Home / News

Kamis, 19 Januari 2023 - 21:53 WIB

Pemkot Yogya Bakal Fungsikan Rusunawa Tower I di Bener

Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya meninjau rusunawa Bener, Kamis (19/1/2023). Foto: Humas Pemkot Yogya

Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya meninjau rusunawa Bener, Kamis (19/1/2023). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta akan memfungsikan bangunan rumah susun sewa (rusunawa) tower 1 di Bener, Tegalrejo untuk hunian masyarakat.

Setelah dibangun, rusunawa tower I difungsikan untuk shelter isolasi terpusat Covid-19 di Kota Yogyakarta sejak September 2020.

Dengan mempertimbangkan kondisi kasus Covid-19 yang landai, rusunawa tower I Bener akan difungsikan sebagai hunian.

“Kita berkecenderungan untuk mengembalikan tower satu rusunawa Bener pada kepentingan hunian. Artinya kepentingan kedaruratan Covid-19 bisa diakhiri di tower satu,” kata Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya usai koordinasi dan meninjau rusunawa Bener, Kamis (19/1/2023) dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Menurutnya berdasarkan laporan Dinas Kesehatan, perkembangan kondisi Covid-19 relatif landai dan cenderung menurun.

Jika terjadi kondisi darurat Covid-19, rumah sakit di Kota Yogyakarta akan melakukan perubahan secara proporsional untuk kepentingan kedaruratan.

Di samping itu akan disiapkan strategi isolasi mandiri dengan berbagai metode ke wilayah.

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, shelter rusunawa terakhir digunakan untuk isolasi Covid-19 sebanyak 1 pasien pada pertengahan Desember 2022.

Baca juga   Rekam Jejak Sejarah Istana Kepresidenan Daerah Istimewa Yogyakarta

Sebelumnya shelter menerima isolasi pasien di Agustus 2022. Pada September sampai November 2022 tidak ada pasien Covid-19 yang masuk shelter.

“Tower dua rusunawa Bener yang berdampingan dengan tower satu sudah difungsikan untuk hunian. Artinya kepentingan awal dari pembangunan ini sudah ditindaklanjuti,” tambahnya.

Aman menegaskan secara formal keputusan memfungsikan rusunawa tower I di Bener sebagai hunian ada di penjabat walikota.

Untuk itu pihaknya akan mengusulkan ke penjabat walikota bahwa kepentingan kedaruratan di tower 1 rusunawa Benar bisa diakhiri.

“Mudah-mudah akhir bulan Januari ini sudah ada keputusan resmi. Sehingga bulan Februari sudah ada persiapan-persiapan untuk memfungsikan kepentingan hunian di rusunawa tower satu,” tutur Aman.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta, Hari Setyowacono mengatakan berkaitan dengan difungsikan tower I rusunawa Bener sebagai hunian, maka PUPKP akan melakukan pengecekan kondisi bangunan.

Apabila ada kerusakan maka segera dilakukan perbaikan karena bangunan rusunawa sudah diserahkan kepada Pemkot Yogyakarta.

“Kita akan melakukan perbaikan sebelum dihuni. Ada anggaran pemeliharaan (rusunawa) di tahun anggaran 2023,” ujar Hari.

Baca juga   Menkominfo Cabut Izin Pita Frekuensi Radio PT Net Satu Indonesia

Tower I rusunawa Bener dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun 2019 untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Tower I dibangun 3 lantai dengan kapasitas 44 unit dan luas 36 meter persegi/unit.

Setiap unit rusunawa terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Selain itu setiap unit dilengkapi furnitur meja dan kursi, lemari pakaian dan tempat tidur.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rusunawa Kota Yogyakarta Wisnu Windarto menyebut saat membuka pendaftaran hunian untuk tower II rusunawa Bener sudah ada 160 berkas yang masuk dari masyarakat.

Dari jumlah itu diambil 44 setelah melalui penilaian dan memenuhi syarat, maka menempati tower II rusunawa Bener.

“Seandainya fungsi shelter di tower satu sudah dicabut dan bisa dikembalikan fungsinya sebagai hunian, kita tinggal memanggil mereka yang sudah memasukan formulir untuk tinggal di rusunawa. Tinggal sesuaikan skoring dan memanggil untuk kita interview,” pungkas Wisnu.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Istimewa)

News

Luar Biasa, Hingga Akhir Februari 2022 APBN Surplus Rp19,7 Triliun
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Kasus Baru Covid-19 di Jateng Turun Drastis
Pembangunan hunian sementara resmi dimulai. Dimulainya pembangunan ditandai dengan 'pencangkulan pertama' oleh Menkopolhukam RI Mahfud MD, dan ditutup oleh doa yang dipimpin oleh Gus Miftah, di Lahan Relokasi Desa Sumbermujur Kabupaten Lumajang, Jumat (17/12/2021). (Foto:MC Kab. Lumajang)

News

Pembangunan Huntara untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru Resmi Dimulai
Presiden China Xi Jinping (kiri) berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) sebelum mengikuti sesi pembukaan KTT G20, di Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022. Foto: G20 Indonesia Media Center/Galih Pradipta

News

Indonesia Banjir Pujian di Penyelenggaraan KTT G20, Joe Biden: Indonesia Rekan Aktif dan Krusial bagi Amerika Serikat
Masih banyak masyarakat tak patuh prokes saat mengunjungi objek wista Dieng Wonosobo. Sebanyak 230 orang terjaring opoerasi prokes yang dilakukan Satpol PP setempat pada Minggu (17/10/2021). Petugas tak segan-segan menegur dan memberikan masker bagi yang tak membawa. (Foto:Diskominfo Wonosobo)

News

230 Orang Ngeyel Tak Pakai Masker Terjaring Razia di Obwis Dieng
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: InfoPublik)

News

Cegah Omicron, Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Keluar Negeri
Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman mengadakan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Menengah pada Selasa (21/6/2022). Foto: Ist

News

Tingkatkan Kompetensi Guru Agama Katolik, Membumikan Moderasi Beragama
Pasukan gabungan dari Angkasa Pura, TNI, Polri dan Dishub mengikuti apel gelar pasukan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/12/2022). Apel pasukan gabungan tersebut untuk mengamankan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru menggunakan pesawat terbang di bandara tersebut dan petugas juga mendirikan posko terpadu yang dilengkapi berbagai informasi untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan pemudik. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.

News

Tiga Hari Lagi Polisi Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Wilayah, Amankan Nataru