Home / Peristiwa

Selasa, 13 Juli 2021 - 17:53 WIB

Pemkot Yogya Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi pada anak. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi pada anak. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12 sampai 18 tahun, termasuk vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas yang mendaftar melalui Jogja Smart Service (JSS).

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyebut total sasaran vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 12 sampai 18 tahun di Kota Yogyakarta sebanyak 44.999 orang. Sedangkan jumlah warga Kota Yogyakarta berusia 18 tahun ke atas mencapai 311.811 orang.

“Hari ini kami sudah mulai vaksinasi untuk pendaftaran melalui aplikasi JSS. Pesertanya untuk anak usia 12 tahun-18 tahun ada pelajar SD, SMP dan SMA. Untuk hari ini ada sekitar 250 anak,” kata Heroe saat meninjau vaksinasi penduduk Kota Yogyakarta, di Gembira Loka Zoo, Selasa (13/7/2021).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 itu juga dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61. Rencananya vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dan anak itu digelar hingga Kamis (15/7/2021) bagi penduduk Kota Yogyakarta yang sudah mendaftar vaksinasi melalui aplikasi JSS. Dalam sehari, kuota vaksinasi dibatasi 500 orang.

Baca juga   Hasil Otopsi Perempuan Paruh Baya Tewas Telanjang di Hotel Surabaya, Paru-paru Terisi Air

Heroe menyatakan vaksinasi bagi usia anak akan terus digencarkan. Tidak hanya penduduk Kota Yogyakarta. Bahkan anak domisili di Kota Yogyakarta maupun pelajar yang bersekolah di Kota Yogyakarta meski tinggal di luar daerah.

“Itu akan diakomodir di sekolah. Pada minggu selanjutnya vaksinasi pelajar di sekolah-sekolah,” ujar Heroe.

Menurutnya anak-anak memiliki kerentanan terhadap penularan Covid-19 karena mendasarkan pada data kasus Covid-19 juga dialami usia anak. Meski demikian jumlah kasus Covid-19 usia anak- anak di Kota Yogyakarta rendah.

Heroe menyatakan dari total sekitar 13.000 orang yang pernah terpapar Covid-19 sejak Maret 2020 di Kota Yogyakarta untuk usia 0 hingga 9 tahun ada 744 orang. Dari jumlah itu di antaranya ada satu kasus Covid-19 bayi usia 10 bulan yang meninggal dunia karena juga mengalami kelainan. Sedangkan usia 10 hingga 19 tahun yang pernah terpapar Covid-19 mencapai 1.214 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menambahkan, ketersediaan vaksin di Kota Yogyakarta sampai kemarin tercatat sekitar 43.000 dosis. Dalam sehari, vaksinasi yang digelar di 18 puskesmas dan fasilitas layanan kesehatan lainnya mencapai 2.000 dosis. Jumlah itu belum termasuk untuk kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan secara insidental.

Baca juga   Bareng TNI-Polri, Pemkab Temanggung Genjot Vaksinasi Pekerja

“Tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan vaksin. Kalau sudah menipis, maka sepuluh hari sebelum habis kami ajukan permintaan ke pemerintah agar tidak terjadi kekosongan. Untuk saat ini vaksin yang dipakai di Kota Yogyakarta termasuk untuk anak-anak adalah Sinovac,” terang Emma.

Salah seorang anak peserta vaksinasi Covid-19 Ni Putri Riski Ananda Intan Prameswari menuturkan tak merasakan sakit saat disuntik vaksin Covid-19. Dia mengajak para pelajar warga Kota Yogyakarta untuk mengikuti vaksinasi guna mencegah sebaran Covid-19.

“Saya daftar lewat JSS dan langsung dapat tiket untuk vaksin. Tidak perlu takut karena tidak terlalu sakit. Vaksinnya cepat dan prokes-nya sangat baik,” ucap pelajar SMAN 6 Yogyakarta. (*)

Share :

Baca Juga

Sertijab Panewu Camat dan Pelantikan ketua TP PKK Kapanewon di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Sertijab Panewu dan Pelantikan Ketua TP PKK Kapanewon di Kabupaten Bantul
Hasil dokumentasi visual dari pesawat nirawak/drone pada titik longsoran di hulu Talamau yang terbawa arus sungai ke hilir menuju rumah penduduk. (Foto: BPBD Kabupaten Limapuluh Kota)

Peristiwa

BMKG: Video Lumpur Bergerak Pascagempabumi Pasaman Bukan Likuifaksi
Kesbangpol Kabupaten Magelang bekerja sama dengan BNN Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan tes urine bagi para pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. Foto: humas/beritamagelang

Peristiwa

Dilakukan Mendadak, Ratusan Pejabat Pemkab Magelang Ikut Tes Urine, Ini Hasilnya
Koramil 03/Bulu, Polsek dan Satpol PP Kecamatan Bulu melaksanakan Pemasangan Pamplet PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Koramil-Polsek Gencar Sosialisasikan Prokes PPKM Darurat
Pelaku curas dan barang bukti dihadirkan dalam pers conference yang digelar Polsek Gamping. Foto: @polresleman

Peristiwa

Pelaku Curas di Ring Road Barat Gamping Diringkus Polisi, Modus Pepet Korban dan Tuduh Klitih
Pembangunan tol Semarang-Demak seksi II dari Sayung sampai Demak sepanjang 16,31 km itu ditargetkan selesai bertepatan pada perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022 mendatang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Proyek Tol Semarang-Demak Seksi II Ditarget Selesai 28 Oktober 2022
Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM di depan driver ojol yang melakukan unjuk rasa di depan gedung DPRD DIY. Foto: Ist

Peristiwa

Ojol Demo Kenaikan BBM, Dr R Stevanus: Kenaikan BBM Memberatkan, Perlu UU yang Pro Driver Online
Tersangka AA dihadirkan dalam konferensi pers yang digelar Polresta Yogyakarta, Kamis (15/9/2022). Foto: @polresjogja

Peristiwa

Setubuhi Saudara Sepupu Dua Kali, AA Diancam Pidana dan Denda Rp5 Miliar