tenda ke pusat.

Baca juga   1.110 Ibu Hamil Ikuti Vaksinasi Covid-19 di UGM

“Tadi kami juga berkoordinasi dengan Korem, nantinya tenda tersebut diprioritaskan untuk dipasang di halaman lingkungan Rumah Sakit untuk memudahkan SDM,” ungkap Gubernur DIY sebagaimana dirilis Humas Pemda DIY.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji melaporkan beberapa perkembangan diantaranya, dalam rangka mengantisipasi kurangnya tempat tidur di Rumah Sakit, ada rencana menggunakan calon RS Respati yang nanti akan dikelola oleh RS PDHI, dimana RS itu mampu menyediakan 11 ICU dan 30 kamar pasien.

“Sepenuhnya manajemen dan peralatan akan dikelola oleh RS PDHI, namun PDHI juga akan meminta bantuan peralatan kepada pemerintah,” jelas Aji.
Menurut informasi, Korem 072/Pamungkas telah mengumpulkan tenda dari beberapa Kodim. “Ada tujuh unit tenda serba guna dengan kapasitas lima puluh bed,” jelasnya lagi.

Baca juga   Vaksinasi di Karimunjawa Ditargetkan Selesai Tiga Hari

Aji menjelaskan agar Samator dapat didorong terus supaya kebutuhan oksigen bisa terpenuhi karena dua kontainer oksigen yang kemarin mungkin hanya untuk persediaan 10 hari ke depan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie melaporkan bahwa untuk saat ini ketersediaan APD masih cukup hanya saja untuk masker perlu ditambah.

“Mulai minggu depan kemungkinan vaksin untuk usia 15-18 tahun akan diperbolehkan,” terangnya. (*)

Share :

Baca Juga

Logo Pemerintah Kabupaten Sleman. (nyatanya.com)

News

Bupati Sleman: Di Rumah Saja untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19
Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap seorang pria berinisial T alias AR atas dugaan tindak pidana terorisme. (Foto: Divisi Humas Polri)

News

Densus 88 Tangkap Pentolan Teroris Lajnah
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Positif Covid-19 DIY Tambah 2.282 Kasus, Sembuh 1.241 Kasus
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

60 Warga Mertoyudan Sembuh dari Covid-19
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo: Serapan Anggaran Covid Jateng 17,28% Bukan 0,15%
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

PPKM Darurat, Mobilitas DIY Turun di Atas 10%
Ganjar Pranowo ngobrol dengan salah satu murid SDN Kedungpane 02. (Foto: Humas Jateng)

News

PTM Terbatas Berjalan Baik, Sejumlah Sekolah Berlakukan Pembelajaran “Hybrid”
Sri Sultan HB X. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

News

Kasus Corona Melonjak, Sri Sultan: Jangan Anggap Enteng