Home / News

Senin, 11 Oktober 2021 - 16:45 WIB

Pemkab Sleman Teken Kesepakatan Pemanfaatan CCTV untuk Keamanan Wilayah DIY

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menandatangani nota kesepakatan. Dijelaskan Bupati nota kesepakatan ini adalah sebagai bentuk kerja sama untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta untuk mencegah, mengungkap, dan menindak para pelaku kriminal. (Foto: Humas Sleman)

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menandatangani nota kesepakatan. Dijelaskan Bupati nota kesepakatan ini adalah sebagai bentuk kerja sama untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta untuk mencegah, mengungkap, dan menindak para pelaku kriminal. (Foto: Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan bersama Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mengenai Sinergitas Pemanfaatan Insfrastruktur Closed-Circuit Television (CCTV) milik Pemerintah Kabupaten Sleman yang digelar secara virtual zoom meeting di Sleman Smart Room Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman, Senin (11/10/2021).

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, nota kesepakatan ini adalah sebagai bentuk kerja sama untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta untuk mencegah, mengungkap, dan menindak para pelaku kriminal.

“Dengan adanya kerja sama yang dituangkan dalam sebuah nota kesepakatan ini akan terwujud sinergisitas pelaksanaan kebijakan dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibnas) dan pencegahan, pengungkapan dan tindakan hukum terhadap pelanggar atau pelaku kriminalitas dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi,” ujar Kustini.

Baca juga   Pameran Seni Rupa "Owah Gingsir" Tandai Pembukaan Leman Art House

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kepolisian DIY, Komisaris Besar Polisi P. Yugonarko. Menurutnya, pemanfaatan infrastruktur CCTV ini dapat memonitoring kegiatan masyarakat berskala besar dan kejahatan yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

“Dengan CCTV ini kita bisa monitoring agenda-agenda masyarkat yang berskala besar seperti gejayan memanggil dan demo. Kemudian dengan adanya teknologi CCTV ini juga kita juga bisa melakukan monitoring, dan mengungkap kejahatan yang ada di wilayah Kabupaten Sleman,” jelas Yugonarko.

Baca juga   Kalurahan Caturtunggal Jemput Bola Rekam KTP-el Difabel dan Lansia

Kepala Diskominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro mengatakan bahwa, penandatanganan nota kesepatakan ini adalah sebagai pedoman dan bentuk sinergisitas dalam melaksanakan kebijakan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah kepolisian Daerah Istimewa Yogkayarta, khususnya di Kabupaten Sleman.

“Kesepakatan ini dilengkapi dengan rencana kerja yang menjadi landasan operasional bagi pihak polda dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Eka menyebutkan, saat ini jumlah CCTV yang dikelola oleh Diskomimfo Kabupaten Sleman ada 482 unit, di mana 113 di antaranya dimanfaatkan untuk pemantauan di jalan umum.

“CCTV yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sleman juga telah dimanfaatkan oleh Polda DIY dan Polres Sleman,” tambahnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar melantik Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng, Sumarno sebagai Sekda Jateng definitif. (Foto: Humas Jateng)

News

Setelah Sempat Kosong, Sekda Jateng Kini Dijabat Sumarno
Lebih dari 1.000 orang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Desa setempat bersama Kodim 0705 Magelang diminati warga Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Ribuan Warga Lereng Merapi Antusias Ikuti Sewu Vaksin Covid-19
Capaian vaksinansi bagi ibu hamil di Kabupaten Kendal baru 1.681 orang ibu hamil atau sebanyak 38,79 persen dari total ibu hamil, sebanyak 4.334 orang. (Foto: Diskominfo Kendal)

News

Capaian Vaksin Ibu Hamil di Kendal Baru 38,79 Persen
Ganjar Pranowo. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo: 7.000 RT di Zona Merah Harus Lockdown
Di Pekalongan vaksinasi telah diberikan kepada 43 ribuan orang, sehingga masih ada sekitar 190 ribu orang yang belum divaksin. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

190 Ribu Orang Belum Divaksin, Pekalongan Kebut Vaksinasi
Serbuan Vaksin Nasional di Salatiga yang dipantau Presiden Jokowi secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Dipantau Jokowi, Ribuan Siswa di Salatiga Ikuti Serbuan Vaksin Nasional
Bupati Temanggung HM Al Khadziq. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Tempat Wisata dan Pertunjukan Seni di Temanggung Dibuka Bertahap
Sebanyak 6.000 santri di bawah Yayasan Syubbanul Wathon sudah divaksinasi Covid-19 melalui program Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Ribuan Santri Ponpes Syubbanul Wathon Divaksinasi Covid-19