Home / Peristiwa

Minggu, 3 Oktober 2021 - 12:33 WIB

Pemkab Sukoharjo Targetkan Vaksinasi Capai 70% dalam Tiga Hari

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau percepatan vaksinasi. Pihaknya mengejar 143 ribu sasaran untuk memenuhi target pencapaian vaksinasi 70%. (Foto:Diskominfo Sukoharjo)

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau percepatan vaksinasi. Pihaknya mengejar 143 ribu sasaran untuk memenuhi target pencapaian vaksinasi 70%. (Foto:Diskominfo Sukoharjo)

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Percepatan vaksinasi Corona dilakukan Pemkab Sukoharjo selama tiga hari mulai 30 September hingga 2 Oktober 2021. Selama tiga hari tersebut, target vaksinasi dalam satu hari sebanyak 48 ribu sasaran. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 167 desa/kelurahan, 10 rumah sakit, dan 23 klinik.

“Kami mengejar target vaksinasi 70% agar Kabupaten Sukoharjo bisa turun dari level 3 ke level 1. Setelah 2 Oktober nanti, vaksinasi terus berjalan setiap hari,” jelas Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat memantau vaksinasi di GOR Desa Mayang, Kecamatan Gatak.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, program vaksinasi tidak berhenti setelah target 70% tercapai. Percepatan vaksinasi yang dilakukan serentak selama tiga hari tersebut khusus untuk mengejar target 70%. Hal itu dilakukan karena syarat turun level adalah capaian vaksinasi harus 70% secara umum dan khusus lansia 60%.

Untuk mencapai target 70% vaksinasi, kata Bupati, Sukoharjo masih kekurangan 143 ribu sasaran. Untuk itu, kekurangan akan dicapai dalam waktu tiga hari. Jika setiap hari vaksinasi dilakukan pada 48 ribu sasaran, maka dalam waktu tiga hari akan mencapai 144 ribu sasaran sehingga target 70% bisa dicapai.

Baca juga   Ini Istimewanya Yogya, Vaksinasi Live Painting On The Spot

Bupati meminta semua warga Sukoharjo yang belum vaksin untuk keluar rumah dan mengikuti vaksinasi.

“Masyarakat harus sadar dan ikut vaksinasi agar Kabupaten Sukoharjo bisa turun ke level 1. Karena syarat untuk turun level cakupan vaksinasi harus 70%,” jelas Bupati.

Imbauan tersebut didasari pada pelaksanaan percepatan vaksinasi hari pertama pada 30 September kemarin, target sasaran vaksinasi tidak tercapai. Pasalnya, dari target 48 ribu sasaran dalam satu hari hanya tercapai 50% atau 24 ribu sasaran.

Bupati mengaku, untuk memenuhi target sasaran vaksinasi per hari ternyata tidak mudah. Hal itu terbukti pada hari pertama percepatan vaksinasi dimana target sasaran tidak terpenuhi.

Baca juga   DIY Segera Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi Khusus Budaya dan Seni

“Jangan angel-angelan untuk divaksin. Semua keluar rumah untuk ikut vaksin, jangan sampai tidak mau divaksin sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain,” kata Bupati, Jumat (1/10/2021).

Terkait kuota vaksin sendiri, Bupati mengaku sudah tersedia dan tinggal pelaksanaan vaksin saja. Bahkan, untuk membantu percepatan vaksinasi, Sukoharjo mendapat tambahan tenaga kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, menambahkan jika sasaran vaksinasi di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 719.754 orang. Untuk target vaksinasi 70% dari sasaran tersebut sebanyak 503.828 orang dimana saat ini sudah tercapai 360.751 orang sehingga masih kekurangan 143.077 orang. Dalam tiga hari tersebut vaksinasi ditargetkan menyelesaikan 143.077 sasaran di 12 kecamatan.

“Untuk tiap desa sasaran vaksinasi per hari 200 orang, rumah sakit 1.000 orang dan klinik 200 orang. Jadi, dalam sehari total sasaran vaksinasi sebanyak 48 ribu orang,” kata Yunia. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Demak Gencarkan Vaksinasi Usia 12 hingga 18 Tahun
Salon Sapi mengais untung jelang Idul Adha. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Jelang Idul Adha, ‘Salon’ Sapi Laris Manis
Isoter yang dikelola Desa Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Hebat! Ini Desa Pertama yang Memiliki Shelter Pasien Covid-19
Pembudi daya bibit lele memberikan obat jamur di kolam yang terpapar abu vulkanik Merapi. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ribuan Lele Mati Akibat Abu Vulkanik Gunung Merapi
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto meninjau pelaksanaan Tes Kompetensi Calon PPPK. (Foto: Diskominfo Kebumen)

Peristiwa

Ribuan Guru Honorer Ikuti Tes Kompetensi Calon PPPK
Lomba Produktivitas Nelayan Gerakan Jaga Segaraku yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo. (Foto: MC.Kab.Kulon Progo)

Peristiwa

Jogo Segoroku, Puluhan Nelayan Kulon Progo Ikuti Lomba Tangkap Ikan
Lurah Terban, Narotama dan penghargaan yang diterimanya.(Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Hebat! Kelurahan Terban Juara Pertama Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat DIY
Vaksinasi yang diselenggarakan IKASUKA Magelang bekerja sama dengan Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ikatan Keluarga Alumni UIN Suka Gelar Vaksinasi