Home / News

Kamis, 7 Oktober 2021 - 00:28 WIB

Pemkab Sleman Gelar Operasi Rokok dan Tembakau Ilegal

Petugas menyita 20 bungkus rokok dan 39 tembakau iris yang di bungkus kemasan 50 Gram dan tidak dilekati pita cukai dari dua toko kelontong yang berada di wilayah Kapanewon Kalasan. (Foto: MC Sleman)

Petugas menyita 20 bungkus rokok dan 39 tembakau iris yang di bungkus kemasan 50 Gram dan tidak dilekati pita cukai dari dua toko kelontong yang berada di wilayah Kapanewon Kalasan. (Foto: MC Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Pemkab Sleman melalui Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah, Satpol PP, Disperindang Kabupaten Sleman bersama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta, lakukan Operasi Bersama Barang Kena Cukai (BKC) Hasil Tembakau Ilegal, Rabu (6/10/2021).

Operasi ini menyasar Pasar STAN, toko kelontong, tembakau dan vapour di wilayah Kapanewon Depok serta Kapanewon Kalasan.

Yusron Asrofi selaku selaku Pemeriksa Bea dan Cukai pada Kantor Bea dan Cukai Yogyakarta menjelaskan bahwa sasaran objek dari kegiatan operasi bersama adalah hasil tembakau ilegal seperti rokok (sigaret), cerutu, rokok daun, HTPL, dan tembakau iris dengan sasaran tempat operasi distributor dan pengecer.

Menurutnya, indikator BKC hasil tembakau ilegal antara lain tanpa pita cukai, pita cukai bekas, pita cukai palsu, salah peruntukan dan personalisasi (tidak sesuai kode pita cukai).

Baca juga   Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak

“Operasi bersama Barang Kena Cukai (BKC) ilegal merupakan operasi gabungan antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan Bea Cukai dalam rangka pengendalian peredaran BKC hasil tembakau ilegal di Kabupaten Sleman,” jelas Yusron.

Pada operasi ini petugas menyita 20 bungkus rokok dan 39 tembakau iris yang di bungkus kemasan 50 Gram dan tidak dilekati pita cukai dari dua toko kelontong yang berada di wilayah Kapanewon Kalasan. Pemilik toko dalam operasi ini diberikan edukasi oleh petugas tentang cukai tembakau.

“Pemilik toko hanya dititipi rokok tanpa cukai tersebut oleh sales, dan kami menyitanya kemudian memberikan edukasi untuk tidak menjual rokok tanpa cukai,” tambah Yusron.

Baca juga   Motor Tabrak Tronton, Satu Korban Luka Parah

Kasubbag Perekonomian Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Sleman, Citra Makkia Azmiati menjelaskan operasi bersama BKC hasil tembakau ilegal ini dimaksudkan untuk melakukan pengendalian atas barang kena cukai hasil tembakau illegal.

“Barang kena cukai (BKC) hasil tembakau yang beredar di Kabupaten Sleman perlu dilakukan pengawasan untuk memastikan BKC hasil tembakau yang beredar merupakan barang kena cukai yang legal,” ujarnya.

Citra menambahkan, tujuan dari kegiatan operasi bersama BKC hasil tembakau ilegal adalah untuk melakukan pengawasan dan mendukung penegakan hukum atas barang kena cukai hasil tembakau ilegal oleh Bea Cukai.

Selain itu juga untuk memberikan pemahaman terkait ketentuan di bidang cukai hasil tembakau kepada masyarakat. (*)

Share :

Baca Juga

Update Citra Radar Cuaca DIY Tanggal 3 Agustus 2021 Pukul 08.00 WIB. (Foto: BMKG)

News

Prakiraan Cuaca DIY, Sebagian Wilayah Masih Berpotensi Hujan
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Percepatan Vaksinasi di Jateng, Sepekan Suntik 1,6 Juta Orang
Bantuan senilai masing-masing Rp1,2 juta itu disalurkan oleh Kodim 0714 kepada 6.500 PKL dan pemilik warung di Semarang dan Salatiga. (Foto:MC Kab Semarang)

News

Ribuan PKL di Semarang dan Salatiga Terima Bantuan Uang Tunai
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan bahwa Bali siap membuka perjalanan internasional bagi 19 negara. (Foto: Dok InfoPublik)

News

Pemerintah Izinkan Wisatawan dari 19 Negara Berkunjung ke Bali dan Kepri
Heroe Poerwadi saat meninjau kegiatan vaksinasi massal Kelurahan Kricak Sabtu (25/9/2021) di SDN Tegalrejo III, Kelurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Tuntaskan Vaksinasi Berbasis Wilayah
Ruang perawatan yang semula menjadi ruang isolasi khusus, sudah mulai difungsikan kembali untuk perawatan biasa seperti dulu. (Foto: Diskominfo Kab Rembang)

News

Masuk PPKM Level 3, Pasien Covid-19 di Rembang Menurun Drastis
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi Covid-19 untuk Brajamusti suporter PSIM di XT Square. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Oktober 2021, Pemkot Yogya Tuntaskan Vaksinasi Covid-19
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020, kategori tertinggi, yakni mentor. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Jateng Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Tertinggi