Home / Peristiwa

Senin, 12 Juli 2021 - 15:20 WIB

Pemkot Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Melalui Aplikasi Jogja Smart Service

Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran masyarakat umum untuk umur 12 tahun ke atas. Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Pada tahap awal vaksinasi masyarakat umum ini diprioritaskan untuk penduduk Kota Yogyakarta.

“Kami sekarang sudah membuka pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dengan umur 12 tahun ke atas. Pendaftaran vaksinasi dilakukan secara online melalui JSS,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, saat meninjau vaksinasi dan peluncuran pendaftaran vaksinasi melalui JSS di Kantor Pusat Bank BPD DIY, Sabtu (10/7/2021).

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 melalui JSS bisa dilakukan untuk diri sendiri maupun mendaftarkan orang lain. Syarat pendaftaran penduduk Kota Yogyakarta, usia minimal 12 tahun saat pendaftaran vaksinasi, wajib memiliki akun JSS untuk pendaftaran vaksinasi. Caranya unduh aplikasi JSS melalui telepon selular di play store maupun app store. Buka aplikasi JSS dan pilih menu pendaftaran vaksinasi kemudian isi data pendaftaran.

Baca juga   DIY Segera Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi Khusus Budaya dan Seni

“Keuntungan pendaftaran vaksinasi melalui JSS ada kepastian kapan dan di mana lokasi vaksinasi. Bagi yang mendaftarkan vaksinasi untuk orang lain di JSS harus bertanggung jawab mengantarkan orang yang didaftarkan,” papar Heroe.

Heroe menyatakan pada tahap awal vaksinasi Covid-19 yang mendaftar melalui JSS akan dilaksanakan pada Selasa, Rabu, Kamis pekan depan di halaman parkir barat Gembira Loka Zoo. Pada periode berikutnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang mendaftar lewat JSS juga akan dilayani di 18 puskesmas, 13 rumah sakit dan 2 klinik di Kota Yogyakarta.

“Pemkot berkomitmen memperbanyak seluas- luasnya masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi. Kita harus memperbanyak vaksinasi, meskipun kita sudah berupaya membatasi mobilitas. Karena vaksinasi adalah bagian upaya kita untuk mengurangi sebaran Covid-19,” terang Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu.

Baca juga   Bupati Sukoharjo Kembali Serahkan Bantuan 5.494 Paket Sembako

Pada kesempatan itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bank BPD DIY yang bekerja sama dengan Pemkot Yogyakarta menyediakan tempat untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada 650 orang pada Sabtu (10/7/2021).Vaksinasi itu menyasar keluarga besar Bank BPD DIY, pensiunan dan pelaku usaha mikro kecil menengah binaan Bank BPD DIY.

Heroe menyebut realisasi vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta saat ini untuk dosis pertama mencapai 170.000. Namun dari jumlah itu, dengan status warga KTP Yogyakarta baru mencapai sekitar 100.000 orang yang tervaksinasi. Oleh sebab itu vaksinasi diprioritaskan untuk warga penduduk Kota Yogyakarta dahulu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Arryani mengatakan dosis vaksinasi Covid-19 untuk usia anak sama dengan dewasa yakni setengah cc. Saat ini vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac, sehingga durasi jeda penyuntikan dosis pertama dan kedua selama 28 hari. (*)

Share :

Baca Juga

Paripurna ke-4 DPRD Surakarta menyetujui seluruh Raperda Kotamadya Dati II Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Surakarta)

Peristiwa

Paripurna ke-4 DPRD, Seluruh Fraksi Menerima dan Menyetujui Raperda Kota Surakarta
Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di De Tjolomadoe. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Karanganyar)

Peristiwa

Antusias! 48.000 Pelaku UMKM dan Masyarakat Vaksinasi di De Tjolomadoe
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau pembangunan jembatan Plipiran. (Foto:nyatanya.com/Humas Banjarnegara)

Peristiwa

Persingkat Jarak ke Wisata Dieng, Pembangunan Jembatan Plipiran Dikebut
Pertunjukan wayang kulit secara virtual HUT Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Pertunjukan Wayang Kulit Virtual, Tandai Puncak Peringatan Hari Jadi Boyolali
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

MUI Jateng Ajak Umat Muslim Salat Idul Adha di Rumah, Ini Naskah Khotbahnya
Suhajar Diantoro Plh Dirjen Adwil Kemendagri, batik merah bersama Bupati Boyolali M. Said Hidayat saat berada di Isolasi terpusat Brotowali 3 Singkel Desa Karanggeneng. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Isolasi Terpusat Tetap Menjadi Prioritas Tangani Pasien Covid-19
Para relawan yang tergabung dalam Team Kubur Cepat Kelurahan Kricak. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Team Kubur Cepat Kricak Makamkan Warga Terpapar Covid-19 Pukul 22.30 Wib
Rokok ilegal yang ditemukan di Pasar Simo. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Rokok Ilegal Marak di Boyolali, Aparat Belum Bertindak