Home / Peristiwa

Minggu, 19 September 2021 - 22:21 WIB

Pemprov Jateng Ekspor Kerajinan Kayu ke Belgia

Diskusi menyangkut furnitur di acara UKM Virtual Expo, Minggu (19/9/2021). (Foto: Diskominfo Jateng)

Diskusi menyangkut furnitur di acara UKM Virtual Expo, Minggu (19/9/2021). (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Surakarta – Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Jawa Tengah, memuji langkah Pemprov Jateng dan BI yang ikut membuka jalan ekspor ke Belgia bagi UKM. Langkah ini dipandang sebagai terobosan, di tengah harga sewa kontainer yang mahal.

Wakil Ketua Umum Bidang Kajian Regulasi, Sertifikasi dan Advokasi Asmindo Robert Wijaya mengatakan, produk yang akan dikirim di antaranya furnitur, seperti home decor dan interior.

“Insyaallah, minggu depan barangnya berangkat. Pamerannya mungkin Oktober. Yang akan dikirim utamanya furnitur home decor interior. Kontainer yang akan dikirim itu adalah 1×40 feet, nilainya kira-kira 40 ribu dolar AS,” tuturnya, pada diskusi menyangkut furnitur di acara UKM Virtual Expo, Minggu (19/9/2021).

Menurutnya, langkah ini tak lepas dari dukungan semua pihak. Di antaranya Kadin, Bank Indonesia, dan perusahaan swasta di Belgia, serta Dinas Koperasi dan UKM Jateng. Adapun, pembiayaan untuk pengiriman kontainer ke luar negeri, ditanggung oleh Bank Indonesia.

Baca juga   Dukuh Janti Fasilitasi Pembaharuan KK Ketua RT/RW Baru

Asmindo sendiri, terlibat dalam mempersiapkan perajin-perajin kayu, untuk menyiapkan standar harga, kualitas dan kurasi karya.

“Ya saya pikir saat ini Pemprov Jateng bagaimana terobosan untuk UKM-nya, saya pikir Dinas Koperasi UKM Jateng menurut saya pahlawan UKM ya. Luar biasa,” ujarnya.

Terkait kenaikan harga kontainer, Robert berharap pemerintah juga ikut campur lebih dalam. Sebab, saat ini tren permintaan barang furnitur dari luar negeri cukup tinggi.

Wakil Ketua Umum Asmindo Bidang Organisasi dan Hubungan Antarlembaga David Wijaya mengatakan, produk furnitur Jateng menjadi penyokong produk di Indonesia. Menurutnya, model bisnis kayu di Jawa Tengah banyak disokong oleh perajin.

Baca juga   Nikah Dini untuk Mengurangi Beban Orang Tua, Bukan Solusi Tepat

“Ya Jateng jadi sentra industri mebel nasional. Terutama produk orisinal dari Jateng. Model bisnisnya disupport oleh perajin di Jawa Tengah jarang yang full manufacture, perusahaan besar dari log sampai kontainer itu dalam satu lokasi,” paparnya.

Oleh karenanya, ia sangat mendukung jika nanti Pemprov Jateng membentuk factory sharing. Hal itu menurutnya, akan memperkuat kualitas perajin kecil.

“Factory sharing usulan kegiatan kita yang ditangkap oleh pemerintah untuk memperkuat sentra industri kerajinan kita. Kita harapkan suplai bahan baku tertata kontinyuitas terjaga. Kalau kita punya ini penyediaan bahan baku mulai dari log dan komponen sudah tersedia. Sampai ada upgrade terhadap sumberdaya yang ada,” pungkas David. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi pembuatan vaksin Astrazeneca ternyata melibatkan anak Indonesia. (nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Kita Bangga! Dua Anak Bangsa Terlibat Pembuatan Vaksin Aztrazeneca
Bupati Magelang, Zaenal Arifin. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Magelang)

Peristiwa

Doa Bersama ‘PrayFromHome’ Juga Mengumandang dari Magelang
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Baki patroli keliling kampung-kampung melaksanakan sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Warga Diimbau Patuhi Jam Malam Selama PPKM Darurat
Suasana Kota Pekalongan selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

PPKM Level 4, Warung Makan Boleh Buka Sampai Pukul 9 Malam
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Gembleng ASN Berkualitas, Pemkot Yogya Bentuk ‘Jogja Corporate University’
Ilustrasi hotel di Yogya di tengah pemberlakukan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Peristiwa

PPKM Darurat Diperpanjang, Pengusaha Hotel di DIY Kekurangan ‘Oksigen’
Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba, didampingi Wakapolres Kompol. Aron Sebastian, dan Kabag Ops. Kompol Maryadi melepaskan penyerahan bantuan dan distribusi ke Polsek di Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

2.000 Paket Sembako Didistribusikan Kepada Pelaku Wisata
Menkomarivest Luhut Binsar Pandjaitan targetkan vaksinasi di Sleman 15.000 Orang Perhari. (Foto: HUmas Pemda DIY)

Peristiwa

Menteri Luhut Targetkan Sleman Vaksin 15.000 Orang Perhari