Home / Peristiwa

Selasa, 30 November 2021 - 19:36 WIB

Pemkot Yogya – BPN Realisasikan Kegiatan Reforma Agraria Tahun 2021

Sejumlah kepala perangkat daerah Pemkot Yogyakarta menandatangani berita acara dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Yogyakarta tahun 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Sejumlah kepala perangkat daerah Pemkot Yogyakarta menandatangani berita acara dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Yogyakarta tahun 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemko Yogyakarta bersama Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah merealisasikan kegiatan reforma agraria tahun 2021. Kegiatan berupa penataan aset dan akses di beberapa kampung di Kota Yogyakarta. Penataan aset dan akses itu untuk memberikan payung hukum guna meminimalisir sengketa dan konflik pertanahan.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta, Sisruwadi mengatakan tertib hukum dan administrasi dalam pertanahan sangat penting untuk memberikan kepastian, penetapan dan mendukung dalam pengambilan kebijakan terkait arah pembangunan fisik, sosial dan kemasyarakatan di dalam suatu kawasan.

Pelaksanaan Rencana Tata Ruang Wilayah perkotaan diharapkan akan berjalan lebih baik dan selaras dengan kondisi faktual pertanahan yang ada di lapangan.

“Hal ini penting untuk meningkatkan pelayanan publik di bidang pertanahan dan mewujudkan kepastian hukum terkait penguasaan dan kepemilikan bidang tanah. Selanjutnya mewujudkan kelengkapan data spasial dan tekstual pertanahan, serta meningkatkan kemampuan akses data dan informasi yang komprehensif di bidang pertanahan,” kata Sisruwadi dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Yogyakarta tahun 2021, di Ruang Bima Balai Kota Yogyakarta, Selasa (30/11/2021).

Baca juga   Stok Melimpah, Surakarta Ngebut Vaksinasi

Pemkot Yogyakarta memiliki kewajiban untuk menyediakan sarana prasarana maupun ruang publik optimal bagi masyarakat serta pembangunan fisik, sosial dan kemasyarakatan yang dilaksanakan wajib memenuhi aturan perundang-undangan tata ruang yang berlaku.

Melalui kegiatan rapat koordinasi diharapkan dapat mewujudkan pembangunan serta pemanfaatan ruang secara efektif, tepat guna, dan konkret sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Yogyakarta.

“Semoga melalui forum ini kita dapat menggali informasi, ide dan serta gambaran yang nyata di lapangan, secara lebih komprehensif, konkrit dan mendalam, dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya di Kota Yogyakarta,” tambahnya.

Sementara itu mewakili Sekretaris Pelaksana Harian Gugus Tugas Reforma Agraria dari Kantor Pertanahan ATR/BPN Kota Yogyakarta Rahmat Nugroho menyatakan tujuan rakor Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Yogyakarta tahun 2021 untuk menjelaskan realisasi pelaksanaan reforma agraria. Pada tahun 2021 lokasi kegiatan reforma agraria telah dilakukan di wilayah Kelurahan Patehan, Pringgokusuman dan Muja Muju.

Dia menjelaskan pendataan tanah objek reforma agraria telah ditetapkan lokasi kegiatan di Kampung Jlagran RT 14 RW 3 Pringgokusuman yang telah dilengkapi sertifikat hak milik atas nama pemegang hak Kasultanan Yogyakarta.

Baca juga   Sungai Bondoyudo Meluap, Sejumlah Rumah Warga di Lumajang Kebanjiran

Kampung Taman Kelurahan Patehan seluruh bidang tanah di lokasi itu telah dipetakan dan telah diterbitkan sertifikat.

Kampung Jlagran RT 14 RW 8 Pringgokusuman berupa pelaksanaan penataan aset dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan pendataan penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah oleh masyarakat setempat,

“Adanya kerja sama antara Pemkot Yogyakarta, BPN dan Kasultanan Yogyakarta sebagai wujud hadirnya negara dan rakyat dengan menerbitkan surat kekancingan baru kepada masyarakat kampung Jlagran RT 14 RW 3 sebagai alas hak untuk mengajukan permohonan kepada Kepala Kantor BPN Kota Yogyakarta untuk dapat diterbitkan sertifikat hak pakai atau hak guna bangunan di atas sertifikat hak milik tanah Kasultanan Yogyakarta,” jelas Rahmat.

Sedangkan Sekretaris Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Kementerian ATR/BPN Suwito mengapresiasi karena kegiatan reforma agraria di Kota Yogyakarta telah terlaksana dengan baik. Menurutnya harus ada sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan reforma agraria.

“Potensi Kota Yogyakarta cukup besar, solusinya dengan melaksanakan pendataan aset tanah dan penggunaan pemanfaatan tanah secara berkeadilan. Potensi SDM dan data pertanahan kota Yogya lebih lengkap dibandingkan kabupaten lain,” tandas Suwito.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani, menyerahkan secara simbolis bantuan bagi UKM terdampak Covid-19 di Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DisdagkopUKM) Klaten, Rabu (29/12/2021). Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Salurkan Rp2,9 Miliar bagi UKM Terdampak Covid-19
WJNC #6 mengusung tema Semar Boyong yang menceritakan tentang Poncowati yang terkena pagebluk, lalu bisa terhindar karena Kembang Wijaya Kusumo dan Cangkok Wijaya Mulyo pulih kembali di tangan Semar. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Sandiaga Uno: WJNC #6 Acara Terbaik Pariwisata Indonesia
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat sidak ke Pasar Darurat dan Pasar Baru Kedungwuni.(Foto:nyatanya.com/Dinkominfo Pekalongan)

Peristiwa

Hari Ke-3 PPKM Darurat, Warga Semakin Tertib
Posko Satgas Covid-19 Purbalingga bangun dapur umum melayani warga yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Purbalingga)

Peristiwa

Peduli Sesama, Warga Isoman Terima Bantuan Makanan Siap Saji
Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowoyoto. Pihaknya senantiasa berkomitmen melakukan transparansi sistem pemerintahan sesuai amanat Undang-undang Negara republik Indonesia. (Foto:Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

Tembus 10 Besar, Desa Sendang Siap Berkompetisi di Ajang KIP Nasional
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat penyerahan bantuan insentif kepada guru ustadz ustadzah di Balai Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Serahkan Bantuan Insentif Ustadz Ustadzah
Peringatan Jogja Kembali, Jadikan Momentum Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Paguyuban Wehrkreis Daerah Perlawanan III Yogyakarta Peringati Peristiwa Jogja Kembali ke-72
Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 merek AstraZeneca sebanyak 1.750.800 dosis pada Selasa (18/1/2022). (Foto: Ryiadhy BN/InfoPublik)

Peristiwa

Sebanyak 1.750.000 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Tanah Air