Home / News

Kamis, 27 Januari 2022 - 22:27 WIB

Pemerintah Siapkan Konektivitas Transportasi untuk MotoGP 2022 Mandalika

Sebuah pesawat melintas di atas KM Kirana VII saat peresmian pengoperasiannya di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Sabtu (18/12/2021). KM Kirana VII akan melayani rute penyeberangan Surabaya-Lombok untuk mengembangkan sektor transportasi dan pariwisata termasuk untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika tahun 2022. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym)

Sebuah pesawat melintas di atas KM Kirana VII saat peresmian pengoperasiannya di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Sabtu (18/12/2021). KM Kirana VII akan melayani rute penyeberangan Surabaya-Lombok untuk mengembangkan sektor transportasi dan pariwisata termasuk untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika tahun 2022. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah memastikan kesiapan konektivitas transportasi baik darat, laut, maupun udara, serta penerapan protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan ketat, menghadapi adanya potensi lonjakan penumpang saat perhelatan MotoGP Mandalika Maret 2022 mendatang.

“Kami khususnya di sektor transportasi punya banyak pengalaman dan pembelajaran dari penyelenggaraan World Superbike (WSBK) tahun lalu, untuk mempersiapkan infrastruktur transportasi, baik itu prasarana maupun sarana dalam rangka mendukung gelaran MotoGP 2022 yang aman, nyaman, dan sehat di tengah suasana pandemi Covid-19,” kata Juru Bicara (Jubir) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, dalam keterangan resminya secara virtual, Kamis (27/1/2022).

Adita mengatakan, terdapat dua antisipasi yang akan dilakukan. Pertama, mengantisipasi kedatangan para peserta dan tim official dari luar negeri. Kedua, mengantisipasi penonton yang datang, baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

“Jumlah penonton MotoGP diperkirakan akan lebih banyak dari WSBK. Diperkirakan lebih dari 150.000 orang penonton akan hadir, belum lagi tim official dan atletnya yang ini tentu membutuhkan sarana transportasi untuk mobilitas,” ujar Adita.

Untuk moda udara, Kemenhub telah mempersiapkan tiga bandara sebagai akses menuju perhelatan MotoGP Mandalika 2022. Sebagai pintu masuk pelaku perjalanan dari luar negeri, Bandara Soekarno – Hatta (Soetta) di Cengkareng-Jakarta dan Bandara di Denpasar-Bali.

Baca juga   Cadangan Devisa Indonesia Capai 139,1 Miliar Dolas AS

“Kemudian kami juga mengusulkan Bandara Zainuddin Abdul Madjid atau yang dikenal dengan Bandara Lombok agar juga bisa menjadi pintu masuk penerbangan internasional untuk perhelatan ini,” kata Adita.

Sementara terkait prokes, Jubir Kemenhub ini menjelaskan bahwa proses kedatangan para peserta, dan tim official dari luar negeri ke bandara akan menerapkan prokes secara ketat dengan mekanisme travel bubble, untuk mengantisipasi resiko penularan Covid-19.

“Kami akan merujuk kepada apa yang nanti ditetapkan oleh satuan tugas penanganan Covid-19, termasuk aturan mengenai pelaku perjalanan luar negeri, khususnya penonton, official maupun para atlet pebalap. Prinsipnya adalah bahwa transportasi yang digunakan agar tidak menjadi tempat terjadinya transmisi penularan Covid-19,” jelas Adita.

Di samping itu, peningkatan pengawasan juga akan dilakukan baik oleh operator bandara, operator pelabuhan, maskapai ataupun operator sarana transportasi darat. Di antaranya syarat vaksinasi, pengisian riwayat perjalanan, penggunaan peduli lindungi, PCR, dan yang tidak kalah penting adalah aturan mengenai karantina.

Baca juga   Pengaspalan Ulang Selesai, Sirkuit Mandalika Siap Dilintasi dengan Kecepatan 300 Km/jam

Adita menambahkan, demi suksesnya gelaran MotoGP Mandalika 2022 pihaknya juga membutuhkan peran serta aktif dan kerja sama dari masyarakat setempat, serta para penonton yang kemungkinan besar berasal dari masyarakat Indonesia untuk sama-sama mempunyai kesadaran menjaga kesehatan, sehingga kita semua aman dan nyaman dalam menikmati gelaran event ini.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, telah melakukan peninjauan ke Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok.

Menhub mengatakan, terminal penumpang bandara yang juga dikenal dengan Bandara Lombok ini telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun.

Apron Bandara Lombok kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, dan memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 3.300 meter yang bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777.

Kemenhub juga telah menyiapkan jadwal penerbangan secara komuter dari Lombok ke Bali dan sebaliknya.

Sementara untuk melancarkan mobilitas dari bandara menuju sirkuit Mandalika, Kemenhub telah menyiapkan sejumlah bus shuttle, menyesuaikan dengan jumlah peserta, tim ofisial dan penonton yang terdaftar.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Mengantisipasi semakin merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ruminansia, Pemerintah Kabupaten Semarang berencana memperpanjang penutupan pasar hewan di seluruh wilayah. Foto: Diskominfo Jateng

News

Antisipasi Merebaknya PMK, Pemkab Semarang Berencana Perpanjang Penutupan Pasar Hewan
KPK menetapkan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penerimaan calon mahasiswa baru pada Unila 2022. Foto: Ist

News

Rektor Unila Karomani Tersangka Suap Penerimaan Mahasiswa Baru
Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI/SekPres)

News

Bahan Baku Melimpah, Indonesia Bisa Jadi Pemain Kunci Kendaraan Listrik
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga. (Foto: Kemen PPPA)

News

Menteri PPPA Berharap Oknum Kapolsek Parigi Moutong Diberi Sanksi Berat
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Matraman, Jakarta, Selasa (16/11/2021). Kementerian Kesehatan mencatat cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah melampaui target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekurang-kurangnya 40 persen populasi pada akhir 2021.(Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)

News

Capaian Vaksinasi Covid-19 Indonesia Lampaui Target WHO
Ilustrasi vaksinasi di Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Magelang Capai 81 Persen
BNPB melaporkan hingga Senin (6/12/2021) pukul 17.30 WIB, tercatat ada 22 orang yang meninggal dunia, dan 27 korban hilang akibat bencana erupsi Gunung Semeru. (Foto: BNPB)

News

Update! 22 Orang Meninggal, 27 Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. Foto: menpan.go.id

News

Status Pegawai Non-ASN Harus Ditentukan Paling Lambat 28 November 2023