Home / News

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:39 WIB

Pemprov Jateng Mulai Siapkan Rehabilitasi Rumah Rusak Akibat Banjir

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, penanganan bencana banjir di Kabupaten Demak terus dikebut. (Humas Jateng)

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, penanganan bencana banjir di Kabupaten Demak terus dikebut. (Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai mempersiapkan rehabilitasi rumah rusak yang terdampak banjir di wilayahnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, penanganan bencana banjir di Kabupaten Demak terus dikebut.

Penyedotan genangan air masih dilakukan, dengan mengerahkan puluhan pompa air.

“Kita dalam hal penanganan sudah berjalan dengan baik, khususnya tanggul yang jebol sudah ditutup beberapa waktu lalu. Ini tinggal penyedotan air menggunakan pompa. Kemarin kalau tidak salah ada 22 pompa yang sudah kita siapkan,” kata Nana, di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (26/3/2024).

Terkait penanganan pascabencana, kata Nana, beberapa hal sudah disiapkan. Di antaranya, bantuan pembersihan dan perbaikan rumah atau infrastuktur warga terdampak.

Baca juga   Level PPKM Jawa-Bali Naik, Ganjar Minta Masyarakat Tidak Panik dan Terus Disiplin Prokes

Upaya itu dilakukan setelah kondisi lokasi benar-benar surut, dan warga kembali ke rumah masing-masing.

“Dalam hal perbaikan, kami sudah koordinasi dengan BNPB. Kita memang sudah mulai pendataan, mana yang rusak akan kita perbaiki. Jadi ada rusak berat, sedang, dan ringan. Ini sedang kami lakukan pendataan,” katanya.

Selain itu, kordinasi antara Pemprov Jateng, Kementerian PUPR, dan BNPB terus dilakukan, untuk penanganan tanggul pascabencana banjir. Koordinasi juga akan melibatkan instansi lainnya, seperti TNI-Polri.

“Kami akan rapat, (tanggul) ini akan kami bahas. Jangan sampai di tahun-tahun yang akan datang terjadi lagi. Tentunya, harus ada penguatan dari tanggul-tanggul yang ada,” jelasnya.

Baca juga   Waspada Pilih Produk Obat, Suplemen dan Kosmetik, BPOM Gandeng Komunitas sebagai Penyuluh

Ditambahkan, koordinasi itu nantinya juga akan membahas upaya normalisasi sungai dan tanggul, di beberapa daerah aliran sungai (DAS) lainnya.

“Kita rapatkan dulu. Kira-kira mana yang memang perlu segera diperbaiki. Yang pasti kan di Demak dan Grobogan. Grobogan itu parah juga, ada beberapa tanggul yang jebol,” beber Nana.

Sementara itu, penanganan pascabencana banjir yang sudah mulai dikerjakan, terang Pj gubernur, adalah perbaikan sejumlah ruas jalan rusak akibat banjir.

“Baik dari PUPR maupun dari pemprov, sudah mulai memperbaiki jalan yang selama ini tergenang air dan mengalami kerusakan,” pungkasnya. (N1)

Share :

Baca Juga

Foto: MC.Pemkot Salatiga

News

Empati Gempa Cianjur, ASN Pemkot Salatiga Gelar Doa Bersama dan Salat Gaib
Presiden Jokowi membuka dimulainya pembangunan proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) yang berada di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Senin (24/1/2022). (Foto: Istimewa/BPMI)

News

Presiden Jokowi: Proyek Hilirisasi Industri Batubara Dimulai
Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik

News

Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Bakal Jalani Pemeriksaan Gejala Covid-19
Anggota Polisi menunjukan hasil penukaran uang baru di mobil kas keliling Kantor Perwaklian Bank Indonesia Provinsi Papua. (Foto: ANTARA FOTO/Sakti Karuru)

News

Jelang Lebaran, Menaker Imbau Perusahaan Komitmen Bayar THR
(Foto:istimewa/inijogja.net)

News

Dilarang Berdagang, Pengasong Malioboro Protes dan Pertanyakan Legalitas Operator Skuter Wisata
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar rapat terkait proyek pembangunan bendungan Bener, Purworejo pada Senin (14/2/2021). Rapat digelar seusai Ganjar mendatangi Desa Wadas, dan mendengarkan masukan serta cerita-cerita dari masyarakat kontra. (Foto: Humas Jateng)

News

Terkait Wadas, Ganjar Tegaskan Jangan Ada Pejabat yang “Bermain”
Agustinus Edy Kristianto (AEK). Foto: Ist

News

Mantan Direktur YLBHI: Ditunggu Sikap Presiden Terkait Investasi Telkomsel Terhadap GoTo
Foto: mypertamina.id

News

MyPertamina Jamin BBM Bersubsidi Tepat Sasaran, Begini Cara Daftar di Aplikasi