Home / News

Rabu, 25 Mei 2022 - 17:25 WIB

Pemkab Wonogiri Tutup Seluruh Pasar Hewan, 13 Sapi Tersuspek PMK Berasal dari Luar Daerah

Bupati Joko Sutopo, saat Sosialisasi PMK Hewan Ternak kepada Paguyuban Peternak dan Pedagang Hewan Ternak Sapi dan Kambing Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/5/2022). Foto: Kominfo Wng

Bupati Joko Sutopo, saat Sosialisasi PMK Hewan Ternak kepada Paguyuban Peternak dan Pedagang Hewan Ternak Sapi dan Kambing Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/5/2022). Foto: Kominfo Wng

NYATANYA.COM, Wonogiri – Pemerintah Kabupaten Wonogiri menutup sementara operasional pasar hewan ternak di seluruh wilayah Wonogiri.

Penutupan operasional pasar hewan ini didasarkan atas Surat Edaran Bupati Wonogiri Nomor 443.39/7914 tanggal 23 Mei 2022 tentang Penutupan Sementara Operasional Pasar Hewan se-Kabupaten Wonogiri.

Penutupan dilakukan selama 14 hari mulai 24 Mei 2022 hingga 6 Juni 2022. Kebijakan ini diambil menyusul temuan kasus suspek penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di Pasar Hewan Kecamatan Pracimantoro.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo, ditemui saat Sosialisasi PMK Hewan Ternak kepada Paguyuban Peternak dan Pedagang Hewan Ternak Sapi dan Kambing Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/5/2022) mengatakan, penutupan yang dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar kasus PMK tidak menyebar ke wilayah kecamatan lain.

Baca juga   Update! Perjalanan Udara Jawa-Bali Kini Cukup Tes Antigen

Sampai dengan Rabu (25/5/2022), tercatat telah ditemukan 14 kasus suspek PMK. Setelah dilakukan monitoring, sebanyak 13 hewan ternak yang terinfeksi PMK tersebut bukanlah sapi milik peternak Wonogiri, melainkan sapi dari luar daerah yang dijual di Pasar Hewan Kecamatan Pracimantoro. Sedangkan satu lainnya adalah sapi milik peternak asal Kecamatan Kismantoro.

“Jadi sebanyak 13 sapi yg ditemukan PMK ini, delapan asalnya dari pedagang Boyolali, empat ekor dari pedagang Magetan, satu dari pedagang Donorojo Pacitan. Ini temuannya hari Senin di Pasar Pracimantoro. Kemudian Selasa tim kami melakukan monitoring, ada satu sapi yang terinfeksi milik peternak Kismantoro,” kata Bupati.

Bupati juga telah menginstruksikan kepada tim dari Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Wonogiri untuk terus melakukan pemantauan aktivitas peternakan di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri selama dua pekan ke depan.

Baca juga   Bulog Pastikan Daging Kerbau Impor Bebas PMK, Begini Penjelasannya

“Yang satu ini sudah kami tangani, kami karantina. Intinya tim sudah siap. Selanjutnya selama penutupan pasar, aktivitas peternakan pun harus terus dipantau, agar tidak terjadi penyebaran kasus PMK di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri,” terangnya.

Selama pasar hewan ditutup, Bupati meminta para camat hingga Kades dan Lurah untuk terus melakukan koordinasi dengan para mantri hewan di daerahnya masing-masing untuk memberi edukasi kepada masyarakat khususnya peternak sapi untuk mengetahui ciri-ciri wabah PMK pada ternak.

Bupati berharap, penutupan operasional pasar ini akan dapat memutus mata rantai penularan PMK.

“Kami mohon dukungan dan doa restu agar penanganan PMK bisa berjalan dengan baik dan Wonogiri bebas dari PMK,” pungkasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Per Rabu 23 Maret 2022, Sebanyak 19.209 Orang Sembuh dari Covid-19
Seminar Akhir Kajian Resiko Bencana di Hotel Gaia Cosmo, Kamis (2/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

BPBD Rancang Kajian Resiko Penanggulanan Bencana di Kota Yogyakarta

News

Begini Penjelasan Keraton Terkait Penertiban Sultan Ground Kawasan Bukit Sanglen Gunungkidul
Giat PNIB Kirab Merah Putih Pancasila menolak Khilafah Sampai Kiamat yang digelar di Yogyakata. Foto: Ist

News

Warga Yogya Tolak Faham Khilafah Sampai Kiamat
Acara Fasilitasi Implementasi Kebijakan Germas Tingkat Provinsi, di Balairung UPGRIS, Jalan Gajah Raya Semarang. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Hati-hati tapi Jangan Paranoid
Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. (Foto: Kemenhub)

News

Pemerintah Siapkan Skema Baru Ubah Prioritas Penanganan ODOL
Sarjiyono gembira di atas kursi roda bantuan Pemkot Yogya dan Baznas Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Sarjiyono Sumringah Dapat Bantuan Kursi Roda dari Pemkot Yogya
Tim BPBD Kabupaten Tuban membantu warga menyelamatkan diri dari banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Tuban)

News

Banjir Bandang Terjang 6 Desa di Tuban, Satu Warga Meninggal Dunia