Home / News

Senin, 26 Desember 2022 - 20:27 WIB

Pemkab Jepara Siapkan Penginapan bagi Wisatawan yang Tertahan di Karimunjawa, Ini Lokasinya

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta. Foto: Diskominfo Jepara

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta. Foto: Diskominfo Jepara

NYATANYA.COM, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah menyiapkan wisma wisata dan hotel yang berada di Jatikerep untuk menampung wisatawan yang sudah kehabisan bekal dan masih tertahan di Karimunjawa.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam rakor yang membahas beberapa opsi untuk membantu wisatawan yang masih tertahan di Karimunjawa akibat gelombang tinggi, di Ruang Rapat Sosrokartono, Minggu (25/12/2022).

“Sudah ada 14 kamar yang disiapkan untuk menampung wisatawan,” jelasnya disitat dari portal resmi Pemprov Jateng.

Disampaikan, pihaknya akan mempersiapkan beberapa opsi untuk membantu wisatawan, di antaranya menyiapkan posko aduan di kantor kecamatan, dan bila diperlukan PMI dan Baznas akan membuat dapur umum, untuk mencukupi kebutuhan makan wisatawan.

Baca juga   Level PPKM Jawa-Bali Naik, Ganjar Minta Masyarakat Tidak Panik dan Terus Disiplin Prokes

“Selain posko aduan dan dapur umum, Pemkab Jepara akan menghubungi Pengusaha Hotel Resort Indonesia (PHRI) untuk meminta memberikan diskon khusus kepada wisatawan, supaya tidak memberatkan,” kata Edy.

Disamping itu, lanjutnya, pihaknya juga langsung melayangkan surat permohonan bantuan ke Dirjen Perhubungan Laut Cq Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, untuk melakukan deviasi Kapal Pelni KM Kelimutu dari Kalimantan ke Semarang untuk berlayar ke Karimunjawa, guna mengevakuasi wisatawan yang tertahan dan mengirimkan bahan pokok makanan untuk masyarakat Karimunjawa.

“Langkah ini ditempuh, karena berdasarkan prakiraan cuaca dan gelombang BMKG, bahwa gelombang tinggi pada perairan Utara Pulau Jawa berlangsung dari 23 – 31 Desember 2022,” tambahnya.

Baca juga   Presiden: Proses Evakuasi Korban Gempa Cianjur Jadi Prioritas

Kepada pelaku travel atau tour, Edy Supriyanta mengimbau, untuk tidak memberangkatkan wisatawan ke Karimunjawa, mengingat gelombang dan angin sangat tinggi, karena faktor cuaca.

Camat Karimunjawa Muslikin menjelaskan, wisatawan yang ada di Karimunjawa berjumlah 318 orang. Saat ini, untuk perbekalan dalam kondisi masih aman.

“Wisatawan yang ada di Karimunjawa, saya pastikan aman,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, wisatawan asal Sukoharjo Didik menjelaskan, dirinya tiba di Karimunjawa Kamis (22/12/2022) bersama keluarganya yang berjumlah empat orang.

“Alhamdulillah, untuk makan dan penginapan terpenuhi semua,” ungkap Didik.

(N1)

Share :

Baca Juga

PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang melakukan rapat pleno secara daring. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Muhammadiyah Imbau Warga Salat Idul Adha di Rumah
Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas satu arah di Jalan Gambiran sisi selatan mulai 30 Agustus 2022.

News

Satu Arah Jalan Gambiran Mulai 30 Agustus 2022, Berlaku untuk Semua Kendaraan
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Rekor, Indonesia Capai Kesembuhan Covid-19 Harian Tertinggi sejak Pandemi
Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa

News

Ini Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan Lima Pemimpin Negara G20
Seorang warga binaan menjalani proses perekaman data untuk KTP Elektonik di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/12/2021). Kementerian Hukum dan HAM bersama Disdukcapil Kota Bandung menggelar pendataan, perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan bagi 177 warga binaan di Lapas Sukamiskin. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

News

Rawan Kejahatan, Kemendagri Ingatkan Swafoto KTP-el Terkait NFT
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: Sekretariat Kabinet

News

Pemerintah Mulai Kucurkan Bansos Subsidi BBM, Berikut Jadwalnya
Tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, pada Kamis (25/11/2021), pukul 14.00 WIB mengakibatkan dua warga meninggal dunia dan satu lainnya masih dalam pencarian. (Foto: BPBD Kabupaten Gianyar)

News

Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian Korban Longsor di Gianyar
Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan produksi dan distribusi minyak goreng di pasaran tanah air dilakukan secara optimal dalam beberapa waktu ke depan, menjelang Ramadan. (Foto: Humas Kemendag)

News

Jelang Ramadan, Kemendag Pastikan Produksi dan Distribusi Minyak Goreng Optimal