Home / Peristiwa

Rabu, 22 September 2021 - 15:40 WIB

Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta Ikuti Fact Finding Tingkat Nasional

Azka Yahdiyani Putri, pemuda pelopor bidang agama, sosial, budaya menerima tim fact finding dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) RI di Kantor Kemantren Tegalrejo. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Azka Yahdiyani Putri, pemuda pelopor bidang agama, sosial, budaya menerima tim fact finding dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) RI di Kantor Kemantren Tegalrejo. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan Mantri Pamong Praja Tegalrejo mendampingi Azka Yahdiyani Putri, pemuda pelopor bidang agama, sosial, budaya menerima tim fact finding dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) RI di Kantor Kemantren Tegalrejo, Yogyakarta, Selasa (21/9/2021).

Mantri Pamong Praja Tegalrejo, Antariksa Agus Purnama dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada tim fact finding Kemenpora dan bangga salah satu warganya bisa maju dalam penilaian pemuda pelopor di tingkat nasional tahun 2021.

“Azka Yahdiyani Putri, merupakan pemuda pelopor bidang agama, sosial, budaya yang telah berjasil menjadi juara di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta/DIY dan sekarang dalam tahap seleksi menuju tingkat nasional,” kata Agustus.

Lebih lanjut Agus mengutarakan bahwa pemuda pelopor merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga yang memberikan penghargaan kepada para pemuda yang telah menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah.

Baca juga   Kota Magelang Raih WTP untuk Kelima Kalinya

“Kami apresiasi karya dan pengabdian saudari Azka dalam kepeloporannya serta kami dukung dan fasilitasi baik melalui Dinas maupun kemantren dalam upaya kepeloporannya, mudah-mudahan apa yang kita upayakan bersama membuahkan hasil berupa prestasi pemuda pelopor di tingkat nasional,” imbuh Agus.

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Pemuda Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota, Husni Eko Prabowo yang mengapresiasi dan mendukung kegiatan kepeloporan pemuda di Kota Yogyakarta dan berharap apa yang dilakukan Azka menginspirasi pemuda lainnya.

“Tim fact finding dari Kemenpora adalah Ibu Sopti Popiyati Kepala Bidang Kepeloporan Desa dan Daerah Khusus dan Bapak Sugiyanto Kasubid Bidang Pendayagunaan Kepemimpinan,” jelas Husni.

Husni mengungkapkan bahwa saat ini berdasarkan hasil seleksi adminstrasi dan verifikasi data, Panitia Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tengah melakukan peninjauan langsung (fact finding) ke lokasi dan berdialog dengan pemuda pelopor guna diketahui kesesuaian data dengan lapangan.

Apabila hasil dari fact finding bagus maka dilanjut dengan proses penilaian calon pemuda pelopor tingkat nasional melalui telaah hasil presentasi dan wawancara untuk menetapkan calon pemuda pelopor terbaik tingkat nasional dalam rapat pleno penjurian.

Baca juga   Biennale Jogja XVI Equator #6 Mempertemukan Indonesia-Oseania

Sementara Azka dalam presentasinya dihadapan tim fact finding Kemenpora menuturkan bahwa kepeloporannya merupakan upaya terobosan mempertemukan penyandang masalah berupa kekurangan pakaian dengan potensi sumber yang mampu mengatasi masalah yakni orang yang kelebihan pakaian.

“Peran saya adalah sebagai penghubung yang mengelola sumbangan pakaian pantas pakai dengan orang yang membutuhkannya, yang saya kemas dalam bentuk sedekah baju Yogyakarta,” tutur Azka.

Selanjutnya Azka menjelaskan bahwa sedekah baju Yogyakarta telah dirintisnya sejak tahun 2017 dan sampai sekarang telah menerima dan menyalurkan baju pantas pakai sejumlah 66 ton dari 7900 donatur yang diterima oleh 11.925 orang di Kota Yogyakarta maupun DIY dan sekitarnya.

Setelah presentasi dilanjutkan dengan dialog berupa tanya jawab antara tim dengan Azka seputar aksi, prestasi, karya nyata dalam kepeloporannya dan manfaat yang diperoleh masyarakat. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo ikut hadir untuk menyerahkan secara simbolis bantuan sosial tunai yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Jateng, di Kantor Pos Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Serahkan BST, Ganjar: Gunakan Model Gotong Royong Insyaallah Semua Dapat
Kasatlantas Polres Boyolali AKP. Yuli Anggraeni dalam acara Donor Darah menyambut HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Peringati HUT Ke-66 Lantas, Satlantas Polres Boyolali Gelar Donor Darah
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanam tanaman hias pucuk merah bersama pengurus Rotary Club Solo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Ajak Masyarakat Hijaukan Solo
Pemkot Magelang salurkan bantuan pangan kepada warga yang Isoman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Magelang Salurkan Sembako Bagi Warga yang Isoman
Gelar vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Pemkab Wonogiri Sediakan 10 Ribu Dosis Vaksin Moderna
Apel gelar pasukan gabungan Satgas penanganan Covid-19 di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Apel Gelar Pasukan Gabungan, Perkuat Pelaksanaan PPKM Darurat di Surakarta
Posko Gugus Pertembakauan mulai menerima aduan dan keluhan masyarakat terkait tembakau. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Tampung Aduan dan Masukan, Temanggung Buka Posko Gugus Pertembakauan
Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat menerima bantuan penanganan Covid-19 dari Bank Jateng Cabang Ungaran. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab. Semarang)

Peristiwa

Dua Minggu PPKM Darurat, Kasus Positif Turun 27 Persen