Home / News

Selasa, 5 Oktober 2021 - 08:45 WIB

Pemerintah akan Uji Coba PPKM Level Satu di Blitar

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan, pemerintah akan mulai melakukan uji coba PPKM level satu (new normal) di Kota Blitar, Jawa Timur. (Foto: Humas Kemenko Marves/Istimewa)

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan, pemerintah akan mulai melakukan uji coba PPKM level satu (new normal) di Kota Blitar, Jawa Timur. (Foto: Humas Kemenko Marves/Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan, pemerintah akan mulai melakukan uji coba Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu (new normal) di Kota Blitar, Jawa Timur.

Menurut Luhut, uji coba implementasi PPKM level satu ini karena Kota Blitar telah memenuhi syarat indikator World Health Organization (WHO) dan target cakupan vaksinasi dosis satu 70 persen serta vaksinasi lansia dosis satu 60 persen.

“Penerapan PPKM level satu akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal. Untuk mengimbangi hal tersebut dilakukan tindakan surveillance, testing, tracing dan penerapan protokol kesehatan,” kata Luhut dalam jumpa pers evaluasi mingguan PPKM Jawa-Bali, Senin (4/10/2021).

Luhut menambahkan, saat ini juga sudah dibentuk tim yang terdiri dari para ahli untuk memonitor pelaksanaan PPKM level satu di kota Blitar.

“Kalau berhasil, kita akan kembangkan ke kota-kota lain agar bisa masuk ke level satu juga,” ujarnya.

Baca juga   Corona di Yogya Meledak, Hari Ini Tambah 830 Kasus Positif

Luhut menjelaskan, Pemerintah akan melakukan pengawasan ketat dengan memonitor seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat di wilayah Kota Blitar agar dapat segera merespons keadaan darurat yang mungkin datang secara tiba-tiba.

Kebijakan ini diambil menyusul semakin turunnya kasus positif Covid-19 di Indonesia. Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan Kasus konfirmasi Jawa Bali juga menunjukan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 Juli 2021 lalu.

“Tingkat reproduksi efektif di Jawa Bali juga sudah berada dibawah 1, dan khusus untuk Bali masih di angka 1. Selain itu jumlah testing yang dilakukan perhari terus mengalami peningkatan sehingga dapat menurunkan tingkat positivity rate yang sudah berada dibawah 1,” pungkasnya.

Untuk itu, lanjut Luhut, dalam Penerapan PPKM Level yang akan diberlakukan selama dua minggu ke depan, pemerintah melakukan berbagai penyesuaian antara lain pembukaan pusat kebugaran/fitness centre dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan pemberlakuan prokes ketat dan Screening PeduliLindungi pada wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

Baca juga   23 Siswa Selesai Isoman, MTs Rengging Akan PTM Kembali

Gerai makanan dan minuman di dalam bioskop diperbolehkan buka namun kapasitas bioskop tetap diberlakukan 50 persen. Hal ini akan berlaku untuk kota-kota level 3, 2 dan 1.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan dibuka untuk internasional pada 14 Oktober 2021 selama memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, test, dan kesiapan satgas.

Setiap penumpang kedatangan internasional harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal 8 hari dengan biaya sendiri.

“Hari ini berbagai capaian dari pengendalian pandemi tersebut tentu harus kita syukuri. Namun Wakil Presiden dalam ratas tadi mengingatkan agar kita tetap waspada dan hati-hati. Risiko peningkatan kasus masih tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu,” tutupnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin salah satu tim mengunjungi SDN 3 Klaten, SMPN 6 Klaten, dan SDN 1 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Cegah Klaster PTM, Pemkab Klaten Terjunkan Tim Khusus Pantau Prokes
Hotel Grand Tjokro Yogyakarta, salah satu hotel yang menyediakan fasilitas isoman pasien Covid-19. (Foto: grantjokro.com)

News

Bantu Pulihkan Ekonomi, Danais Dukung Pengadaan Peralatan Kesehatan 9 Hotel Isoman
Ganjar Pranowo mengatakan, Pemprov Jateng menyiapkan tempat karantina khusus, bagi atlet dan ofisial Jateng, sepulang berlaga di PON XX Papua, untuk memastikan kondisi mereka tidak membawa virus Corona atau penyakit lainnya setelah bertanding. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Pemprov Jateng Siapkan Tempat Karantina untuk Atlet PON XX Papua
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke Benhur Rentandatu, saat melakukan konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke. (Foto: Amir Riyadi/InfoPublik.id)

News

Dinas Pariwisata Merauke Tetap Perketat Prokes Objek Wisata dan PON Papua
Gerhana Bulan total. Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Catat, 26 Mei 2021 Terjadi Super Blood Moon
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

Cegah Klaster Baru, Bubarkan PTM yang Digelar Tanpa Izin
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

News

Turun Level 2, Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus Pemkot Pekalongan
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Diklat Jateng dan Asrama Haji Donohudan Jadi RS Darurat Covid-19