Home / Peristiwa

Jumat, 20 Agustus 2021 - 11:31 WIB

Pemkab Bantul Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas

Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Vaksinasi khusus bagi penyandang disabilitas diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul di Kompleks II Kantor Pemerintah Kabupaten Bantul Jl. Lingkar Timur, Manding, Trirenggo, Bantul, Kamis (19/8/2021).

Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. Dinas Kesehatan Bantul bekerjasama dengan Dinas Sosial dan LSM yang ada di Bantul dalam penanganan dan pengumpulan data disabilitas dalam rangka pemberian vaksin.

Rencananya, dosis kedua akan diberikan empat minggu setelahnya atau pada tanggal 16 September 2021 di tempat yang sama. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac dan Sinopharm.

Baca juga   Polisi Gerebek Dua Rumah di Pajangan Bantul yang Dijadikan Tempat Membuat Mercon

Vaksin Sinovac digunakan untuk remaja usia 12-17 tahun, dan vaksin Sinopharm digunakan bagi mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Bantul sekaligus koordinator lapangan vaksinasi, drg. Sapta Adisuka Mulyanto, Ph.D., menuturkan bahwa penyandang disabilitas juga mempunyai resiko besar untuk terpapar Covid-19.

Dengan adanya vaksinasi khusus bagi penyandang disabilitas ini, diharapkan mereka dapat terlindungi dari Covid-19.

“Mudah-mudahan akan membantu penyandang disabilitas, karena mereka juga mempunyai resiko terpapar Covid-19. Dengan adanya vaksin dapat melindungi mereka. Seandainya terpapar, dengan adanya vaksin pun akan meringankan gejala dan akibat paparan Covid,“ ungkapnya.

Baca juga   Antropolog Unair: Anak Perempuan dalam Budaya Jawa Memang Harus Wani Ditata

Ade Amita Bachan (30), sebagai peserta vaksinasi khusus disabilitas dari Palbapang mengatakan bahwa, penyelenggaraan vaksinasi ini berjalan cukup bagus. Ia menyarankan kepada penyelenggara untuk menambah intensitas komunikasi kepada peserta dalam hal cara mendapat vaksin dan alur pendaftaran. Ia juga berharap semua difabel yang ada di Bantul dapat tervaksinasi secara merata.

“Harapannya, bisa kebal dari Covid dan semua difabel bisa mendapat vaksinasi secara merata,“ tuturnya. (*)

Share :

Baca Juga

Salah satu peserta lomba takbir di Senuko Sidoagung Godean saat atraksi display di halaman Masjid Baitussalam. (Foto: Ist)

Peristiwa

‘Asik Takbiran Lagi’, Meriahnya Lomba Takbir yang Digelar Remaja Masjid Baitussalam Senuko
Giat evakuasi warga terdampak banjir oleh BPBD Kabupaten Cirebon dan tim gabungan menggunakan perahu karet, Sabtu (22/1/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Cirebon)

Peristiwa

Banjir Rendam 964 Rumah Warga Cirebon, 3.783 Jiwa Terdampak
Satlantas Polres Blora Polda Jawa Tengah dibantu oleh Petugas Gabungan Fungsi Polres Blora menggelar razia knalpot brong, Sabtu (15/1/2022). (MC Kab. Blora/ Teguh)

Peristiwa

Polres Blora Gencar Razia Knalpot Brong, 144 Motor Disita
Foto: Humas RS Panti Rapih

Peristiwa

Ini Cara Unik RS Panti Rapih Turut Peringati HUT ke-266 Kota Yogyakarta
Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Ponirah Sumringah, Rumahnya yang Rata dengan Tanah Dibantu Ganjar Bangun Rumah Baru
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, bersama Wakil Walikota Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, meresmikan Teras Malioboro I dan Teras Malioboro II sebagai tempat baru bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro, Rabu (26/1/2022). (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Teras Malioboro Diresmikan Sultan, Setahun Tanpa Retribusi
Akses Jalan Bandongan Kaliangkrik kini diperlebar dari 4 meter menjadi 7 meter. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Jalan Bandongan Kaliangkrik Kini Lebar dan Mulus
Bincang Suara Diponegoro “Ibu, Kesehatan dan Masa Depan” yang berlangsung di MG Setos Hotel, Selasa (18/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Perempuan Dituntut Selalu Multitasking, Atikoh: Paling Utama Menjadi Ibu