Home / Plus

Kamis, 18 November 2021 - 15:39 WIB

Pemdes Kalirejo Gelar Pelatihan Membuat Blangkon

Warga Desa Kalirejo antusias ikuti pelatihan membuat blangkon. (Foto: humas/beritamagelang)

Warga Desa Kalirejo antusias ikuti pelatihan membuat blangkon. (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang mengikuti pelatihan membuat blangkon, Rabu (17/11/2021). Kegiatan tersebut digelar di Dusun Krajan Desa Kalirejo setiap hari Rabu.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Desa Kalirejo terkait optimalisasi pemberdayaan masyarakat.

“Desa Kalirejo sudah menyandang predikat sebagai Desa Inspirasi. Untuk itu kegiatan pemberdayaan masyarakat harus terus ditingkatkan. Salah satu kegiatannya adalah pelatihan membuat blangkon,” kata Agus Prastya, Kepala Desa Kalirejo.

Menurutnya, blangkon merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa yang harus terus dijaga kelestariannya. Salah satu cara menjaga kelestariannya adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan blangkon kepada generasi muda.

Baca juga   Ini Kisah Anak Muda Pengusaha Batik Asal Jatim Langganan Pejabat

“Untuk anggaran pelatihan itu kita alokasikan dengan Dana Desa. Sudah mulai 2019 kami menyediakan anggaran untuk pemberdayaan, termasuk pelatihan membuat blangkon ini,” lanjutnya.

Dedi Panggung Suprabowo selaku mentor pelatihan pembuatan blangkon mengatakan peserta pelatihan itu adalah pemuda-pemudi dan warga di wilayah Desa Kalirejo.

“Sementara ini materi yang kami berikan berupa pembuatan blangkon gaya Yogyakarta atau Mataraman,” kata Dedi.

Baca juga   11 Warga Bandongan Sembuh Covid-19

Dirinya yang juga ASN di Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Magelang mengharapkan kegiatan pelatihan tersebut dapat memberikan keterampilan baru bagi pemuda-pemudi Desa Kalirejo.

“Desa Kalirejo ini juga letaknya tidak begitu jauh dari wilayah Borobudur, sehingga blangkon ini dapat menjadi produk suvenir yang dapat diproduksi secara mandiri. Atau bisa juga menciptakan lapangan kerja pembuatan Blangkon Alusan untuk perlengkapan busana Jawa,” jelasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 30 siswa SMA Negeri 2 Temanggung disiapkan menjadi agen perubahan antiperundungan. (Foto:Diskominfo Jateng)

Plus

SMAN 2 Temanggung Siapkan Agen Anti Bullying
Launcing Indikasi Geografis Gebyar Batik Nitik DIY bertempat di Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Bantul (23/11/2021). (Foto: Humas Bantul)

Plus

Launching Indikasi Geografis Gebyar Batik Nitik DIY
Ita Syarifah saat menunjukkan Kain Ecoprint Corak Alam miliknya. (Foto: Humas/beritamagelang)

Plus

Ecoprint Corak Alam Digemari Pecinta Fashion
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat mengunjungi Eyang Soegijo Saputro di kediamannya di Gondokusuman Yogyakarta Minggu (14/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Plus

Eyang Soegijo Saputro, Saksi Hidup Lahirnya Hari Kesehatan Nasional
Dengan kain ecoprint produksinya, menjadi salah satu penyemangat Sanggar Pawonjogan untuk terus berbagi kepada banyak orang. (Foto: agoes jumianto)

Plus

Sanggar Pawonjogan, Bangun Semangat Berbagi dan Tak Ingin Menyerah dengan Pandemi
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima bibit pohon dari Fahmi Ali dan Lukman, yang berkeliling Indonesia mengkampanyekan menanam pohon. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Plus

Bersepeda Keliling Indonesia, Fahmi dan Lukman Kampanyekan Menanam Pohon
Kriya Kayu Rik Rok di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. UMKM pengolahan kerajinan kayu dari limbah kayu ini mendapatkan manfaat dari pendampingan Pemprov Jateng. (Foto: Diskominfo Jateng)

Plus

Dikunjungi Ganjar, UMKM Kriya Kayu Rik Rok Magelang Makin Moncer
Gus Yasin mengapresiasi kreativitas para santri Pondok Pesantren Al Ma’wa Kendal, yang mampu memproduksi berbagai jenis pesawat aeromodeling. (Foto: Humas Jateng)

Plus

Diapresiasi Gus Yasin, Santri Kreatif Ini Produksi Pesawat Aeromodeling