Home / Panggung

Senin, 13 Desember 2021 - 11:08 WIB

Pemkab Sleman Serahkan Penghargaan dan Hibah Alat Musik Tahun 2021

Dinas Kebudayaan serahkan Penghargaan Anugerah Kebudayaan, Penghargaan Warisan Budaya Rumah Tradisional, Hibah Alat Musik dan Penetapan Warisan Budaya Tak Benda, Minggu (12/12/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

Dinas Kebudayaan serahkan Penghargaan Anugerah Kebudayaan, Penghargaan Warisan Budaya Rumah Tradisional, Hibah Alat Musik dan Penetapan Warisan Budaya Tak Benda, Minggu (12/12/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan serahkan Penghargaan Anugerah Kebudayaan, Penghargaan Warisan Budaya Rumah Tradisional, Hibah Alat Musik dan Penetapan Warisan Budaya Tak Benda, Minggu (12/12/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Aji Wulantara menjelaskan pemberian Anugerah Kebudayaan dilaksanakan melalui proses yang panjang mulai dari sosialisasi ke Pemerintah Kapanewon dan kelompok/komunitas seni budaya dan perorangan yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

Proses dilanjutkan dengan usulan nominasi, verifikasi nominasi hingga penilaian dewan juri.

Dari hasil penilaian didapatkan enam nominasi dari masing-masing kategori, yaitu Kategori Budayawan diraih oleh Suwarna Dwijonagoro, Kategori Anak Berprestasi di Bidang Kebudayaan diraih oleh Haura Auli Shabira, Kategori Pelestari Cagar Budaya diraih oleh Gedung Monumen Mandala Bhakti Wanitatama/YHI Kowani, Kategori Pelaku Tradisi Budaya diraih oleh Upacara Adat Bekaka, Kategori Pelaku Seni Budaya diraih oleh Sugiman Dwi Nurseto, Kategori Kreator diraih oleh Dewi Listyaningrum.

“Sedangkan kegiatan Penghargaan Warisan Budaya Rumah Tradisional dilaksanakan dengan verifikasi dari data registrasi nasional yang kemudian dilakukan penilaian oleh Tim Juri yang berasal dari Ahli Arkeologi, Ahli Arsitektur dan Ahli Sosial,” kata Aji.

Baca juga   Kampung Kadipaten Kidul Gelar Ketoprak Virtual "Nyi Corah"

Menurutnya, dari penilaian oleh tim juri tersebut dihasilkan empat nominator penerima Penghargaan Warisan Budaya Rumah Tradisonal, yaitu Rumah milik Martopawiro, Hardiyanto dan Muhadi yang berasal dari Kapanewon Kalasan serta Rumah milik Amat Wakabi dari Kapanewon Ngemplak. Sedangkan untuk bantuan hibah alat music diserahkan pada 13 kelompok masyarakat kebudayaan.

“Untuk penerima hibah alat musik diberikan kepada Kelompok Masyarakat Kebudayaan yang telah mengajukan proposal permohonan hibah dua tahun sebelumnya (T-2). Dari pengajuan proposal permohonan hibah yang masuk dari Kelompok Masyarakat Kebudayaan dilakukan verifikasi dan penilaian secara obyektif,” tambah Aji.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah Kabupaten Sleman terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan di Kabupaten Sleman.

Penghargaan ini berdasarkan Perdais No. 3 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan kebudayaan, Pemkab Sleman memberikan apresiasi kepada para pelestari budaya, seniman dan budayawan agar semakin semangat berkontribusi dalam pelestarian budaya.

Baca juga   Safari Tarawih Ramadan Kembali Digelar Pemkab Sleman

Selain itu, berdasarkan Undang-Undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Peraturan Gubernur DIY No 56 Tahun 2014 tentang Penghargaan Pelestari Warisan Budaya dan Cagar maka Pemkab Sleman juga memberikan Penghargaan warisan budaya rumah tradisional.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah Kabupaten Sleman terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong pelibatan masyarakat dalam Pemajuan Kebudayaan sehingga setiap orang, kelompok, lembaga atau organisasi dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pelestarian dan pengembangan kebudayaan.

“Pemberian penghargaan ini juga diharapkan dapat mendorong peran aktif dan inisiatif masyarakat yang memiliki/menguasai warisan budaya ataupun cagar budaya untuk melakukan kewajibannya melindungi warisan budaya ataupun cagar budaya,” tambahnya.

Pada acara tersebut juga diserahkan tiga Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, yaitu Wayang Wong Thengul, Upacara Adat Tunggulwulung dan Jabar Juwes, yang beberapa waktu yang lalu telah diserahkan oleh Bapak Gubernur DIY kepada Pemerintah Kabupaten Sleman.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Devina Bertha berbagi inspirasi modelingnya dalam Jakarta X Beauty yang digelar di Jakarta Convention Centre. Foto: Dok.NET

Panggung

NET Buka Pendaftaran Indonesia’s Next Top Model Cycle 3, Devina Buka Rahasia Sukses Tembus Ajang Ini
Jakarta Biennale 2021 diselenggarakan mulai tanggal 21 November 2021 hingga 21 Januari 2022. Beragam karya seni dipamerkan di ruang publik, antara lain Museum Nasional dan Museum Kebangkitan Nasional. (Foto: Instagram @jakartabiennale)

Panggung

Dorong Ekonomi Kreatif, Pemprov DKI Dukung Jakarta Biennale “Esok”
Hadi Soesanto pameran seni bertajuk Hasoe Tenan: The Original of Hasoe di Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Panggung

Hadi Soesanto Pameran Tunggal Bertajuk ‘Hasoe Tenan: The Original of Hasoe’ di Galeri RJ Katamsi
Denny Caknan dan Happy Asmara ambyarkan Kediri. Foto: Ist

Panggung

Denny Caknan dan Happy Asmara Ambyar Bareng di Konser Iromo Tresno Kediri
Gelar seni sastra macapat di Pendopo Ndalem Ngabean Jalan Ngadisuryan, Kraton, Yogyakarta, mewarnai HUT ke-264 Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Gelar Macapat Meriahkan HUT ke-265 Kota Yogya
Peluncuran Film Animasi Gemar Menggambar Bersama Pak Tino Sidin, Selasa (29/11/2022). Foto: Ist

Panggung

Ya Bagus! Film Animasi Gemar Menggambar Bersama Pak Tino Sidin Diluncurkan
Foto Desta bersama Sheila on 7 ini belakangan banyak beredar di jagat maya, meski dipastikan foto ini hasil editan dari foto SO7 yang lebih dulu edar. Foto: Ist

Panggung

Heboh Desta Jadi Drummer Sheila on 7 Sampai Dicatat Wikipedia, Adam Angkat Bicara
Penampilan siswa-siswi SD Negeri Dukuh I Sleman dengan suguhan tari kreasi. (Foto:istimewa)

Panggung

SDN Dukuh I Ikuti Ajang Lomba Mewarnai dan Pentas Kreasi