Home / News

Kamis, 24 Maret 2022 - 00:03 WIB

Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran Asal Sudah Vaksin Lengkap

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

NYATANYA.COM, Jakarta – Tahun ini pemerintah akan mengizinkan mudik atau pulang kampung pada perayaan Idul Fitri 2022 asalkan pemudik sudah mendapat vaksin dosis pertama dan kedua serta dosis penguat (booster) vaksin Covid-19.

“Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran juga dipersilahkan, diperbolehkan, dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers daring dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Baca juga   Bupati Sragen Turun Langsung Vaksinasi Lansia

Presiden juga mengingatkan setiap aktivitas dalam mudik harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.

Pemerintah mengizinkan aktivitas mudik pada tahun ini karena mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 yang terus membaik. Perbaikan situasi pandemi Covid-19 membawa optimisme menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2022.

Selain itu, pada Ramadhan tahun ini, kata Presiden, umat muslim juga dapat menjalankan shalat tarawih berjamaah di masjid.

“Tahun ini umat muslim dapat shalat tarawih di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya sebagaimana disiarkan brnews.id

Baca juga   Diskominfo Keluarkan Jadwal Migrasi TV Biasa ke Digital

Meskipun demikian, pemerintah pada 2022 masih melarang pejabat dan pegawai pemerintah menyelenggarakan buka puasa bersama dan juga griya lebaran atau open house.

“Semoga tren yang semakin membaik ini dapat kita pertahankan. Saya minta kita semuanya tetap jalankan protokol kesehatan, disiplin pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak,” kata Presiden Jokowi.

(Antara/Ulul/N1)

Share :

Baca Juga

Kepala Dinkes Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto. (Foto: MC Batang)

News

Musim Hujan Tiba, DBD Masih Jadi Ancaman di Batang
Opening Remarks 2nd DEWG Meeting yang berlangsung hibrida dari Hotel Tentrem, Yogyakarta, Selasa (17/5/2022). Foto: Amiriyandi/InfoPublik

News

Menkominfo Yakin 2nd DEWG G20 Meeting akan Rekomendasikan Penguatan Konektivitas Digital
Kepala Dinas Kesehatan, Purwanti SKM, M.Kes. (Foto: Humas Karanganyar)

News

Pemkab Karanganyar Fasilitasi Vaksinasi Bagi CASN
Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno melepas keberangkatan angkutan balik gratis Pemprov Jateng 2022 di Stasiun Poncol Semarang, Minggu (8/5/2022). (Foto: Humas Jateng)

News

4 Gerbong KA Angkutan Balik Rantau Gratis Pemprov Jateng Diberangkatkan
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menandatangani nota kesepakatan. Dijelaskan Bupati nota kesepakatan ini adalah sebagai bentuk kerja sama untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta untuk mencegah, mengungkap, dan menindak para pelaku kriminal. (Foto: Humas Sleman)

News

Pemkab Sleman Teken Kesepakatan Pemanfaatan CCTV untuk Keamanan Wilayah DIY
Rapat Paripurna ke-26 masa persidangan V DPR RI tahun sidang 2021-2022, yang menyetujui tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Foto: ANTARA

News

Mengenal Papua Pegunungan, Satu-satunya Provinsi yang Tidak Memiliki Batas Laut
Foto: Angkasa Pura I

News

Kasus Harian Covid-19 Melonjak, Pemerintah Keluarkan Aturan Terbaru Perjalanan Udara
Pemkot Yogyakarta dan Pemkot Surakarta melakukan penandatanganan kerja sama mengembangkan kawasan aglomerasi, untuk pengembangan berbasis pariwisata, ekonomi, dan sport. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Genjot Ekonomi Kedua Kota, Walikota Yogya dan Surakarta Teken Kerja Sama