Home / Peristiwa

Rabu, 5 Januari 2022 - 11:03 WIB

Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan Top Digital Award 2021

Pemerintah Kota Yogyakarta meraih penghargaan Top Digital Award 2021 terkait penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi atau digital. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Pemerintah Kota Yogyakarta meraih penghargaan Top Digital Award 2021 terkait penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi atau digital. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta meraih penghargaan Top Digital Award 2021 terkait penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi atau digital. Keunggulan penilaian Pemkot Yogyakarta pada pelayanan publik yang memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Tropi Top Digital Award 2021 itu diserahkan kepada Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta pada Selasa (4/1/2022) oleh bisnis manager Top Digital Award.

Dalam Top Digital Award 2021 yang diselenggarakan oleh majalah It Work itu Pemkot Yogyakarta meraih penghargaan kategori Top Digital Implementation dan Top Leader in Digital Implementation 2021 kepada Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

“Penghargaan Top Digital ini untuk mengukur kinerja di bidang teknologi bagi Pemkot Yogyakarta. Yang menjadi unggulan Pemkot Yogyakarta adalah pelayanan publik menggunakan JSS,” kata Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah, usai penyerahan Trofi Top Digital Award 2021.

Suci menyatakan JSS merupakan aplikasi milik Pemkot Yogyakarta untuk pelayanan publik secara digital atau online bagi masyarakat. JSS Pemkot Yogyakarta memberikan berbagai pelayanan publik di antaranya kependudukan, perizinan kesehatan dan pendidikan. Aplikasi JSS dapat diunduh di play store bagi pengguna telepon seluler berbasis android dan app store bagi pengguna iphone.

Baca juga   Jika PPKM Tak Diperpanjang, Ini Aturan Wisatawan Berkunjung ke Malioboro

“Masyarakat bisa langsung mendaftar di JSS untuk mengakses pelayanan Pemkot Yogyakarta, sehingga waktunya lebih cepat dan lebih transparan. Masyarakat akan dimudahkan karena tidak perlu bolak balik ke kantor Pemkot Yogyakarta untuk mengurus pelayanan seperti perizinan dan kependudukan,” terangnya.

Dengan penghargaan Top Digital Award yang diraih akan menjadi pendorong Pemkot Yogyakarta untuk terus meningkatkan diri. Suci menyampaikan dalam penghargaan Top Digital Award 2021, Pemkot Yogyakarta meraih level bintang 4.

“Kami akan selalu meningkatkan diri, sehingga harapannya ke depan bisa mencapai bintang lima atau nilai maksimal. Kami akan terus melakukan perbaikan di beberapa pelayanan digital,” ucap Suci.

Sementara itu Bisnis Manager Top Digital Award, Dedi Wahyudi mengatakan Top Digital Award adalah ajang corporate rating dan corporate instansi yang dilakukan sejak 5 tahun lalu.

Baca juga   1.126 UKM Yogya Terima Bantuan Produktif Usaha Mikro

Penghargaan itu terkait penilaian kinerja manfaat dan penerapan digital IT oleh korporasi, instansi pemerintahan, dan lembaga/badan yang dinilai terbaik dalam menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi atau solusi digital untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.

Penghargaan juga diberikan kepada para pimpinan korporasi, pembina instansi pemerintahan yang dinilai terbaik dalam memberikan dukungan, mengeluarkan inisiatif dalam penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi. Solusi Digital.

“Yang kami nilai lewat proses presentasi di depan dewan juri sangat memuaskan dan membanggakan, sehingga kami mengapresiasi jajaran Pemkot Yogyakarta. Terutama Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian atas keberhasilannya, mulai dua tahun lalu hingga saat ini,” jelas Dedi.

Dia menyebut indikator utama dalam penilaian Top Digital Award 2021 adalah data publik yang didapat dari pihak-pihak di luar Pemkot Yogyakarta dan paparan dalam sesi presentasi secara daring. Penilaian paling unggul untuk Pemkot Yogyakarta adalah kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

(Foto: DAMRI)

Peristiwa

DAMRI Beri Promo Valentine Sampai 31 Maret 2022 Lur, Ini Rute dan Tarifnya
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau pembangunan jembatan Plipiran. (Foto:nyatanya.com/Humas Banjarnegara)

Peristiwa

Persingkat Jarak ke Wisata Dieng, Pembangunan Jembatan Plipiran Dikebut
Foto: Ist/TBNews

Peristiwa

Polda Jateng Bongkar Tiga Pabrik Oli Palsu Beromzet Puluhan Miliar
Evakuasi jenazah wanita tewas di hotel di Surabaya. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Hasil Otopsi Perempuan Paruh Baya Tewas Telanjang di Hotel Surabaya, Paru-paru Terisi Air
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Pencuri Motor Nmax di Umbulharjo, Ditangkap Polisi di Banguntapan Bantul
Ganjar Pranowo mengunjungi masyarakat terdampak banjir di sejumlah wilayah di Purworejo, Kebumen, dan Banyumas, Rabu (16/3/2022). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Cek Banjir Purworejo, Ganjar Hibur Pengungsi dan Bagikan Mainan
Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan pada Konferensi Pers dengan awak media di Dumai, Riau, Senin (14/2/2022). (Foto:KKP/InfoPublik)

Peristiwa

KKP Pastikan Proses Hukum Penambangan Pasir Laut di Pulau Rupat Riau

Peristiwa

Bangkitkan Semangat 45, Bupati Kudus Hartopo Bagikan 10 Ribu Bendera Merah Putih