Home / Wisata

Jumat, 7 Januari 2022 - 12:30 WIB

Pemkab Temanggung Siapkan Tempat Khusus untuk Lindungi Benda dan Cagar Budaya

Pemerintah Kabupaten Temanggung akan mendirikan sebuah bangunan untuk tempat penyimpanan benda cagar budaya di sekitar Taman Kartini Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Pemerintah Kabupaten Temanggung akan mendirikan sebuah bangunan untuk tempat penyimpanan benda cagar budaya di sekitar Taman Kartini Temanggung. (Foto: MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung akan mendirikan sebuah bangunan untuk tempat penyimpanan benda cagar budaya di sekitar Taman Kartini Temanggung.

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mengatakan, keberadaan tempat penyimpanan benda-benda bersejarah yang aman dan terlindung sebagai amanat dari undang-undang. Maka itu, Pemkab Temanggung akan segera membangun tempat untuk melindungi benda-benda bersejarah.

“Lokasi penyimpanan benda bersejarah ada di sekitar Taman Kartini,” kata Wabup, Jumat (7/1/2022) di Temanggung.

Wabup menyampaikan, tempat penyimpanan benda dan cagar budaya tersebut telah direncanakan jauh hari. Lokasi sengaja ditempatkan di sekitar Taman Kartini dengan pertimbangan mudah diakses. Dikatakan, konsep penyimpanan dari tempat tersebut adalah rumah peradaban.

Baca juga   Dibangun dengan Anggaran Rp2,4 Miliar, Temanggung Kini Miliki Laboratorium Kesehatan Daerah

Konsep rumah peradaban ini, harapnya, tidak hanya sebagai tempat penyimpanan cagar budaya, tetapi juga benda-benda budaya lain.

“Benda budaya lain, seperti wayang Kedu dan perkembangan kostum seni nanti dimasukkan pula, jadi mempunyai tempat tersendiri di bangunan itu,” imbuhnya.

Selain itu, diterangkannya di dalam bangunan itu direncanakan ada media pembelajaran, seperti sebagaimana orang dahulu membuat gerabah, menatak wayang dan lainnya.

Di Temanggung, berdasarkan pendataan hingga awal Januari 2021 terdapat 193 obyek yang terdiri dari benda, struktur dan situs budaya. “Objek tersebut telah ditetapkan oleh Bupati,” jelasnya.

Baca juga   Praon Cawan Sedayu, Jadi Rintisan Wisata Budaya

Lebih lanjut dikatakan, khusus untuk struktur bangunan dan situs telah dilengkapi dengan koordinat tempat keberadaanya. Hal ini diantaranya untuk mempermudah mengetahui dan mengecek keberadaan.

Wabup juga menyampaikan, benda budaya diperkirakan masih banyak tersimpan di bumi Temanggung, warga yang menemukan diharapkan untuk dapat memberitahukan kepada pemerintah untuk dijaga dan dilestarikan.

“Kami melakukan upaya-upaya pelestarian benda budaya, karena itu bernilai sejarah nenek moyang,” tandasnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Objek wisata di Pekalongan membenahi sarana dan prasarana selama tutup PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Wisata

PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana
Nasi grombyang khas Pemalang masuk WBTB dalam kategori teknologi tradisional. (Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Masuk Warisan Budaya, Ini Istimewanya Nasi Grombyang Pemalang
Penggunaan mobile crane pada wahana Ngopi in the Sky yang dihentikan oleh Pemda DIY turut menjadi perhatian Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno. Dirinya menaruh perhatian pada wahana tersebut dan mengaku cukup terkesan dengan kreativitas pengelolanya, namun demikian harus mengutamakan faktor keselamatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Menparekraf Soal Wahana Ngopi in The Sky, Utamakan Keselamatan dan Sertifikasi CHSE
Saat mengikuti ajang Borobudur Marathon, Minggu (28/11/2021), Ganjar memberikan bantuan pada masyarakat Nepal Van Java. Untuk mempercantik daerah itu, Ganjar memberikan bantuan dua ton cat yang diserahkan langsung kepada Kadus Butuh, Temanggung, Lilik Setiawan. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Percantik Nepal Van Java, Ganjar Beri Bantuan 2 Ton Cat
Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pintu internasional menuju Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai 14 Oktober 2021 mendatang di mana turis mancanegara yang diperbolehkan masuk Bali hanya berasal dari lima negara yaitu Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Selandia Baru. (Foto:InfoPublik)

Wisata

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Dibuka, Wisman 5 Negara Ini yang Boleh Masuk
Watu Dodol berada ditengah ruas jalan yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi dan terletak 5 kilometer sebelum Pelabuhan Ketapang. (Foto: zainuri arifin)

Wisata

Pesona Watu Dodol yang Menyimpan Cerita Mistis
(nyatanya.com/Media Center Keraton Yogyakarta)

Wisata

Penutupan Wisata Keraton Yogyakarta Diperpanjang
Peresmian zona Menara Eiffel Taman Pintar dilakukan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Sisruwadi bersama Duta Besar Republik Perancis untuk Republik Indonesia, Olivier Chambard, Kamis (2/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Taman Pintar Hadirkan Zona Baru, Jelajah Menara Eiffel