Home / Peristiwa

Selasa, 13 Juli 2021 - 17:53 WIB

Pemkot Yogya Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi pada anak. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi pada anak. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12 sampai 18 tahun, termasuk vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas yang mendaftar melalui Jogja Smart Service (JSS).

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyebut total sasaran vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 12 sampai 18 tahun di Kota Yogyakarta sebanyak 44.999 orang. Sedangkan jumlah warga Kota Yogyakarta berusia 18 tahun ke atas mencapai 311.811 orang.

“Hari ini kami sudah mulai vaksinasi untuk pendaftaran melalui aplikasi JSS. Pesertanya untuk anak usia 12 tahun-18 tahun ada pelajar SD, SMP dan SMA. Untuk hari ini ada sekitar 250 anak,” kata Heroe saat meninjau vaksinasi penduduk Kota Yogyakarta, di Gembira Loka Zoo, Selasa (13/7/2021).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 itu juga dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61. Rencananya vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dan anak itu digelar hingga Kamis (15/7/2021) bagi penduduk Kota Yogyakarta yang sudah mendaftar vaksinasi melalui aplikasi JSS. Dalam sehari, kuota vaksinasi dibatasi 500 orang.

Baca juga   Soloraya Harus Kompak Lawan Pandemi, Gibran Serahkan Bantuan Konsentrator Oksigen

Heroe menyatakan vaksinasi bagi usia anak akan terus digencarkan. Tidak hanya penduduk Kota Yogyakarta. Bahkan anak domisili di Kota Yogyakarta maupun pelajar yang bersekolah di Kota Yogyakarta meski tinggal di luar daerah.

“Itu akan diakomodir di sekolah. Pada minggu selanjutnya vaksinasi pelajar di sekolah-sekolah,” ujar Heroe.

Menurutnya anak-anak memiliki kerentanan terhadap penularan Covid-19 karena mendasarkan pada data kasus Covid-19 juga dialami usia anak. Meski demikian jumlah kasus Covid-19 usia anak- anak di Kota Yogyakarta rendah.

Heroe menyatakan dari total sekitar 13.000 orang yang pernah terpapar Covid-19 sejak Maret 2020 di Kota Yogyakarta untuk usia 0 hingga 9 tahun ada 744 orang. Dari jumlah itu di antaranya ada satu kasus Covid-19 bayi usia 10 bulan yang meninggal dunia karena juga mengalami kelainan. Sedangkan usia 10 hingga 19 tahun yang pernah terpapar Covid-19 mencapai 1.214 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menambahkan, ketersediaan vaksin di Kota Yogyakarta sampai kemarin tercatat sekitar 43.000 dosis. Dalam sehari, vaksinasi yang digelar di 18 puskesmas dan fasilitas layanan kesehatan lainnya mencapai 2.000 dosis. Jumlah itu belum termasuk untuk kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan secara insidental.

Baca juga   Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat

“Tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan vaksin. Kalau sudah menipis, maka sepuluh hari sebelum habis kami ajukan permintaan ke pemerintah agar tidak terjadi kekosongan. Untuk saat ini vaksin yang dipakai di Kota Yogyakarta termasuk untuk anak-anak adalah Sinovac,” terang Emma.

Salah seorang anak peserta vaksinasi Covid-19 Ni Putri Riski Ananda Intan Prameswari menuturkan tak merasakan sakit saat disuntik vaksin Covid-19. Dia mengajak para pelajar warga Kota Yogyakarta untuk mengikuti vaksinasi guna mencegah sebaran Covid-19.

“Saya daftar lewat JSS dan langsung dapat tiket untuk vaksin. Tidak perlu takut karena tidak terlalu sakit. Vaksinnya cepat dan prokes-nya sangat baik,” ucap pelajar SMAN 6 Yogyakarta. (*)

Share :

Baca Juga

Walikota Surakarta, Gibran Rakabumining saat menyerahkan bantuan oxygen concentrator kepada Pemkab Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Giliran Klaten Dapat Bantuan Oxygen Concentrator dari Pemkot Surakarta
Penutupan ruas jalan pada jam 9 malam sudah dilakukan sejak Rabu (30/6/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Satpol PP Lakukan Operasi Yustisi dan Rapid Test Antigen
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Gerakan Kampung Panca Tertib Turunkan Pelanggaran Perda
Pemberangkatan tangki air bersih dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali Letkol. Arm. Ronald Siwabessy bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Masruri di halaman kantor BPBD setempat. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Meski Musim Kemarau Basah, Beberapa Wilayah Ini Sudah Alami Kekeringan
Bantuan APD dari BPBD Kabupaten Magelang disalurkan melalui perwakilan jajaran Polsek. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Ribuan APD dan Paket Beras
Acara audiensi diakhiri dengan penyerahan buku panduan pelaksanaan Sekolah Penggerak dari LPMP DIY dan BP PAUD pada Walikota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Dukung Inovasi Sekolah Penggerak
Haryadi Suyuti saat menghadiri kunjungan Tim Pengawas dan dan Evaluasi (Wasev) kegiatan TMMD Reguler ke-111 TA 2021 di Markas Kodim 0734 Yogyakarta. (Foto: nyatanya.com/Pemkot Jogja)

Peristiwa

TMMD Diharapkan Bantu Recovery Ekonomi Saat Pandemi
Serma Hartono membagikan obat serta vitamin. (Foto : dokumentasi Koramil Tegalrejo)

Peristiwa

Serma Hartono Bagikan Obat dan Vitamin Bantuan Mabes TNI ke Warga Kricak