Home / Peristiwa

Sabtu, 24 Juli 2021 - 11:30 WIB

Pemkot Yogyakarta Perpanjang Penutupan Pasar Tradisional

Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang sekarang berubah nama menjadi PPKM Level 4 yakni pada tanggal 21 hingga 25 Juli 2021 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perdagangan juga memperpanjang penutupan beberapa pasar tradisional.

Sama seperti sebelumnya, pasar yang ditutup adalah pasar yang tidak menjual kebutuhan sehari-hari atau pasar non esesnsial. Penutupan beberapa pasar ini untuk mengurangi kerumunan masyarakat.

Sementara untuk pasar yang memenuhi kebutuhan sehari-hari atau esensial tetap diperbolehkan buka, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga   Pemda DIY Hibahkan 3 Set Gamelan untuk KBRI Helsinki, Brussel, dan New York

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menegaskan bahwa pihaknya harus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat. Sehingga, lanjutnya, penutupan sejumlah pasar tradisional non esensial otomatis ikut diperpanjang.

“Sejumlah pasar non esensial yang masih dilarang untuk beroperasi yakni Pasar Beringharjo Barat, pusat Bisnis Beringharjo, pasar klithikan Pakuncen, pasar sepeda Tunjung Sari, dan Pasar Satwa dan Tanaman Hias (Pasthy),” katanya Jumat (23/7/2021).

Baca juga   Begini Kondisi Tersangka Pencabulan Pondok Shiddiqiyyah Jombang di Rutan Medaeng

Ia mengungkapkan selama pelaksanaan PPKM Darurat kemarin, para pedagang tradisional sangat kooperatif dan mendukung aturan pemerintah.

“Kebijakan penutupan sementara ini mendapat dukungan dari para pedagang, karena tujunnya adalah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” bebernya.

Ia mengungkap bahwa pengawasan di pasar-pasar esensial juga dilakukan secara intens dengan mengajak beberapa elemen seperti dengan lurah pasar, dan juga paguyuban pasar, pengawasan dilakukan agar tidak terjadi kerumunan yang diakibatkan oleh aktivitas pasar. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Jepara Dian Kristiandi saat melepasliarkan 85 ekor tukik atau anak penyu, jenis penyu sisik di Pulau Parang, Karimunjawa, Jumat (11/3/2022) sore. (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Bupati Jepara Ajak Lestarikan Ekosistem Penyu di Karimunjawa
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto membuka kegiatan Perkemahan Wirakarya Cabang Kabupaten Magelang Tahun 2022 di halaman SMK Negeri 1 Salam, Jumat (21/1/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Pramuka Didorong Berperan Hadapi Pandemi Covid-19
Kepala ANRI, Imam Gunarto menyerahkan penghargaan pada Arsiparis Teladan Kabupaten Magelang, Agustina Dwi Krismayanti. (Foto: Dokumentasi Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Arsiparis Kabupaten Magelang Juara Teladan Nasional
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan pencanangan indeks pertanaman padi (IP) 400 dengan empat kali tanam padi dalam setahun di Kabupaten Klaten.di Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Klaten, Selasa (11/1/2022). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kementan Canangkan Setahun 4 Kali Tanam Padi di Klaten
Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Ngabuburit Hari Pertama, Ganjar Pranowo Bedah Rumah Warga
Polisi masih melakukan olah TKP pembobolan mesin ATM di Indomaret Banyuraden, Gamping, Sleman. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Mesin ATM Indomaret Gamping Dibobol Maling, Belum Diketahui Uang yang Berhasil Digondol Pelaku
Ganjar Pranowo saat menghibur anak-anak di yang mengungsi karena rumahnya terdampak bencana tanah gerak di Desa Karanggintung, Kabupaten Cilacap. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bahagianya Anak di Pengungsian Karanggintung, Dapat Hadiah dari Ganjar
ilustrasi:nyatanya.com

Peristiwa

Pendaftaran Ditutup, Pelamar CASN Kabupaten Magelang Tembus 11 Ribu Orang