Home / News

Sabtu, 16 April 2022 - 20:23 WIB

Pemerintah Segera Cairkan THR ASN dan Gaji ke-13, Berikut Jadwal dan Ketentuannya

Menkeu Sri Mulyani. (Foto:Istimewa/InfoPublik.id)

Menkeu Sri Mulyani. (Foto:Istimewa/InfoPublik.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah siap menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan tahun 2022.

Hal ini dilakukan seiring dengan diberikannya berbagai tambahan dukungan bantalan ekonomi bagi masyarakat secara luas, khususnya golongan miskin dan rentan, sekaligus melengkapi strategi stimulasi ekonomi nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, ketentuan pemberian THR dan gaji ke-13 tersebut dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Pencairan THR direncanakan dimulai pada periode 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Namun, jika THR belum dapat dibayarkan pada periode tersebut karena masalah teknis, maka THR tetap dapat dibayarkan setelah Idul Fitri.

Baca juga   Kasus Posititif Covid-19 DIY Tambah 1.862, Sembuh 1.125 Kasus

Sedangkan Gaji ke-13 akan dibayarkan pada bulan Juli 2022 untuk kebutuhan pendidikan putra/i ASN, TNI, Polri.

“Kebijakan ini diharapkan akan juga mendorong percepatan ekonomi nasional dengan menambah daya beli masyarakat. Ini juga dilakukan dengan upaya terus membantu kelompok masyarakat yang paling rentan melalui penambahan dan penebalan bantuan sosial termasuk kepada para pedagang kaki lima pangan yang juga menghadapi tekanan kenaikan harga,” kata Menkeu pada Press Statement THR dan Gaji 13 secara daring, Sabtu (16/4/2022).

Menkeu melanjutkan, seiring dengan pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 yang semakin baik, serta APBN mulai menunjukkan pemulihannya, kebijakan pemberian THR dan Gaji ke-13 dilakukan penyesuaian.

Baca juga   Arus Balik, Pemudik Motor Mulai Memadati Jalur Pantura

THR dan gaji ke-13 diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok, serta 50% tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Bagi instansi pemerintah daerah, paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Kebijakan pemberian THR dan gaji ke 13 tersebut diharapkan akan bisa terus memberikan faktor yang makin kondusif untuk masyarakat dalam beraktivitas dan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan sekaligus juga untuk terus membantu pemulihan ekonomi Indonesia,” kata Menkeu.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Jembatan Gladak Perak di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur runtuh diterjang lahar dingin Gunung Semeru. (Foto: MC Kab. Lumajang)

News

Jembatan Gladak Perak di Lumajang Ambruk, Jalur Lalu Lintas Dialihkan
Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Hadapi Libur Akhir Tahun Pemkot Yogya Siagakan Kembali Satgas Covid-19
Ganjar Pranowo ngobrol dengan salah satu murid SDN Kedungpane 02. (Foto: Humas Jateng)

News

PTM Terbatas Berjalan Baik, Sejumlah Sekolah Berlakukan Pembelajaran “Hybrid”
Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Arema FC, Abdul Haris usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Mapolda Jatim. Foto: selalu.id

News

Sebut Atas Arahan Kapolres, Ketua Panpel Arema FC Akui Keluarkan 43 Ribu Tiket
Wamenhan RI M. Herindra mengatakan pemerintah membuka peluang terobosan bagi investasi industri pertahanan (Inhan). Foto: Biro Humas Kemhan

News

Pemerintah Buka Peluang Investasi Industri Pertahanan, Ini Kata Wamenhan Herindra
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

Ganjar Turunkan Tim, Gelar Diskusi dengan Warga Wadas
Sebanyak 6.000 santri di bawah Yayasan Syubbanul Wathon sudah divaksinasi Covid-19 melalui program Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Ribuan Santri Ponpes Syubbanul Wathon Divaksinasi Covid-19
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Kelurahan Mangkang Wetan yang terkena banjir dari luapan Kali Beringin, Semarang, Selasa (8/11/2022). Foto: Humas Jateng

News

Cegah Banjir Mangkang Wetan, Ganjar Minta BBWS Bikin Tanggul Sementara