Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 17:14 WIB

Pemkot Yogya Bentuk Satuan Relawan Kebakaran di 45 Kelurahan

Selain akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran, Pemkot juga akan melakukan pembangunan jaringan hidran kering di sejumlah kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Selain akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran, Pemkot juga akan melakukan pembangunan jaringan hidran kering di sejumlah kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat dibidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran, Pemkot Yogya melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran di 45 kelurahan di Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogya, Octo Noor Arafat mengatakan, tugas satuan relawan kebakaran ini di antaranya melakukan koordinasi dengan kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), kampung, RT/RW untuk menggelar sosialisasi mengenai upaya pencegahan dan deteksi dini bencana kebakaran.

Baca juga   Gunung Merapi Kembali 'Muntah-muntah' Dini Hari Tadi

“Semacam membuat mitigasi bencana kebakaran yang ada di wilayah, sesuai dengan kondisi dari masing-masing wilayah,” katanya, Rabu (29/9/2021).

Selain itu satuan relawan kebakaran ini juga akan dibekali dengan kemampuan untuk melakukan pemadaman awal apabila terjadi bencana kebakaran supaya kebakaran tidak semakin meluas.

“Penanganan kebakaran menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga penanganan sejak dini sangat diperlukan,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, ketika ada kejadian di wilayahnya, para relawan tersebut dapat melakukan penanganan awal dan pengkondisian lingkungan. Namun apabila kebakaran dirasa mulai membesar dan sulit ditangan, satuan relawan kebakaran harus segera melapor ke Dinas Kebakaran dan Penyelamatan.

Baca juga   Warga Balirejo Sulap Gang Gersang Jadi Kebun Strawberry

“Tujuannya agar waktu respons petugas bisa semakin cepat dan kebakaran bisa ditangani lebih baik,” katanya.

Selain akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran, pihaknya juga akan melakukan pembangunan jaringan hidran kering di sejumlah kampung, seperti di Ngadiwinatan dan Kampung Purwodiningratan, Kemantren Ngampilan. (*)

Share :

Baca Juga

Di atas tiga bidang tanah yang disita berdiri sebuah bangunan permanen yaitu Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta. (Foto: agoda.com/Puspenkum Kejagung)

News

Kejagung Sita Aset Tersangka Kasus Korupsi Asabri di Yogyakarta
Foto: BMKG

News

Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jabar, Jateng, dan Yogyakarta, Hari Ini dan Besok
Ilustrasi bantuan vaksin yang tiba di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

News

Giliran Australia Kirim Pasokan Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia
Ketua MUI Jawa Tengah KH Ahmad Darodji. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

MUI Jateng Izinkan Gelar Salat Idulfitri di Lapangan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Senin (2/5/2022). Foto: Humas Jateng

News

Salat Id di Simpang Lima, Ganjar: Masyaallah Ini Luar Biasa
Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan. Foto: dok. Humas dan Protokol BNN

News

Dari 11 Kasus Narkoba yang Diungkap di Juni – Juli, 4 Aparat Aktif Terlibat, Begini Sikap Polri
PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan avtur ke Nusa Tenggara Barat (NTB) aman saat perhelatan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit Pujut, Lombok Tengah, NTB, pada 18-20 Maret 2022. (Foto: ANTARA)

News

Pertamina Jamin Pasokan Avtur Aman Saat MotoGP Mandalika
Ilustrasi, pedagang minyak goreng di pasar tradisional di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Polda DIY Pantau Distribusi Minyak Goreng, Penimbun Diancam Penjara 5 Tahun atau Denda Rp50 Miliar