Home / News

Kamis, 23 Juni 2022 - 12:17 WIB

Pemkot Yogya Terbitkan Perwal Jam Malam Anak, Butuh Peran Aktif Orang Tua

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terbitkan Peraturan Walikota Nomor 49 Tahun 2022 Tentang Jam Malam.

Hal ini sebagai upaya perlindungan terhadap anak dari kegiatan yang dapat membahayakan fisik, mental dan kesejahteraan sosial emosinya, termasuk kegiatan yang mengarah pada tindakan kriminal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta Edi Muhammad menjelaskan peraturan ini dibuat untuk melindungi dan memenuhi hak-hak anak.

Pembatasan jam malam ini ditujukan kepada anak di bawah umur atau berusia di bawah 18 tahun.

“Terkait kejadian kejahatan jalanan atau klitih yang viral akhir-akhir ini, Pemkot Yogya berupaya membangun agar tumbuh kembang anak baik dan tidak kearah negatif maka dilakukan pendekatan yang utama lewat keluarga, sekolah dan lingkungan yang ramah,” ujar Edi, Rabu (22/6/2022).

Baca juga   Tanggap Tanggon Tuwuh, Tema HUT Ke-265 Kota Yogya yang Penuh dengan Doa, Harapan, dan Optimisme

Ramah yang dimaksud adalah memberikan pemenuhan hak-hak anak dan menciptakan anak sebagai pelopor dan pelapor serta melibatkan anak untuk berpartisipasi dan mendengarkan suara anak.

Edi menjelaskan permasalahan yang ada di wilayah Kota Yogya adalah banyak anak di bawah umur berada di luar rumah diatas pukul 22.00 WIB dengan kegiatan yang tidak jelas.

“Oleh karena itu, Pemkot Yogya mengeluarkan Perwal Nomor 49 th 2022 tentang jam malam anak, yang menekankan anak agar di dalam keluarga. Apabila masih memiliki kegiatan di luar harus bisa memberikan keterangan atau ada yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut,” tambahnya..

Pemkot Yogya dalam menerapkan peraturan ini mengedepankan humanisme, sehingga setiap anak yang tidak mematuhi kewajiban maka akan dikenakan sanksi administratif berupa teguran lisan, peringatan tertulis hingga pembinaan di balai rehabilitasi yang ditunjuk.

Baca juga   Pemkot Yogya Beri Bantuan Asistensi Sosial Lanjut Usia Miskin

“Berlakunya jam malam ini sudah mulai disosialisasikan sejak Senin (20/6/2022) dengan mengirim notifikasi ke semua pemilik akun Jogja Smart Service (JSS) yang berisi pesan bapak dan ibu untuk memastikan putra atau putri sudah berada di rumah bersama keluarga. Sehingga anak pun merasa diperhatikan oleh orang tuanya,” jelasnya.

Dengan diterbitkannya Perwal No. 49/2022 mendukung upaya Pemkot Yogya dalam mewujudkan Kota Layak Anak, yaitu wilayah yang ramah anak dimana Perlindungan Dan Pemenuhan Hak Anak (Ppha) sudah tersistem melalui lembaga yang ada di masyarakat.

“Kota Layak Anak merupakan sebuah komitmen bersama tidak hanya dari pemerintah namun juga pelaku usaha, lini masyarakat dan keluarga itu sendiri. Komitmen ini bersifat terencana menyeluruh dan berkelanjutan dalam pemenuhanan hak-hak anak dan perlindungan terhadap anak,” imbuhnya.

(Chi/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Ist/InfoPublik.id

News

Bandara AP I Siap Dukung Embarkasi dan Debarkasi Haji 2022
Salah satu produk band kendaraan Indonesia. (Foto: Antaranews)

News

Pengusaha Mesir Borong Ban Kendaraan dari Indonesia Rp285,5 Miliar
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Warga Positif Covid-19 Dijemput untuk Jalani Isoter
DLH Kota Yogyakarta memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah peraih predikat Sekolah Adiwiyata kategori Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kota Yogyakarta pada Selasa (21/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Enam Belas SD dan Lima SMP di Yogyakarta Raih Predikat “Green School”
(Foto: Humas Jateng)

News

Mbah Saminem dan Mbah Sarijah Sumringah Dikunjungi Ganjar Bantu Bedah Rumah
Puan Maharani berikan paparan di hadapan penguasaha kecil-menengah bahwa peran aktif pemerintah sangat penting guna mampu berkompetisi tingkat dunia. (Foto: Istimewa)

News

Berkompetisi di Ajang Dunia, Puan Berharap Peran Aktif Pemerintah Membina Usaha Kecil
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Rembang Level 2, Kegiatan Seni Budaya Diizinkan
Mendagri M. Tito Karnavian mengatakan negara telah menjamin perlakuan dan hak yang sama terhadap penyandang disabilitas. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Mendagri: Negara Menjamin Hak Penyandang Disabilitas