Home / Peristiwa

Minggu, 12 September 2021 - 08:46 WIB

Pemkab Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol. (Foto: Humas/beritamagelang)

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Pemerintah Kabupaten Magelang terus mendorong program vaksinasi Covid-19 secara massal. Sebagaimana digelar, Jumat (10/9/2021) untuk para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Timur Watucongol, Muntilan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengatakan, program vaksinasi ini sangat penting dalam rangka mendorong segera tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok) bagi warga masyarakat, mengurangi transmisi atau penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian, serta melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Program vaksinasi yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bentuk ikhtiar lahir kita dalam upaya menghentikan pandemi yang sudah hampir 2 tahun melanda negeri kita dan dunia internasional,” kata Adi Waryanto saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol.

Baca juga   Mensos RI Tri Rismaharini Sidak Distribusi Bansos di Sayidan

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, Pemerintah Kabupaten Magelang menerjunkan tim vaksinator dan penanganan KIPI dari Puskesmas Muntilan II dan Public Safety Centre Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang.

Adi menyampaikan, untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan pondok pesantren dalam masa Pandemi Covid-19 ini yang harus dilakukan antara lain penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun, ruang isolasi, serta koordinasi intensif dengan Puskesmas setempat guna memantau kelayakan dan kondisi kesehatan para santrinya.

Vaksinasi di Ponpes Darussalam Timur Watucongol dosis pertama ini diselenggarakan selama dua hari pada 10-11 September 2021 dengan total 304 dosis vaksin Sinovac. Hari pertama khusus bagi para santri sebanyak 178 dosis. Kemudian hari kedua bagi masyarakat sekitar ponpes sebanyak 126 dosis.

Baca juga   Dukung Program MBKM, Universitas Pasundan Jajaki Kerja Sama dengan DKV ISI Surakarta

Putra pengasuh Ponpes Darussalam Timur Watucongol, KH Hafi Firdausy mengatakan, agak terlambat dalam mengajukan vaksinasi bagi santri di Ponpes tersebut karena beberapa hal. Salah satunya dengan adanya beberapa varian vaksin dan memiliki efek yang berbeda-beda.

“Setelah kita melihat dinamika vaksin dengan efeknya yang bermacam-macam, kemudian kita melihat niat baik pemerintah dengan menggratiskan vaksinasi lalu kita bisa menimbang apalagi Ulama-ulama juga mendukung program pemerintah, maka tidak ada alasan bagi kami untuk menolaknya,” ujar KH Hafi. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.KKP

Peristiwa

KKP-Polri Gagalkan Penyelundupan 506.600 BBL di Palembang
Wakil Walikota Heroe Poerwadi saat mengunjungi Bazar UMKM PKK Pilahan RT 42 RW 13, Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede. Heroe mengajak masyarakat berperan serta dalam memajukan potensi yang ada di wilayahnya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kembangkan UMKM, Wawali Ajak Masyarakat Turut Memajukan Potensi Wilayah
Bupati Batang, Wihaji, usai menerima penghargaan JDIH Award Tahun 2021. (Foto: Humas Batang)

Peristiwa

Inovasi Antarkan Batang dan Wonosobo Raih JDIH Award
Foto: PPID DKI Jakarta

Peristiwa

Warga Jakarta Perlu Waspada, 10 Wilayah Ini Ternyata Rawan Longsor
Dua tersangka (membelakangi kamera) penimbun solar dibekuk petugas. Foto: Humas Polres Dharmasraya/Tribratanews

Peristiwa

Timbun BBM Bersubsidi, Warga Dharmasraya Diamankan Polisi, Acaman Hukuman 6 Tahun Menanti
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Polisi Amankan 106 Karung Daging dan Sosis Selundupan dari Malaysia, 4 Pelaku Keder Dengar Tembakan Peringatan
Salah satu ruko di Babarsari yang dibakar pada kerusuhan yang terjadi, Senin (4/7/2022). Foto: @robbyizwnsyh

Peristiwa

Kronologi Kerusuhan Babarsari, 5 Ruko dan 6 Motor Dibakar, Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku
Ditemani superhero Spider-man, anak-anak tambah semangat ikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar BIN dan Pemkab Temanggung pada Kamis (20/1/2022) di Taman Bambu Runcing. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ditemani Spider-man, Ribuan Anak Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Temanggung