Home / News

Minggu, 24 Maret 2024 - 12:05 WIB

Pemkab Demak Maksimalkan Upaya Pemompaan Banjir di Enam Titik

Pemkab Demak memaksimalkan upaya pemompaan genangan air guna percepatan penanganan banjir. (Foto: Dok. BPBD Kabupaten Demak)

Pemkab Demak memaksimalkan upaya pemompaan genangan air guna percepatan penanganan banjir. (Foto: Dok. BPBD Kabupaten Demak)

NYATANYA.COM, Demak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak Jawa Tengah memaksimalkan upaya pemompaan genangan air guna percepatan penanganan banjir. Tim gabungan telah mengaktifkan pompa sejak Rabu (20/3/2024).

Laporan terkini pada Sabtu (23/3/2024) lebih dari 30 pompa tersebar di beberapa titik wilayah antara lain sebanyak enam titik di Kecamatan Demak Kota, dua titik di Kecamatan Karanganyar, dan satu titik di Desa Lempuyang.

“Beberapa pompa lainnya akan menyusul diaktifkan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan dikutip Minggu (24/3/2024).

Unit-unit pompa diperbantukan dari beberapa instansi antara lain pompa dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, BPBD Kabupaten Jepara, BPBD Kabupaten Kudus, BPBD Kabupaten Semarang, BPBD Kota Surakarta, dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Baca juga   Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Mencapai 92,66 Persen

“Upaya pemompaan ini dimasifkan setelah penanganan beberapa titik tanggul yang jebol berhasil ditutup,” jelas Muhari.

Hingga Sabtu (23/3/2024) dilaporkan titik tanggul jebol yang menunjukkan progres penanganan antara lain tanggul sungai Wulan (Mbugel) sudah tertutup serta tanggul Norowito sudah terbendung sepanjang delapan meter dari total 30 meter panjang jebol tanggul.

BNPB juga memperpanjang operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hingga tanggal 27 Maret 2024 dalam rangka mendukung penanganan darurat banjir Demak.

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi iklim dan cuaca di wilayah Jawa Tengah terdapat potensi pertumbuhan awan hujan kategori tinggi (>70%) di hampir seluruh wilayah Jawa Tengah.

Tiga upaya penanganan banjir Demak diatas menunjukkan hasil dengan turunnya ketinggian air di wilayah Demak Kota dan Kecamatan Karanganyar.

Meskipun demikian, kondisi jalur pantura Demak-Kudus belum bisa dilalui. Arus lalu lintas untuk sementara dialihkan melalui Welahan dan Grobogan.

Baca juga   Gempa Jember 5,1 SR, Dinsos Jatim Kerahkan Tagana

Jumlah Pengungsi Berkurang

Laporan yang dihimpun Pusdalops BPBD Kabupaten Demak, kembali terjadi penurunan jumlah pengungsi yang sebelumnya tercatat sebanyak 17.078 jiwa pada Jumat (22/3/2024) turun menjadi 14.852 jiwa pada Sabtu (23/3/2024).

Para pengungsi yang masih bertahan tersebar di 110 titik pengungsian, terdiri dari 11.767 jiwa di Kecamatan Karanganyar, 1.597 jiwa di Kecamatan Sayung, 36 jiwa di Kecamatan Wonosalam, 60 jiwa di Kecamatan Karangtengah, 501 jiwa di Kecamatan Demak, 891 jiwa di Kecamatan Gajah, dan 1.614 jiwa di Kabupaten Kudus.

Guna memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi, Pemkab Demak membuka dapur umum di 25 titik lokasi.

Dukungan bantuan kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas juga terus dilaksanakan di lokasi pengungsian. (N1)

Share :

Baca Juga

Petugas pemadam kebakaran tengah berusaha memadamkan kobaran api. (Foto: istimewa)

News

Pemilik Rumah Pergi, Rumah Ludes Terbakar
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Kembali Rekor, Positif Covid-19 DIY 675 Kasus
Foto: Humas Jateng

News

Ganjar Berharap Politeknik GUSDURian Purwokerto Cetak Ahli yang Moderat
Abraham Samad. (Foto: Ist)

News

Pimpinam KPK disorot, Abraham Samad Menilai Sikap Itu Sangat Memalukan Terjadi di KPK
Rapat Koordinasi Persiapan Infrastruktur, Logistik, Media dan Komunikasi, Keamanan, Side Event dan Kesehatan KTT G20 di Hotel Renaissance Bali, Nusa Dua, Kamis (10/11/2022). Foto: Dok.BNPB

News

BNPB Antisipasi Potensi Bencana Alam, Covid-19, dan PMK di KTT G20 Bali
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 444 Pasien Covid-19 Sembuh di DIY, Terbanyak Warga Sleman
Sebuah kendaraan melintas di gerbang tol Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022). Foto: Antara

News

Ini Jadwal Uji Coba Rekayasa Ganjil-Genap di Tol untuk Mudik 2022
Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Darma S.I.K, M.H. didampingi para PJU melakukan pengecekan pos pengamanan lebaran 2024. (Humas Polresta Yogyakarta)

News

Polresta Yogyakarta Siap Amankan Libur Idulfitri 2024