Home / Peristiwa

Minggu, 30 Januari 2022 - 15:11 WIB

Pemerintah Canangkan Hutan Keistimewaan Nangka di Karangmojo Gunungkidul

Pencanangan Hutan Keistimewaan Nangka Karangmojo, di Gunung Kidul, Provinsi DIY oleh Kemenko Polkam dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Pemda DIY. (Foto: Biro Humas KLHK)

Pencanangan Hutan Keistimewaan Nangka Karangmojo, di Gunung Kidul, Provinsi DIY oleh Kemenko Polkam dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Pemda DIY. (Foto: Biro Humas KLHK)

NYATANYA.COM, Gunungkidul – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polkam) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencanangkan Hutan Keistimewaan Nangka Karangmojo, di Gunung Kidul, Provinsi DIY.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, Hutan Keistimewaan Nangka akan berkontribusi dalam penyediaan lahan untuk penanaman pangan, maupun melalui program lainnya yang mendukung produksi pangan dari sektor kehutanan.

“Oleh karenanya, Hutan Keistimewaan Nangka ini menjadi hal yang sangat strategis. Karena di samping konteks keistimewaan dan kearifan lokalnya, keberadaanya turut berkontribusi terhadap kelestarian budaya dan lingkungan,” kata Menteri LHK dalam keterangan resmi yang diterima InfoPublik terkait Pencanangan Hutan Keistimewaan Nangka Karangmojo, di Gunung Kidul, Provinsi DIY pada Sabtu (29/1/2022).

Baca juga   DPC PDIP Kota Jogja Gembleng Semangat Kader Guna Wujudkan Kesejahteraan Rakyat 

Acara ini dihadiri Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Bupati Gunung Kidul Sunaryanta, yang kemudian melakukan penanaman pohon nangka bersama para pejabat yang turut hadir.

Menurut Menteri LHK kebutuhan pohon nangka di DIY cukup besar, karena provinsi ini dikenal akan kuliner gudeg.

Selain itu, lanjutnya, kayu pohon nangka juga diperlukan karena memiliki fungsi penting sebagai bahan baku pembuatan gamelan.

Baca juga   Hari Ini 2.942 Warga DIY Sembuh Covid-19

“Ke depan, kawasan ini dapat dimanfaatkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Pola yang dapat dikembangkan misalnya pariwisata berbasis ekowisata,” katanya.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X berharap Hutan Keistimewaan Nangka Karangmojo membawa manfaat untuk masyarakat.

Oleh karenanya Gubernur DIY menegaskan pihaknya dan kepolisian akan melarang siapapun yang akan mengambil pohon di Hutan Keistimewahan

“Misalkan nanti buahnya mau diambil silahkan, tapi pohonnya jangan diambil dulu. Jadi kayunya memang bukan diperuntukan untuk keperluan meubel, tapi untuk pembuatan gamelan,” katanya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Setiap warga yang hendak masuk, diperiksa identitasnya secara seksama. Babinsa Jogotrunan Koramil 0821/01 Lumajang Sertu Darsono Laode saat kegiatan tersebut mengatakan, bahwa penjagaan merupakan salah satu poin diantaranya mencegah terjadinya aksi pencurian, harta benda milik warga (korban). (Foto: MC Kab. Lumajang/Pendim 0821)

Peristiwa

Masuk Kawasan Terdampak Erupsi Semeru, Masyarakat Wajib Tunjukkan Identitas
Gibran Rakabuming Raka menerima bantuan tahap kedua dari Bank Indonesia. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

BI Kembali Salurkan Bantuan Tabung Oksigen untuk Surakarta
PT Angkasa Pura/AP I bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkuat sistem mitigasi bencana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melalui pemasangan sistem penerima informasi gempa bumi dan tsunami atau Warning Receiver System (WRS) New Generation. (Foto: Angkasa Pura I)

Peristiwa

Bandara I Gusti Ngurah Rai Kini Miliki Pendeteksi Gempa dan Tsunami Generasi Terbaru
Ganjar Pranowo mengapresiasi keterlibatan perguruan tinggi dalam penanganan Covid-19 di Jateng. (Foto:nyatanya.com/HUmas Jateng)

Peristiwa

UIN Walisongo Hibahkan Gedungnya untuk Isolasi Terpusat
Sinergi BUMN Peduli menyerahkan 325 ponsel bagi siswa-siswi SD sampai SMA di DIY dan Jateng. (Foto: dokumentasi media_twc)

Peristiwa

Sinergi BUMN Peduli Pendidikan, Serahkan Ponsel Bagi Pelajar di DIY Jateng
Wagub DIY KGPAA Paku Alam X dengan didampingi Kadinkes DIY drg. Pembajun Setyaningastutie meninjau kick off booster vaksinasi, Kamis (13/1/2022) di JEC, Bantul. Secara serentak, kick off ini juga diikuti oleh kabupaten/kota di seluruh DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sebanyak 472.800 Lansia DIY Ditargetkan Mendapat Booster Vaksinasi Covid -19
Petugas Polsekta Gedongtengen Polresta Yogyakarta saat gelar operasi pekat di cafe kawasan Sarkem. (Foto: Humas Polresta Yogya)

Peristiwa

Gelar Operasi Pekat, Polisi Sita Puluhan Botol Miras di Sejumlah Cafe di Sarkem
Bupati Temanggung, HM Al Khadziq dalam acara Tasyakuran dan Resepsi dalam rangka Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama RI di Gedung Graha Bhumi Phala, Komplek Setda Kabupaten Temanggung, Rabu (12/1/2022). (Foto: MC TMG)

Peristiwa

Bupati: Temanggung Berkomitmen Tidak Ada Perbedaan Golongan, Ras, Agama, dan Politik