Home / Peristiwa

Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:59 WIB

Pemkab Sleman Sosialisai Cukai Rokok Lewat Pentas Ketoprak

Pementasan ketoprak jadi sarana untuk mensosialisasikan pengetahuan akan cukai rokok, sebagai upaya Pemkab Sleman memerangi peredaran rokok ilegal di wilayahnya. (Foto:Humas Sleman)

Pementasan ketoprak jadi sarana untuk mensosialisasikan pengetahuan akan cukai rokok, sebagai upaya Pemkab Sleman memerangi peredaran rokok ilegal di wilayahnya. (Foto:Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Pemkab Sleman mengadakan Sosialisasi Cukai Rokok Lewat Pementasan Seni Ketoprak kepada pamong Kalurahan se-Kabupaten Sleman di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Rabu (13/10/2021).

Berbagai info tentang cukai tembakau, yang disampaikan dengan balutan alur cerita ketoprak dengan lakon “kyai Gemah” oleh Sanggar Muda Budaya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang hadir membuka langsung kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi cukai tembakau yang dikemas dalam bentuk pertunjukan seni kebudayaan ketoprak tersebut merupakan salah satu program yang diselenggarakan dengan menggunakan dana dari pengembalian cukai tembakau Kabupaten Sleman pada tahun 2021.

Pada tahun ini, Sleman mendapatkan pengembalian cukai tembakau dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp1.6 Miliar yang juga akan dimanfaatkan untuk sosialisasi dalam berbagai program.

Baca juga   Peluang Ekspor Salak Pondoh ke Negara ASEAN Makin Terbuka

“Salah satunya yang dikemas dalam Seni Kebudayaan ketoprak dan juga dalam bentuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat tidak mampu terutama buruh pabrik dan petani tembakau di Kabupaten Sleman,” jelasnya

Lebih lanjut, Danang juga menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan mencegah terjadinya pelanggaran terhadap cukai tembakau ilegal sehingga turut serta membantu mengoptimalkan penerimaan Negara disektor cukai tembakau.

“Terlebih selama pandemi seluruh kegiatan kesenian ditiadakan. Maka, dengan dana pengembalian cukai ini kita manfaatkan untuk kembali memberikan dukungan kepada para pelaku seni untuk kembali berpentas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta yang diwakili oleh Andrias Wunika Susi Lestyarini mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan terkait cukai legal yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Baca juga   Grobogan Kembali Terapkan Sehari di Rumah Saja

“Sosialisasi agar memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa tembakau yang kemudian menghasilkan dan memberikan pendapatan bagi daerah, dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui kegiatan positif olahraga, seni, kebudayaan dan lainnya,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada para penonton yang hadir agar tidak membeli/menjual rokok ilegal. Selain memperjual belikan rokok ilegal merupakan tindakan melanggar hukum, dengan membeli rokok yang legal dapat berkontribusi terhadap dana bagi hasil cukai hasil tembakau yang nantinya akan disalurkan kembali untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. (*)

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau vaksinasi di GOR Satria Purwokerto, Jumat (6/8/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Dari 28 Juta Warga di Jateng Baru 18,83 Persen yang Divaksin
Api berhasil dipadamkan, dan dijumpai seluruh perangkat komputer hangus. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Laboratorium Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Dilalap Jago Merah, 30 Komputer Gosong
Karang Taruna Kota Yogyakarta membentuk tim pemulasaran jenazah Covid-19 khusus wanita yang bernama Srikandi Karang Taruna Jogja. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Srikandi Karang Taruna Jogja Bantu Pemulasaran Jenazah Wanita
Kapolres Purworejo menerima audensi warga Wadas pendukung proyek pemerintah dan menagatakan akan mendamingi dan melindungi warga. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Kapolres Purworejo Siap Lindungi Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener dari Ancaman dan Intimidasi
Foto: Ilustrasi/Kominfo

Peristiwa

Ribuan Pedagang Pasar Ditarget Vaksinasi Hingga Akhir Juni
Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

Peristiwa

Momentum 1 Juni 2021
AP membongkar sendiri rumahnya. (Foto: nyatanya.com/Instagram lambe_turah)

Peristiwa

Istri Selingkuh, Suami Robohkan Rumah
Sembari Gowes, Ganjar Pranowo blusukan melakukan edukasi prokes ke warga. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Sosialisasikan Prokes, Ganjar Blusukan ke Gang Sempit