Home / News

Jumat, 25 Februari 2022 - 10:50 WIB

Pemerintah Komitmen Lakukan Transisi Energi dari Fosil ke EBT

Presiden Joko Widodo ketika memberikan pidato di Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 MW dan PLTA Malea Energy 90 MW pada Jumat (25/2/2022). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo ketika memberikan pidato di Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 MW dan PLTA Malea Energy 90 MW pada Jumat (25/2/2022). (Foto: BPMI Setpres)

NYATANYA.COM, Poso – Permintaan terhadap penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di seluruh dunia semakin tinggi dari waktu ke waktu. Peluang itu harus dimanfaatkan secara optimal oleh Indonesia untuk turut mengembangkannya, karena potensi EBT yang dimiliki.

Potensi EBT Indonesia mencapai 418 Megawatt (MW) mulai dari tenaga surya, panas bumi (geothermal), tenaga angin, hingga tenaga air atau hydro power.

Demikian ditegaskan Presiden Joko Widodo ketika memberikan pidato di Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 MW dan PLTA Malea Energy 90 MW pada Jumat (25/2/2022).

“Sekarang global memberikan support kepada seluruh negara untuk menggeser pemakaian energi fosil menjadi energi hijau atau EBT,” kata Presiden Joko Widodo.

Baca juga   Habiskan Rp30 Miliar, Huta Siallagan Kini Makin Berkelas

Dalam menyikapi tren penggunaan EBT itu, lanjut Presiden, pemerintah menargetkan pada 2025 emisi karbon harus mencapai angka 23 persen, pada 2030 29 persen, hingga pada akhirnya di 2060 emisi karbon di tanah air dapat mencapai 0 persen artinya Net-Zero Emision.

Semua target itu, dapat direalisasikan dengan implementasi pembangunan infrastruktur pendukung EBT dalam beberapa waktu ke depan. Dengan begitu, capaian-capaian itu dapat dipenuhi sesuai kesepakatan.

“Target itu, tidak mudah dikejar. Karena harus mempertimbangkan antara pertumbuhan permintaan dan pertumbuhan listrik. Jangan sampai ada kelebihan,” kata Presiden.

Baca juga   Iriana Jokowi: Hari Kartini 2022, Era Kebangkitan Perempuan Indonesia Lawan Pandemi

Selanjutnya, pemerintah juga mendorong perizinan usaha sektor energi EBT dapat semakin dipermudah. Persyaratan perizinan dari mulai pusat hingga daerah dapat semakin dipermudah dapat disederhanakan hingga pengurusan itu dapat dilakukan lebih cepat.

Niscaya, kata Kepala Negara, dengan melakukan hal itu, perusahaan yang akan terjun dalam pembangunan infrastruktur EBT dapat tumbuh semakin subur di masa mendatang. Karena adanya kebijakan yang membuat perizinan itu semakin mudah dilakukan.

“Semoga nanti yang berikutnya bisa dilancarkan semuanya, sehingga target kita dalam rangka energi hijau dan benar-benar bisa kita lakukan,” pungkas Presiden.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pencarian korban APG Gunung Semeru terus dilakukan oleh Tim SAR BPBD dan para relawan. Sampai saat ini sudah ada 22 korban meninggal dunia dan 54 korban luka yang sudah mendapatkan perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: MC Kab. Lumajang/Fd)

News

Proses Pencarian Korban Erupsi Semeru Terus Dilakukan, Meninggal Jadi 22 Orang
Sodik, SH, kuasa hukum CV. Samitra Jaya mengungkapkan, kliennya secara resmi mengajukan kasasi melalui Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya. (Foto: Istimewa)

News

Tak Puas dengan Putusan Hakim, Samitra Jaya Resmi Ajukan Kasasi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) didampingi Gubernur Bali Wayan Koster (kanan) meninjau Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Sekar Tanjung, Desa Sanur Kauh, Denpasar, Bali, Kamis (25/11/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj)

News

Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 Libur Nataru, Ini Syarat dan Ketentuannya
Kapolres menyematkan pita tanda petugas operasi patuh candi 2023. (foto: istimewa)

News

Polres Karanganyar Gelar Operasi Patuh Candi 2023
Tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Presiden dan Ibu Iriana disambut seperti penyambutan resmi pemimpin negara G20. Foto: BPMI Setpres

News

Tiba di Bali, Presiden Tinjau Persiapan KTT G20
Ilustrasi, KPU Kota Yogyakarta memastikan tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos. Foto: Istimewa

News

Pemerintah Komitmen Jaga Netralitas ASN Saat Pemilu dan Pilkada
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

BMKG: Tetap Waspada, Masih Ada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

News

Pemotor Cewek di Tipu Pria Ngaku Ustadz, Polisi: Pelaku Residivis