Home / Peristiwa

Kamis, 25 November 2021 - 18:55 WIB

Pemkab Bantul Gelar Musabaqah Tilawatil Quran 2021

Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2021 ini dilaksanakan di Institut Ilmu Al-Quran An Nur Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2021 ini dilaksanakan di Institut Ilmu Al-Quran An Nur Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemkab Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Pemkab Bantul Gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MRQ) 2021. Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2021 ini dilaksanakan di Institut Ilmu Al-Quran An Nur Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (24/11/2021)

Adapun tujuan diadakannya MTQ Kabupaten Bantul tahun 2021 ini yang pertama adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan kandungan Al-Quran.

Kedua, untuk menguatkan ukhwah islamiah antar warga masyarakat se-Kabupaten Bantul.

Ketiga, untuk melestarikan seni dan budaya mengafal Al-Quran bagi warga masyarakat di Kabupaten Bantul.

Dan yang keempat adalah untuk memilih bibit terbaik yang nantinya akan menjadi wakil Kabupaten Bantul dalam MTQ tingkat DIY.

Sekretaris Daerah, Drs. Helmi Jamharis, M.M., membuka Acara MTQ Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2021 dengan menabuh Gong secara simbolis sebagai pertanda dibukanya acara ini.

Dalam sambutanya ia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini dan juga mengucapkan selamat berkompetisi bagi para seluruh peserta.

Baca juga   Potensi Industri Kreatif Hampir Sama, Dekranasda Jepara Belajar ke Bantul

Ia berharap dengan adanya acara ini dapat memberikan manfaat dalam mempelajari, memahami, dan mengamalkan al-Quran sehingga dapat memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

“Dengan pemahaman utuh atas nilai-nilai al-Quran insya Allah kita dapat membangun kokohnya toleransi, solidaritas, dan kebersamaan antar sesama umat manusia di muka bumi, khususnya di Kabupaten Bantul. Disamping itu MTQ juga merupakan wahana mencetak pembangunan akhlak bangsa sehingga terwujud tatanan masyarakat yang adil dan berkeadaban serta baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” kata Helmi Jamharis.

Selanjutnya Kepala Bagian Administrasi Kesra Drs. Edy Bowo Nurcahyo, M.A., dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa MTQ Kabupaten Bantul tahun ini akan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 24 sampai dengan 25 November 2021 bertempat di Komplek Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem.

Adapun peserta dalam acara ini adalah utusan dari 17 kapanewon dengan jumlah 276 orang. Juri yang dihadirkan tentu saja para pakar dalam ahlinya yang berasal dari kalangan akademisi dan pondok pesantren.
Dengan jumlah lomba sebanyak 32 cabang, maka akan diambil Juara 1, 2, 3, dan juga Juara Umum. Para juara ini nantinya akan mendapatkan tropi dan piagam penghargaan sekaligus uang pembinaan dari Pemkab Bantul.

Baca juga   Bupati Kulon Progo Terima Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2021

“Adapun biaya kegiatan ini dianggarkan dari APBD Kabupaten Bantul Tahun 2021 melalui bagian administrasi kesejahteraan rakyat Sekda Kabupaten Bantul. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada bupati, wakil bupati, sekda, dan seluruh forkopimda yang selalu menganggarkan di APBD untuk MTQ dari tahun ke tahun,” kata Edy Bowo Nurcahyo.

Untuk menambah keberkahan sebelum memulai perlombaan, dilakukan pembacaan doa yang dipimpin oleh KH. Yasin Nawawi selaku pengasung PP. An Nur Ngrukem. Selama berlangsungnya acara ini baik hadirin maupun peserta diwajibkan untuk selalu melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Perkantoran di Balaikota Terapkan WFO 25 Persen. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Perkantoran di Kompleks Balaikota Terapkan WFO 25 Persen
Ganjar Pranowo mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jendral Listyo Sigit, Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin, Kepala BNPB Ganip Warsito, dalam kunjungannya ke Kudus. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Dipuji Panglima TNI, Jogo Tonggo Kudus Bakal Jadi Contoh di Bangkalan Madura
Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi saat melihat produk IKM setempat. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

1.126 UKM Yogya Terima Bantuan Produktif Usaha Mikro
Meski tak seramai dulu, usaha pigura di Jalan Sagan tetap menggeliat di tengah perpanjangan PPKM. (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

PPKM Level 4 Diperpanjang, Perajin Pigura Tetap Menggeliat
Logo Pemerintah Kabupaten Sleman. (nyatanya.com)

Peristiwa

PPKM Darurat Dinilai Berhasil Tekan Mobilitas Warga
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming secara simbolis menerima bantuan katu vaksin dari Sub BMPD Jateng-Solo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Dukung Percepatan Vaksinasi, Sub BMPD Jateng – Solo Bantu 100.000 Kartu Vaksin
Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas
Haryadi Suyuti saat menghadiri kunjungan Tim Pengawas dan dan Evaluasi (Wasev) kegiatan TMMD Reguler ke-111 TA 2021 di Markas Kodim 0734 Yogyakarta. (Foto: nyatanya.com/Pemkot Jogja)

Peristiwa

TMMD Diharapkan Bantu Recovery Ekonomi Saat Pandemi