Home / Peristiwa

Minggu, 3 Oktober 2021 - 11:08 WIB

Pemkab Kulon Progo Uji Coba Pembukaan Kawasan PKL Alun-Alun

Uji coba pembukaan kawasan Alun-alun Wates bagi PKL dimulai sejak 28 September hingga 4 Oktober 2021. (Foto:MC.Kab.Kulonprogo)

Uji coba pembukaan kawasan Alun-alun Wates bagi PKL dimulai sejak 28 September hingga 4 Oktober 2021. (Foto:MC.Kab.Kulonprogo)

NYATANYA.COM, Kulon Progo – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Kulon Progo mulai uji coba pembukaan kawasan Alun-alun Wates bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) sejak 28 September hingga 4 Oktober 2021 mendatang.

Pembukaan dipantau langsung oleh Kepala Disdagin Iffah Mufidati, SH,MM didampingi Sekretaris Satpol PP Kabupaten Kulon Progo Drs. Hera Suwanto, MM, Selasa (28/9/2021).

Kepala Disdagin Iffah Mufidati, SH, MM menjelaskan uji coba ini dilaksanakan sesuai hasil dari koordinasi pembahasan dengan perangkat daerah terkait serta arahan dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Fajar Gegana.

“Pemkab melakukan uji coba dari mulai tanggal 28 September saat ini dan sampai dengan tanggal 4 Oktober, dicoba hanya khusus kuliner dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana sudah kita sampaikan di flyer (selebaran),” kata Iffah.

Dijelaskan Iffah teknis uji coba yang pertama ini hanya untuk pembukaan kuliner belum termasuk pembukaan rekreasi seperti area olahraga ataupun area permainan anak. Adapun teknis pelaksanaannya uji coba antara lain pengaturan pengunjung PKL dengan pemberlakuan ganjil genap sesuai kalender, diperbolehkan makan ditempat dengan kapasitas maksimal 50% serta menerapkan shift bagi PKL dengan pembagian waktu jualan pagi 50% dan sore 50%.

Baca juga   Mengenal Kesenian Angguk Kulonprogo, Paduan Budaya Jawa, Arab dan Belanda

“Kesemuanya bertujuan memastikan yang akan berkunjung dari awal sudah bisa mengukur, sudah bisa mengendalikan, sesuai dengan ketentuan uji coba tersebut, sehingga waktu penutupan uji coba nanti akan bisa dievaluasi,” terang Iffah.

Lebih jelas Iffah menambahkan pihaknya beserta dinas-dinas terkait dan pihak Polres akan mengevaluasi bersama-sama dengan Ketua Paguyuban PKL Alun-Alun Wates atas hasil pengamatan dari pelaksanaan uji coba tersebut sambil melihat perkembangan status level PPKMnya.

Terkait penegakan dan pengawasan uji coba Sekretaris Satpol PP Drs. Hera Suwanto, MM menyampaikan pihaknya akan memantau baik secara mandiri maupun gabungan dengan TNI/Polri terhadap kepatuhan PKL maupun para pengunjung atau pembeli. “Intinya bahwa selama seminggu ini kami akan berusaha Pagi siang sore malam hari pada saat proses penutupan,” katanya.

Baca juga   Vaksinasi Bagi Pelaku UMKM dan Koperasi Digelar di JEC

Hera menghimbau masyarakat yang akan berkunjung ke alun-alun untuk menyesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan terutama terkait aturan nomor kendaraan ganjil genap.

Sementara itu salah satu PKL yang juga Ketua Paguyuban Pedagang Kuliner Alun-alun Wates (Paku alwa), Bimo Prasetyo menyampaikan terima kasih kepada Pemkab terkait uji coba pembukaan ini dan berharap perekonomian PKL bisa merangkang lagi untuk memperbaiki kehidupan setelah lama tidak berjualan.

“Mohon doanya semoga lancar dan tanpa ada pelanggaran apapun supaya nanti minggu depan evaluasinya dalam kondisi baik dan bisa dibuka total,” harap Bimo.

Bimo juga mengajak teman-teman PKL untuk terus mentaati aturan yang diterapkan oleh Pemkab dan tetap menjaga prokes dengan harapan uji coba berjalan lancar sehingga hasil evaluasinya bisa berdampak pada penurunan level PPKM yang tentunya berdampak pada pembukaan Alun-alun Wates secara penuh. (*)

Share :

Baca Juga

Sejak 2015 Karimunjawa menjadi terang 24 jam setelah listrik memenuhi kebutuhan pulau yang masuk wilayah Jawa Tengah ini. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Cerita Karimunjawa Setelah Listrik Menyala 24 Jam
Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat mengikuti rakor bersama Marinves RI, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Sragen Terapkan PPKM Level 3, Pembatasan Tetap Dilakukan
Samto divaksin langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Antusias Warga Masih Rendah, Kades Jenar Awali Vaksinasi bagi Warganya
Ganjar Pranowo berdialog petugas polisi saat bersepeda memantau mobilitas warganya. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Ajak ASN Banyak Jajan
Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi saat melihat produk IKM setempat. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

1.126 UKM Yogya Terima Bantuan Produktif Usaha Mikro
Ilustrasi Pemprov terus dorong siswa di Jateng lakukan vaksin. Gubernur Ganjar Pranowo dalam sebuah kesempatan meninjau pelaksanaan vaksin untuk anak sekolah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tingginya Antusiasme Anak Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Semarang
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Bantul serta OPD terkait saat menerima bantuan oksigen konsetrator dari Goto. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Goto Bantu Oksigen Konsentrator untuk Pemkab Bantul
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanam tanaman hias pucuk merah bersama pengurus Rotary Club Solo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Ajak Masyarakat Hijaukan Solo