Home / Peristiwa

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:19 WIB

Pemkot Yogya Gelar Pasar Industri Kreatif ‘Sekati YK Ing Mall’

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono dalam jumpa pers Sekati YK ing Mall di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (12/10/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono dalam jumpa pers Sekati YK ing Mall di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (12/10/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan pasar industri kreatif bertajuk “Sekati YK ing Mall” pada 13-18 Oktober 2021 di Malioboro Mall, Galeria Mall dan Lippo Plaza.

Kegiatan itu membawa semangat suasana perayaan Sekaten yang dulu dimeriahkan dengan pasar malam, promosi produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Yogyakarta dan seni budaya.

“Kami akan menyelenggarakan agenda Sekati YK ing Mall. Kami ingin membawa spirit suasana Sekaten dengan kegiatan Sekati Yk ing Mall. Titik berat kami pada aspek ekonomi, budaya dan pariwisata,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono dalam jumpa pers di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, suasana Sekaten selama ini sudah dikenal masyarakat salah satunya dengan penyelenggaraan pasar malam perayaan Sekaten. Dalam kegiatan itu dari aspek ekonomi, para pelaku UMKM mendapat kesempatan untuk menjual produknya.

Tapi sejak dua tahun lalu kegiatan perayaan itu tidak diselenggarakan. Oleh sebab itu Pemkot Yogyakarta ingin mengembalikan suasana perayaan Sekaten dalam Sekati YK ing Mall.

“Prosesi Sekaten tetap masih ada dan diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta. Sekati lebih pada membawa spirit suasana Sekaten. Kami ucapan terima kasih kepada Kraton Yogyakarta terkait penamaan Sekati kami sudah konsultasikan,” paparnya.

Baca juga   Digitalisasi Sertifikasi Halal Bakal Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Di samping itu Kadri menyatakan saat ini kondisi Covid-19 di Kota Yogyakarta sudah membaik dan dapat dikendalikan sehingga diharapkan masyarakat bersama menjaga kondisi itu. Dengan kondisi itu ada upaya untuk mulai melonggarkan. Salah satunya kegiatan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, sehingga diadakan Sekati YK ing Mall.

“Kegiatan diadakan di mall karena ini penanda awal. Selama ini seperti yang kita ketahui mall sangat terbatas mobilisasinya. Maka kami berikan kesempatan mal bersama Pemkot Yogyakarta menyelenggarakan Sekati YK ing Mall,” ucap Kadri.

Dia menyebut Sekati berasal dari kata Gamelan sehingga akan ada Gamelan yang akan ditampilkan dalam Sekati YK ing Mall. Kegiatan Sekati YK ing Mall akan menampilkan pameran produk UMKM berupa fesyen, kerajinan dan kuliner, workshop serta pertunjukan tari.

Baca juga   Tingkatkan Kenyamanan Bagi Wisatawan, Malioboro Akan Terus Dipercantik

Ada sekitar 40 UMKM yang akan tampil di Malioboro Mall, 20 UMKM di Galeria Mall dan 10 UMKM di Lippo Plaza. Dalam kegiatan itu juga akan ada layanan pendampingan pembuatan izin usaha nomor induk berusaha UMKM .

“UMKM yang terlibat sudah melalui kurasi. Pihak mall memberikan fasilitas area gratis untuk kegiatan Sekati YK Ing Mall. Kegiatan diadakan di Mall yang sudah menerapkan protokol kesehatan cukup ketat,” tambah Tri Karyadi.

Pihaknya menegaskan meskipun Sekati berasal dari kata Gamelan tapi ada pembeda dengan Sekaten. Sekati yang akan diadakan dikreasikan menjadi industri kreatif dan identik dengan pertunjukan, bukan ritual. Nama Sekati, lanjutnya, juga sudah mendapatkan restu dari Kraton Yogyakarta.

“Dalam kegiatan Sekati YK ing Mall juga akan ada gunungan yang berisi produk UMKM. Ada juga kegiatan fesyen show para kepala OPD dan istri. Mereka wajib membeli produk-produk UMKM Kota Yogya dan diperagakan dalam fesyen show saat pembukaan Sekati YK ing Mall,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kondisi bus yang terbakar di Tol Pandaan arah Malang. (Foto: tangkapan layar video amatir)

Peristiwa

Bus Wisata Ludes Terbakar di Tol Pandaan Arah Malang, 48 Penumpang Selamat
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Wakil Bupati Sragen Suroto, Sekda Sragen Tatag Prabawanto, Asisten Bidang Pemerintahan, serta perwakilan dari BPBD dan Dinas Sosial, berangkat ke wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, menyalurkan bantuan bagi korban erupsi, Selasa (21/12/2021). (Foto: Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Bupati Sragen Berangkat ke Lumajang Serahkan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru
Suhajar Diantoro Plh Dirjen Adwil Kemendagri, batik merah bersama Bupati Boyolali M. Said Hidayat saat berada di Isolasi terpusat Brotowali 3 Singkel Desa Karanggeneng. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Isolasi Terpusat Tetap Menjadi Prioritas Tangani Pasien Covid-19
Mobil Kijang Innova yang mengalami kecelakaan di kilometer 64 ruas tol Pekanbaru - Dumai, Riau, Kamis (23/12/21). (Foto:Mediacenter Riau/mtr)

Peristiwa

Kecelakaan Mobil Innova di Tol Pekanbaru – Dumai Akibat Pecah Ban
Dua orang pengunjung Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai sedang mendapatkan penjelasan tentang batik dari penjaga stan, Sabtu (9/10/2021) di Dubai, Uni Emirat Arab. (Foto: Kemendag)

Peristiwa

Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai Tarik Minat 50 Ribu Pengunjang selama Dua Pekan
Ilustrasi apotek di Pekalongan. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Timbun Tabung Oksigen dan Obat, Terancam Pidana
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 usia 6 - 11 tahun yang diadakan Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta di SD Bias Giwangan pada Rabu (5/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Warga Yogya Antusias Ikut Vaksinasi Anak di Sekolah
Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Jumat (3/12/2021), secara virtual. (Foto: BPMI Setpres)

Peristiwa

Presiden Jokowi: Layanan Disabilitas Ukuran Kemajuan Peradaban Bangsa