Home / Peristiwa

Sabtu, 24 Juli 2021 - 11:30 WIB

Pemkot Yogyakarta Perpanjang Penutupan Pasar Tradisional

Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang sekarang berubah nama menjadi PPKM Level 4 yakni pada tanggal 21 hingga 25 Juli 2021 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perdagangan juga memperpanjang penutupan beberapa pasar tradisional.

Sama seperti sebelumnya, pasar yang ditutup adalah pasar yang tidak menjual kebutuhan sehari-hari atau pasar non esesnsial. Penutupan beberapa pasar ini untuk mengurangi kerumunan masyarakat.

Sementara untuk pasar yang memenuhi kebutuhan sehari-hari atau esensial tetap diperbolehkan buka, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga   Masih Jauh dari Target, Pemkab Sukoharjo Jalin Sinergi Genjot Vaksinasi

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menegaskan bahwa pihaknya harus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat. Sehingga, lanjutnya, penutupan sejumlah pasar tradisional non esensial otomatis ikut diperpanjang.

“Sejumlah pasar non esensial yang masih dilarang untuk beroperasi yakni Pasar Beringharjo Barat, pusat Bisnis Beringharjo, pasar klithikan Pakuncen, pasar sepeda Tunjung Sari, dan Pasar Satwa dan Tanaman Hias (Pasthy),” katanya Jumat (23/7/2021).

Baca juga   Cerita Karimunjawa Setelah Listrik Menyala 24 Jam

Ia mengungkapkan selama pelaksanaan PPKM Darurat kemarin, para pedagang tradisional sangat kooperatif dan mendukung aturan pemerintah.

“Kebijakan penutupan sementara ini mendapat dukungan dari para pedagang, karena tujunnya adalah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” bebernya.

Ia mengungkap bahwa pengawasan di pasar-pasar esensial juga dilakukan secara intens dengan mengajak beberapa elemen seperti dengan lurah pasar, dan juga paguyuban pasar, pengawasan dilakukan agar tidak terjadi kerumunan yang diakibatkan oleh aktivitas pasar. (*)

Share :

Baca Juga

UKM Virtual Expo 2021 menjadi andalan perajin berpromosi di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Perajin di UKM Virtual Expo 2021 Kebanjiran Pesanan
Bupati Semarang Ngesti Nugraha meresmikan jembatan Mbongos yang menghubungkan Desa Kemambang dan Wirogomo. (Foto: Diskominfo Kabupaten Semarang)

Peristiwa

Swadaya Masyarakat Rp1 M Selesaikan Jembatan Mbongos
Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi saat melihat produk IKM setempat. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

1.126 UKM Yogya Terima Bantuan Produktif Usaha Mikro
Serma Hartono mendistribusikan beras bantuan Kemenhan RI kepada masyarakat wilayah Kricak. (Foto: dokumentasi Koramil Tegalrejo)

Peristiwa

Serma Hartono Salurkan Beras Bantuan Kemenhan Kepada Warga Kricak
Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto rapat koordinasi penanganan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Grobogan Kembali Terapkan Sehari di Rumah Saja
PMI Kabupaten Semarang menerapkan model scan QR code saat pelaksanaan bulan dana PMI 2021. (Foto:Diskominfo Kab.Semarang)

Peristiwa

Bulan Dana PMI Terapkan Pembayaran Digital
Ganjar Pranowo bersepeda keliling kampung di Semarang, ingatkan panitia kurban taat prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Usai Salat Idul Adha, Ganjar Keliling Ingatkan Panitia Kurban Taat Prokes
Vaksinasi massal yang digelar Polres Batang bekerjasama dengan TNI, Pemkab, dan Kejaksaan Negeri Batang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Batang)

Peristiwa

11 Ribu Vaksin untuk Puskesmas Batang Didistribusikan